Media

Talent marketplace: apa itu dan bagaimana cara kerjanya?
By Olivia Chyntia Devi - 2 October 2018
4 min read 1994 Views
Talent marketplace: Satu aplikasi untuk ratusan potensi
Talent marketplace: Satu aplikasi untuk ratusan potensi

Banyak penduduk di Indonesia masih menjadi pengangguran dan merasa kesulitan untuk mencari pekerjaan. Meskipun demikian, fakta di lapangan menunjukkan bahwa jutaan perusahaan di Indonesia juga kesulitan mencari kandidat untuk mengisi lowongan kerja di perusahaan mereka.

Kondisi ini terjadi karena tidak ada yang menghubungkan atau mempertemukan si pencari kerja dan si pencari kandidat. Maka dari itu, banyak generasi milenial sekarang berusaha untuk mengatasi masalah ini dan menciptakan suatu platform yang disebut dengan talent marketplace.

 

Apa itu talent marketplace?

Sebenarnya sama seperti e-commerce pada umumnya, marketplace merupakan suatu wadah bagi para pembeli untuk menemukan produk-produk yang mereka butuhkan.

Kalau diumpamakan, marketplace itu seperti pasar konvensional. Banyak penjual menjajakan produknya, sehingga para pembeli yang membutuhkan, bisa mendapatkan produk tersebut.

Namun, perbedaan talent marketplace dengan marketplace pada umumnya adalah ‘produk’ yang ditawarkan. Di talent marketplace, talent berperan seakan-akan sebagai produk, dan employer yang sedang mencari kandidat, adalah pembelinya.

Para talent yang masuk ke dalam marketplace akan mendapat kesempatan untuk direkrut oleh employer berdasarkan kriteria yang menjadi persyaratan. Biasanya, talent marketplace fokus pada bidang-bidang tertentu saja. Misalnya, EKRUT yang fokus dalam bidang Informasi, Komunikasi, dan Teknologi. Tentunya ini akan mempermudah kandidat mendapatkan peluang, dan membantu employer merekrut kandidat.

Apakah kamu masih penasaran dengan keuntungan-keuntungan talent marketplace dibandingkan job portal pada umumnya? Berikut ini ringkasannya untuk kamu. 

 

Talent: Update resume dan tips interview oleh tim profesional

Penyedia talent marketplace biasanya memiliki tim professional yang siap membantu kamu mengisi dan membuat resume kamu menjadi tampak lebih professional dan bisa diterima oleh employer.

Selain itu, tim internal juga memberikan tips dan saran untuk berhadapan dengan employer saat wawancara. Mereka pun mengingatkan talent agar tidak melewati jadwal wawancara. Karena tim internal yang sudah melakukan banyak interaksi dengan employer, mereka jugalah yang lebih mengetahui ekspektasi employer terhadap talent.

Dengan informasi ini, kandidat bisa datang wawancara dengan lebih percaya diri dan kemungkinan untuk diterima kerja pun menjadi lebih besar.

 

Talent: Tidak perlu kirim CV ke sana-ke mari

Selain mendapat informasi dari tim penyedia talent marketplace, talent juga tidak perlu pusing mengirim lamaran satu per satu ke setiap employer. Mengapa? Karena seperti marketplace barang, talent – setelah melewati proses verifikasi – sudah masuk ke marketplace yang tersedia.

Meskipun demikian, banyak talent masih merasa bingung karena tidak terbiasa menunggu. Tapi, jangan takut. Sebab pada umumnya, semua kandidat dalam talent marketplace pada akhirnya akan direkrut employer.

Dengan kata lain, talent di marketplace bisa yakin akan ada employer yang datang dan ‘membeli’ pengalaman serta kemampuan mereka. Oleh karena itu, talent harus pintar-pintar memoles resume agar para employer pun tertarik untuk mendekati mereka.

 

Employer: Tidak menerima CV acak

Selain talent, employer juga akan mendapat beragam keuntungan dengan bergabung di EKRUT. Alasannya tentu karena sudah tersedia banyak pilihan talent di marketplace.
Employer hanya tinggal memilih talent yang cocok dengan kriteria yang sedang mereka cari.

Employer pun bisa langsung menghubungi talent untuk menjadwalkan wawancara. Dengan keistimewaan ini, dengan kata lain, employer tidak perlu mengeluarkan biaya untuk CV yang pada akhirnya tidak masuk kriteria, seperti pada job portal umumnya.

 

Employer: Efisiensi waktu

Selain menghemat biaya, talent marketplace juga membuat employer bisa menghemat waktu dan tenaga. Sebab, talent marketplace pada umumnya memanfaatkan sistem kurasi yang bisa mencocokkan kriteria yang diinginkan employer dengan latar belakang dan keahlian talent.

Seperti search engine yang menyaring informasi sesuai dengan keywords yang dicari, sistem kurasi dalam talent marketplace juga akan menyaring talent sesuai dengan kriteria yang diinginkan employer.

Dengan kata lain, employer sudah tidak perlu lagi memeriksa CV satu per satu, tetapi bisa langsung menyaring kandidat sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

 

Employer: Tim profesional yang selalu siap sedia

Selain talent, employer pun akan tetap dibantu dan ditemani tim profesional. Mulai dari melakukan pengisian data, pencarian talent hingga perekrutan kandidat. Bantuan ini bisa berupa tatap muka langsung maupun via telepon.

Selain itu, tim profesional ini membantu para employer mempresentasikan perusahaan kepada talent. Jadi, talent akhirnya bisa yakin dengan reputasi employer dan bersedia mengikuti proses rekrutmen.

Kalau kamu masih penasaran dengan cara kerja talent marketplace, kamu bisa langsung mendaftar di EKRUT, lho. Semua proses dan bantuan professional di talent marketplace  EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang juga di ekrut.com!

 

 

Rekomendasi bacaan:
Kok mata uang digital bisa diretas?
Windows 10 gunakan machine learning untuk hentikan update
Fortnite hadir di Galaxy Note 9 bulan ini

Tags: pekerjaan, kerja, EKRUT, talent marketplace, talent

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang