Media

Tertarik asuransi online, 3 unicorn danai PasarPolis ratusan miliar
By Maria Yuniar - 18 February 2019
3 min read 150 Views
Sumber: pasarpolis.com
Sumber: pasarpolis.com

Bulan Agustus ini membawa angin segar bagi startup asuransi digital PasarPolis. Sebab, tiga startup unicorn, yaitu Go-Jek, Tokopedia, dan Traveloka berkolaborasi dalam menyediakan pendanaan Seri A bagi PasarPolis. Ketiga unicorn tersebut memang tercatat sebagai klien terbesar PasarPolis. Mereka menawarkan bundling produk asuransi dengan berbagai layanan perjalanan dan e-commerce. Sebesar apa ya investasi ketiganya  untuk PasarPolis?

 

Kisaran pendanaan

Meskipun belum ada konfirmasi detail mengenai pendanaan tersebut. Namun, Deal Street Asia melaporkan pendanaan tersebut berkisar antara US$ 5 juta (sekitar Rp 73,09 miliar) hingga US$ 8 juta (sekitar Rp 116,9 miliar). Kesepakatan antara tiga unicorn dan PasarPolis tersebut dianggap sebagai kesepakatan strategis. Tujuan dari kerjasama ini adalah pengembangan produk baru dengan ketiga perusahaan besar teknologi ini. Founder dan CEO PasarPolis Cleosent Randing diperkirakan akan menyediakan akses bagi seratus juta individu tanpa asuransi per bulannya.

 

Asuransi mikro dan modular online

PasarPolis yang awalnya hadir sebagai situs perbandingan asuransi, kini menawarkan asuransi mikro dan modular online. Selain produk yang terfokus pada konsumen, PasarPolis juga telah mengembangkan program seperti asuransi jiwa untuk mitra pengemudi Go-Jek, dan inisiatif layanan kesehatan untuk UKM yang menjual produknya di Tokopedia. PasarPolis mengklaim akan menyeleksi kesepakatan yang diambilnya dengan cermat, karena arus keuangan mereka sudah baik. Selain itu, kesepakatan ini dinilai PasaPolis sebagai investasi dan kolaborasi strategis bagi asuransi mikro yang lebih baik, via Internet.

Sementara itu saat ini, PasarPolis tengah menanti hasil dari pendaftaran lisensi asuransi, agar dapat menghadirkan opsi produk baru selain setup hasil kerja samanya dengan perusahaan asuransi saat ini.

 

Misi kesepakatan pendanaan

Misi kesepakatan pendanaan tersebut tentunya tak jauh dari rencana pengembangan bisnis. CEO Go-Jek Nadiem Makarim mengatakan, startupnya dan PasarPolis memiliki kesamaan visi dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bagi Go-Jek, kerja sama ini akan mendukung ekosistem perusahaan rintisan ride-hailing ini. Sebab, mitra Go-Jek akan menerima akses layanan asuransi yang terjangkau.

Sementara itu, CEO dan Co-founder Traveloka Ferry Unadi mengungkapkan, PasarPolis menerapkan kemajuan teknologi dalam pemilihan asuransi. Langkah ini sejalan dengan Traveloka yang mengutamakan kemudahan dalam mendapatkan informasi produk dan layanan.

CEO Tokopedia, William Tanuwijaya menyebut PasarPolis memiliki produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat. Dengan kata lain, PasarPolis menawarkan produk yang bersifat tailor-made. Nah, Tokopedia melihat hal ini sejalan dengan misinya untuk mewujudkan pemerataan ekonomi dengan memanfaatkan teknologi digital. 

Selain menjadi kabar gembira bagi startup-startup tersebut, pendanaan dan kerja sama yang melibatkan PasarPolis ini diharapkan bermanfaat lebih bagi masyarakat. Bagaimana pendapatmu?

 

Rekomendasi bacaan:
Segitiga Bermuda kembali ramai di Twitter, ilmuwan beri penjelasan
Apa saja sih smartphone yang bisa 5G?
Kenapa sih harus beli game original?

 

Sumber:
techinasia.com
tek.id
tribunnews.com
medcom.id
swa.co.id
pasarpolis.com

Tags: investasi, Traveloka, Go-Jek, Tokopedia, PasarPolis, asuransi

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang