Register

careers

5 Manfaat data bagi HRD dalam proses perekrutan

Maria Yuniar

25 October 2020

HRD_2.jpg

Untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan perusahaan, tentu dibutuhkan strategi rekrutmen yang baik oleh HRD. Salah satunya adalah dengan menggunakan data-data karyawan saat melakukan wawancara. 

Dari data-data tersebut, perusahaan dapat menentukan kandidat yang cocok dengan kualifikasi perusahaan. Selain itu, ada manfaat-manfaat lain yang dapat diperoleh HRD dengan menggunakan data saat wawancara. Apa saja sih

1. Membantu HRD dalam networking

HRD EKRUT
 Dengan adanya data para HRD bisa memperluas networking - EKRUT

Kini, banyak perusahaan telah memiliki jaringan sistem informasi untuk keperluan HRD. Dari sistem tersebut, perusahaan dapat melihat banyaknya karyawan yang telah direkrut dan potensi mereka.

Bila sedang mengalami pertumbuhan, tentu perusahaan dapat memperkirakan banyaknya karyawan yang bisa direkrut. Dengan adanya data para karyawan pada sistem, perusahaan dapat memperkirakan kandidat yang mungkin tertarik pada suatu posisi berdasarkan karakter karyawan yang telah ada.

2. Merekrut orang yang tepat

HRD EKRUT 
Data HRD juga bisa membantu perusahaan untuk merekrut secara efektif - EKRUT

Data-data dari HRD dapat membantu perusahaan untuk merekrut secara efektif dengan mengecek data survei internal serta data wawancara yang ada.

Dari data-data tersebut, perusahaan dapat melihat kualitas karyawan yang ada sekarang maupun karyawan meninggalkan perusahaan.

Nantinya, informasi-informasi tersebut dapat membantu perusahaan untuk menentukan program dan kebijakan yang berhasil atau perlu diperbaiki. Sehingga, perusahaan bisa lebih kompetitif.

Baca juga: HRD harus bagaimana menghadapi "perang harga" kandidat?

3. Membuat perbandingan

HRD EKRUT 
Data juga mempermudah HRD untuk membuat perbandingan - EKRUT

Bagaimana perusahaan tahu bahwa gaji yang diberikan bagi seorang karyawan sudah sesuai dengan standar gaji di pasar? Bagaimana perusahaan tahu bahwa kebijakan liburan yang diberikan cukup kompetitif?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sejenis, perusahaan perlu menggunakan data dan membuat perbandingan.

Data-data ini ternyata juga bisa diperoleh dari luar perusahaan. Misalnya melalui situs Glassdoor atau membuat survei gaji. 

Karena untuk merekrut talenta terbaik, perusahaan harus mengetahui standar gaji yang kompetitif. Jadi, penting untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki data lengkap ketika akan merekrut karyawan.

4. Memprediksi kecepatan dalam proses perekrutan

HRD EKRUT
 
Lewat data analisis juga perekrut bisa memprediksikan waktu perekrutan yang tepat - EKRUT

Akan lebih bagus bila kamu sebagai HR mampu memberikan perkiraan yang jelas kepada pemangku kepentingan terkait waktu perekrutan yang lebih cepat.

Bila dilakukan dengan baik data analisis dari tenaga kerja memungkinkan kamu mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk peran tertentu termasuk tahapan proses perekrutan. 

Dengan adanya data ini kamu bisa memberikan prediksi yang lebih kredibel kepada manajer divisi tentang proses perekrutan yang dilakukan. 

5. Mengevaluasi kandidat

HRD EKRUT
 
HRD juga akan lebih mudah untuk melakukan evaluasi kandidat - EKRUT

HRD harus selalu mengecek latar belakang pendidikan kandidat, gelar yang mereka miliki, dan riwayat pekerjaan, untuk melihat kesesuaian kandidat terhadap kualifikasi pekerjaan.

Selain itu, HRD juga dapat menggunakan tes bakat dan keterampilan untuk memastikan bahwa kandidat benar-benar memahami suatu bidang. 

Baca juga: 8 hal dari kandidat yang disukai HRD

Dengan melihat keterampilan yang ditunjukkan oleh karyawan yang sukses dan mencocokkannya dengan keterampilan kandidat, HRD tentu lebih mudah untuk menentukan kandidat mana yang paling cocok dengan suatu posisi.

Nah ternyata, data sangat bermanfaat ya bagi HRD dalam melakukan rekrutmen!

HRD EKRUT
 Last update 25 October 2020

Sumber:

Tags

Share