Media

Tahukah Anda, 2 merek terbesar dunia berasal dari Tiongkok?
By Widyanto Gunadi - 5 June 2018
34 Views

Deretan merek termahal di dunia, yaitu BrandZ Top 100 telah dirilis. BrandZ merupakan daftar yang dikeluarkan setiap tahun oleh lembaga periklanan dan relasi publik WPP, bekerja sama dengan lembaga riset pasar Kantar. 

Dua di antara sepuluh daftar merek paling bernilai teratas tahun ini berasal dari Tiongkok untuk pertama kalinya. Dua merek tersebut adalah Alibaba yang menempati posisi ke-9 dan Tencent di nomor ke-5.

 

Alibaba

Perusahaan Alibaba yang dimotori Jack Ma memiliki nilai US$ 113 miliar atau setara dengan Rp 1,582 kuadriliun. Angka tersebut cukup wajar diperoleh Alibaba. Sebab, perusahaan ini sedang merambah lini bisnis lain, yakni pembayaran seluler dan komputasi awan.

 

Tencent

Sementara itu, Tencent, perusahaan yang berfokus di bidang game online, aplikasi, layanan pesan instan, dan pembayaran online ini berhasil meraih nilai US$ 490 miliar atau setara dengan Rp 6,86 kuadriliun. Angka tersebut menjadikan Tencent lebih bernilai daripada bank ternama Amerika, JPMorgan Chase.

 

10 daftar merek termahal dunia

Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar merek paling termahal di dunia:

  1. Google
  2. Apple
  3. Amazon
  4. Microsoft
  5. Tencent
  6. Facebook
  7. Visa
  8. McDonald’s
  9. Alibaba
  10. AT&T

 

Tiongkok siap saingi Amerika

Kepala BrandZ, Doreen Wang mengatakan, keberadaan Tencent dan Alibaba dalam sepuluh peringkat teratas ini membuktikan Tiongkok sudah siap bersaing dengan Amerika untuk menguasai pasar dunia. “Tantangan yang dihadapi merek Tiongkok di pasar sama sekali tidak sepele,” ujarnya.

Di satu sisi, kesadaran yang terbatas di pasar dunia, kurangnya kualitas, serta keengganan merek dalam negeri Tiongkok untuk berinvestasi, masih menjadi tantangan tersendiri. Meski demikian, kondisi tersebut telah menghadirkan  peluang baru bagi para pengusaha setempat. Sehingga, perlahan-lahan sikap konsumen pun berubah, dan mulai memilih merek Tiongkok.

 

Ekspansi ke luar negeri

Alibaba telah menancapkan kakinya di Brazil, Chile, dan beberapa negara bagian Amerika Latin. Situs penjualan AliExpress juga memimpin pasar e-commerce dunia. Sementara itu, menurut Wang, Tencent terus mendapat respons baik dari pasar Asia, khususnya di Thailand dan Singapura.

Secara keseluruhan, ada 14 perusahaan asal Tiongkok yang berada dalam daftar 100 peringkat teratas. Di samping Alibaba dan Tencent, dua perusahaan lainnya adalah situs belanja online JD dan perusahaan pengiriman kilat SF. Adanya perusahaan-perusahaan ini dalam daftar tersebut mengindikasikan iklim bisnis di Tiongkok sedang berkembang. Bukan tak mungkin, Tiongkok akan menjadi tempat lahirnya perusahaan raksasa baru seperti di Silicon Valley, Amerika Serikat.

 

Rekomendasi bacaan:
Mengapa voice assistant sering pakai suara perempuan?
Punya Apple Watch? Pasang 5 aplikasi ini
Apa saja nih, 4 produk terbaru Apple di WWDC 2018?

 

Sumber:
cnn.com
fortune.com
people.cn
 

Tags: Tiongkok, Tencent, Jack Ma, Alibaba, BrandZ

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang