Media

Cara-cara jitu tingkatkan rekrutmen perusahaan
By Widyanto Gunadi - 11 May 2018
137 Views

Sudah bukan rahasia lagi apabila proses rekrutmen, termasuk rekrutmen untuk bidang pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi, membutuhkan biaya yang tidak sedikit bagi perusahaan. Biaya tersebut mencakup iklan, kegiatan offline, gaji untuk karyawan baru, serta sistem untuk mengawasi jumlah pelamar.

Tentu saja ini terasa berat bagi perusahaan kecil atau perekrut tunggal. Berdasarkan survei Indeed.com, sebanyak 86 persen perusahaan sulit mendapatkan kandidat yang berkualitas di bidang teknologi. Namun, bukan berarti tidak ada solusi untuk persoalan ini. Coba langkah-langkah ini untuk memaksimalkan rekrutmen perusahaan di bidang teknologi.

Buat nama perusahaan mudah ditemukan mesin pencari

Tempatkanlah nama perusahaan sedemikian rupa sehingga mudah dicari kandidat melalui mesin pencari. Anda harus ingat hal yang satu ini: search engine optimization (SEO) sifatnya dinamis. Pastikan para kandidat mendapatkan informasi yang menarik mengenai perusahaan Anda, hingga akhirnya tertarik untuk bergabung. Agar nama perusahaan Anda muncul pada hasil pencarian Google, lakukanlah langkah-langkah berikut ini.

Miliki akun media sosial khusus perusahaan

Media sosial bukan hal baru bagi para pencari kerja. Oleh karena itu, pastikan perusahaan Anda memiliki halaman khusus di beberapa medsos. Masukkan konten yang menarik minat target audiens Anda di bidang teknologi. Anda bisa memulai dengan membuat akun perusahaan di Facebook, Twitter, dan Instagram. Ketiganya merupakan medsos yang popular.

Buat akun di situs database perusahaan

Apakah Anda memiliki pengalaman dalam mencari informasi mengenai suatu perusahaan sebelum mengirim lamaran? Apakah Anda mendapatkan informasi tersebut dari situs-situs yang menyediakan ulasan mengenai perusahaan-perusahaan? Buatlah hal serupa untuk memperkenalkan nama  perusahaan Anda dengan luas. Sejumlah situs termasuk Glassdoor, The Muse, dan CareerBliss bisa menjadi pilihan. Beri informasi yang relevan, yang menyangkut latar belakang, tujuan, visi, serta misi perusahaan.

Temukan situs niche untuk perusahaan Anda

Temukan situs niche yang bisa digunakan perusahaan untuk mencari kandidat. Dengan cara ini, Anda akan terbantu dalam menyortir calon pelamar, sekaligus mempersingkat proses perekrutan. Sehingga, Anda pun bisa lebih banyak menggunakan waktu dengan lebih efisien dalam rekrutmen.

Gunakan metode Boolean

Boolean menjadi strategi pencarian kandidat yang penting bagi industri teknologi. Dengan Boolean, Anda bisa mempersingkat proses pencarian kandidat berkualitas yang sesuai dengan lowongan. Anda dapat memasukkan kata kunci, topik, bahasa, dan deskripsi lain untuk mensortir kandidat.

Bagaimana, apakah Anda sudah siap mencoba tips di atas untuk mendapatkan kandidat yang tepat bagi perusahaan? Untuk mempelajari langkah rekrutmen yang efisien bagi perusahaan Anda, silakan kunjungi EKRUT.

 

Rekomendasi bacaan:
4 pendekatan machine learning untuk bisnis
Benarkah startup bisa memprediksi masa depan?
Apa lagi fitur baru dari Google I/O 2018?

 

Sumber:
stackoverflowbusiness.com
booleanblackbelt.com
thiswayglobal.com
forbes.com
sciencemag.org

 

Tags: EKRUT, lamar kerja, cari kerja, rekrutmen

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang