Media

5 hal yang pantang Anda katakan saat merekrut developer
By Widyanto Gunadi - 11 May 2018
34 Views

Anda sedang merekrut developer atau pengembang perangkat lunak untuk perusahaan? Untuk mendapatkan kandidat developer yang tepat, Anda membutuhkan keterampilan khusus. Jangan sampai kalimat yang Anda lontarkan malah menyurutkan niat para kandidat untuk bergabung dengan perusahaan Anda. Berikut ini kalimat yang sebaiknya Anda hindari dalam proses perekrutan developer.

“Kami akan mengingat Anda sebagai referensi kandidat di masa mendatang”

Berempatilah saat mewawancarai seorang developer. Tidak ada developer yang hanya ingin dijadikan referensi untuk peluang di masa mendatang. Sebab, para developer menyadari, masih banyak perusahaan lain yang juga menginginkan mereka.

Sebagai opsi, Anda bisa mengatakan akan mempertimbangkan mereka untuk posisi lain. Memang, tak semua perusahaan cocok dengan kemampuan developer tertentu. Namun, bukan berarti posisi lain di perusahaan Anda tidak terbuka, bukan? Programmer junior di JUBEI, David Louie pun menyarankan, sebaiknya email penolakan kerja untuk para developer dibuat singkat.

“Maaf mengganggu Anda”

Seorang developer pasti membutuhkan waktu beberapa menit untuk membaca email Anda. Jadi, Anda tidak  perlu meminta maaf atas email panjang yang Anda kirimkan. Faktanya, sebanyak 62 persen developer senang dan terbuka dengan kesempatan baru yang diberikan. Ingat, hindarilah memulai email dengan permintaan maaf. Anda tidak melakukan kesalahan apapun karena menyampaikan informasi peluang baru bagi para developer.

“Ceritakan tentang diri Anda,” atau “Saya mencari developer”

Kandidat yang baik pasti akan melakukan riset tentang posisi dan perusahaan yang mereka incar. Mereka juga pasti telah menyadari kemampuan yang dimiliki, sehingga perusahaan akhirnya mengundang wawancara. Jadi, sebaiknya hindari dua kalimat tersebut agar kandidat Anda tidak tersinggung.

Sebanyak 87 persen kandidat developer yang diwawancara telah memiliki pekerjaan. Sehingga, mereka kemungkinan dalam posisi pasif untuk mencari kerja. Anda tidak perlu menanyakan latar belakang developer secara mendetil. Cukup cari tahu mengenai proyek-proyek sampingan yang pernah kandidat Anda kerjakan.

“Kami adalah perusahaan yang menyenangkan dan sangat fleksibel”

Taka da salahnya mempromosikan perusahaan Anda saat wawancara untuk meyakinkan kandidat agar bergabung. Namun, kandidat yang berkualitas bukan hanya ingin bersenang-senang. Mereka ingin menjadi bagian dari perusahaan dengan visi dan misi yang jelas, bukan semata karena budaya yang menyenangkan. Malahan, Anda akan kehilangan kandidat yang berkualitas jika hanya menekankan pada aktivitas bersenang-senang. Jangan sampai mereka berpikir perusahaan Anda hanya mengejar kesenangan.

“Kami akan menginformasikan kabar selanjutnya segera pada Anda”

Memang proses perekrutan membutuhkan waktu dan para kandidat developer juga mengerti akan hal itu. Mereka bisa memahami, tapi juga butuh kejelasan. Beri batas waktu yang konkret. Jika tenggat waktu tersebut telah lewat, maka para kandidat bisa tenang berasumsi bahwa mereka tidak jadi bergabung dengan perusahaan Anda. Jangan sampai citra perusahaan menjadi kurang baik karena Anda tidak memberikan kejelasan soal tenggat waktu ini.

Apakah Anda sudah siap melakukan proses rekrutmen? Silakan kunjungi EKRUT untuk menemukan kandidat developer berkualitas.

 

Rekomendasi bacaan:
4 tren perekrutan bidang teknologi tahun ini
3 pilar ini topang industri digital Indonesia
Mengapa Facebook membutuhkan teknologi AI?


 

Sumber:
stackoverflowbusiness.com
businessinsider.com
techjuice.com
c-sharpcorner.com
geckohrm.com

Tags: EKRUT, cari kerja, rekrutmen, perekrutan, developer

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang