Media

Tips & trik untuk jadi developer andalan
By Maria Yuniar - 8 June 2018
31 Views

Menjadi seorang developer merupakan pekerjaan yang didambakan oleh banyak orang. Tawaran gajinya yang menarik juga membuat banyak orang memutuskan untuk berkarier menjadi developer. Nah, bagi Anda yang ingin menjadi developer andal, berikut ini tips dan triknya!

 

Pelajari berbagai bahasa pemrograman

Pembuatan project website membutuhkan lebih dari satu pengetahuan bahasa programming. Maka, semakin banyak teknologi dan bahasa yang dikuasai akan semakin banyak pula nilai plus dan skill yang Anda miliki.

Dalam dunia developer, Anda tidak bisa mempelajari sepenuhnya dalam waktu singkat. Semakin banyak kita pelajari, semakin kita bisa mengerti. Sebagai seorang pemula, sangat normal bila kita takut kehilangan informasi penting dengan berusaha untuk mempelajari semuanya. Jadi, jangan takut untuk terus mencoba dan belajar.

 

Lakukan analisis aplikasi website

Untuk menjadi seorang developer yang sukses, maka Anda perlu mencari tahu aplikasi-aplikasi website yang dibutuhkan oleh pasar, sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasar. Cobalah gali lebih dalam dan berkonsultasi dengan senior.

 

Update dengan tren industri

Sebagai seorang developer tentunya Anda harus sanggup untuk terus mengikuti perkembangan industri. Cakupan teknologi sangatlah luas. Termasuk teknologi di backend, front end, database, dan bagian lainnya. Tanpa bisa memahami bidang-bidang tersebut maka Anda akan susah beradaptasi dengan perkembangan industri.

 

Buat perencanaan kreatif

Rancanglah visi serta misi untuk diri sendiri, agar performa dan prestasi Anda meningkat. Jangan lupa, Anda harus tetap kreatif. Sebab, kreativitaslah yang membuat pekerjaan Anda banyak diacungi jempol oleh atasan maupun klien.


Selalu bereksperimen

Jangan pernah berhenti bereksperimen. Anda bisa mencoba berbagai tool, framework, maupun library yang dirilis di JavaScript. Cari tahu setiap manfaat dan cara kerjanya. Sehingga, Anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Lalu, dokumentasikan eksperimen Anda, dengan menulisnya.

Yuk, terus berlatih! Anda pasti bisa menjadi seorang developer andal. Jangan lupa berkonsultasi dengan mentor, ya!

 

Rekomendasi bacaan:
Profesi eSport buat milenial, Anda tertarik?
10 tips desain UI/UX yang ‘menjual’
Begini kebiasaan netizen Indonesia nonton YouTube selama puasa

 

Sumber:
medium.com
geeksfarm.worpress.com
asriman.com
codepolitan.com
 

Tags: programming, pemrograman, pekerjaan, teknologi, developer

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang