Media

Jangan jadi developer yang biasa saja
By Maria Yuniar - 16 July 2018
3 min read 61 Views

Dengan semakin bekembangnya industri teknologi, developer juga menjadi salah satu profesi yang memiliki prospek cerah. Pasalnya, banyak orang yang kini ingin menjadi developer

Bagi Anda yang memiliki ketertarikan untuk menjadi developer, ada beberapa hal yang harus dipenuhi agar dapat menonjol dari developer-developer lainnya. Untuk itu, simak beberapa tips di bawah agar Anda tidak menjadi developer yang biasa-biasa saja.

 

Terus berlatih

Tak peduli sebanyak apa pun Anda membaca artikel tentang coding, satu-satunya cara untuk dapat meningkatkan kemampuan developing Anda adalah dengan mencoba menulis kode. Dengan berlatih, kemampuan Anda tentunya akan semakin terasah.

 

Jujur

Dalam segala pekerjaan, tak terkecuali developer, Anda harus bisa bersikap jujur terhadap diri Anda mengenai yang sudah Anda ketahui dan belum, di depan teman-teman lain. 

Mungkin saat ini Anda masih belum menguasai suatu topik tertentu. Jangan khawatir. Anda bisa mendorong diri sendiri untuk terus belajar. Anda tidak perlu berpura-pura menjadi serba bisa. Sebab, hal ini percuma saja.

 

Berkontribusi ke komunitas open source

Dengan berbagi plugin ke publik, kita juga telah meningkatkan nilai diri sebagai seorang developer yang hebat karena mampu berbagi ilmu pada sesama. Jika belum bisa merilis source code, Anda juga masih bisa berkontribusi dengan membantu menulis dokumentasi, memperbaiki bug, atau menulis beberapa tes. Bahkan, kontribusi terkecil sekalipun (seperti memperbaiki beberapa kesalahan dalam kode) akan sangat membantu pengelola proyek agar proyek tetap berjalan.

 

Membantu developer lain

Berkeinginan untuk membantu developer lain mengerjakan coding akan menjadikan Anda sebagai developer yang dapat diandalkan dan dipercaya. Tak harus membantu hal-hal yang Anda kuasai saja, membantu mereka mengerjakan hal yang belum Anda kuasai juga mampu membuat Anda mempelajari hal baru.

 

Mengerjakan proyek pribadi

Proyek pribadi bisa menjadi salah satu cara untuk mempelajari framework dan teknologi baru yang mungkin tak Anda temui di kelas atau tempat kerja. Dengan menjalankan proyek pribadi, Anda juga dapat belajar menjadi product manager dan developer. Dengan begitu, Anda akan memiliki pengetahuan dan pengalaman tentang membuat keputusan sembari memahami teknis pengerjaannya.

 

Bersikap terbuka

Jangan sampai ego dan ambisi pribadi membuat Anda kesulitan mempelajari hal-hal baru. Pikirkan saja cara Anda untuk menciptakan hal-hal keren setiap hari bersama developer-developer lain. Sebab, bersikap terbuka terhadap hal-hal baru akan membuka kesempatan Anda untuk menjadi developer yang memiliki banyak pengalaman.

 

Berlatih dengan Code Katas

Istilah katas adalah ungkapan bahasa Jepang yang artinya melatih gerakan dalam konteks bela diri. Code Katas adalah latihan coding untuk mengasah kemampuan programming Anda melalui latihan berulang-ulang. Sebab, repetisi penting untuk melatih otot memori kita agar dapat bekerja dengan cepat dan peka dalam programming.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, tak ada salahnya bagi Anda untuk melirik berbagai peluang sebagai developer. Anda tidak perlu melakukan browsing satu per satu untuk mencari pekerjaan sebagai developer. Di talent marketplace EKRUT, Anda hanya perlu melengkapi profil yang tersedia di platform. Ratusan perusahaan, termasuk startup pun akan berlomba-lomba mendapatkan Anda.

 

Rekomendasi bacaan:
Hati-hati saat jawab 5 pertanyaan interview ini
4 kesalahan terberat di kantor
Terjegal kebijakan imigrasi, Microsoft keluar dari AS?

 

Sumber:
hackernoon.com
codepolitan.com
hacktiv8.com
 

Tags: industri teknologi, coding, developer

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang