Media

Ingin ubah karier? Lakukan rebranding
By Maria Yuniar - 3 July 2018
4 min read 101 Views

Pernah berpikir ingin mengubah karier selagi masih muda? Memang betul, mengubah karier bisa memberikan Anda beberapa keuntungan. Apalagi orang-orang lain yang usianya tak terpaut jauh dari Anda juga masih belum memiliki pengalaman bertahun-tahun. Jadi, banyak kesempatan untuk lebih maju bagi Anda. Jika Anda melakukannya dengan tepat, maka Anda akan bisa mengganti karier di usia muda dengan lancar. Untuk itu, Anda butuh rebranding personal. Bagaimana sih caranya?

 

Analisis passion dan karier Anda

Hal pertama untuk rebranding diri adalah dengan menganalisis passion dan karir Anda. Lakukanlah analisa dengan menjawab dan merenungkan pertanyaan seperti, hal-hal apa yang memotivasi anda dan membuat anda bersemangat dalam pekerjaan anda? Apa tujuan dan ambisi masa depan anda? Apakah anda menggunakan keahlian dan bakat anda hingga optimal? Apakah anda merasakan kepuasan dan komitmen? Hal-hal apa yang penting bagi anda? Apa nilai-nilai pribadi yang anda miliki?

 

Riset tentang karier yang dipilih

Sebelum banting setir dengan mengubah karier, ada baiknya Anda melakukan riset mengenai profesi pilihan. Bicaralah kepada konsultan karier, pelatih eksekutif, atau headhunter. Setelah yakin, mulailah mengeksplorasi perusahaan-perusahaan yang menarik minat anda. 

 

Analisis keahlian dan bakat

Apa kelebihan Anda dan hal-hal apa yang harus anda perbaiki? Dari sekian banyak keahlian yang Anda miliki, keahlian apakah yang membuat Anda memiliki nilai lebih dalam pasar tenaga kerja? Keahlian apa yang bisa anda gunakan dalam posisi lain? Sebagai contoh, jika anda merupakan pakar dalam membina komunikasi serta hubungan dengan orang lain, maka anda bisa menggunakan keahlian anda dalam posisi yang membutuhkan komunikasi dengan konsumen.

 

Gunakan media sosial

Gunakan media sosial untuk membantu Anda mengubah citra diri  atau rebranding di area karier yang baru. Misalnya saja, dengan aktif menggunakan LinkedIn. Mulailah untuk terhubung dengan kelompok dan asosiasi industri yang relevan. Bagikan artikel yang relevan dan menarik dalam jaringan sosial media Anda, komentar pada posting, hadiri konferensi industri terbesar, dan kembangkan jaringan Anda di industri tertentu. Semakin Anda dapat menunjukkan bahwa Anda serius dan berinvestasi dalam industri target baru Anda, semakin kredibel Anda akan terlihat.

 

Konsultasi dengan ahli atau kerabat

Bertukarlah ide untuk menentukan pilihan karier Anda dengan mendiskusikan nilai-nilai dan keahlian dasar Anda bersama teman, keluarga dan rekan kerja. Tujuannya, untuk meminta nasihat serta bantuan dalam menemukan pekerjaan baru yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Bergabung dengan kegiatan sukarelawan 

Mengikuti kegiatan sukarelawan dapat meningkatkan profil Anda lho. Cobalah untuk bekerja sebagai sukarelawan atau pegawai magang terlebih dahulu. Sehingga Anda bisa menilai kemahiran diri sendiri dengan melakukan dan mempelajari pekerjaan tersebut tanpa mengeluarkan biaya.

 

Perkuat networking

Langkah penting yang harus Anda ambil adalah dengan memperkuat networking dan menemukan orang-orang yang bisa membantu anda menemukan pekerjaan yang anda inginkan. Jika anda serius memikirkannya, Anda akan menemukan seseorang yang Anda kenal, teman atau kenalan lama yang memiliki hubungan dengan pekerjaan yang menjadi impian anda.

Mengoptimalkan bakat dan rebranding diri Anda akan membantu Anda menemukan karier baru. Menarik bukan? Sudah siap rebranding dengan tips tersebut? Selanjutnya, kunjungi EKRUT untuk menemukan kesempatan baru.

 

Rekomendasi bacaan:
Sudah posting pertanyaan Anda di Instagram Stories?
Pokemon Quest sudah ada di iOS dan Android, main yuk!
3 cara baru monetisasi konten bagi kreator di YouTube

 

Sumber:
fastcompany.com
job-like.com
kompas.com
akuinginsukses.com
dnetwork.net

Tags: rebranding, pekerjaan, profesi, karier

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang