Media

Bagaimana cara merekrut analis data?
By Widyanto Gunadi - 17 May 2018
68 Views

Pada 2017, IBM memprediksi permintaan terhadap pekerja analis data (data analyst) akan meningkat sebesar 28 persen di tahun 2020. Perusahaan Anda ingin merekrut analis data? Pelajari hal-hal ini terlebih dahulu.

Analis data vs. ilmuwan data

Mungkin Anda bertanya-tanya mengenai perbedaan antara tugas analis data dan ilmuwan data. Direktur program ilmu pengetahuan dan analisis data dari Universitas Northeastern, Martin Schedlbauer menjelaskan, ilmuwan data bertugas membangun proses baru dalam hal pemodelan dan produksi data.

 

Sementara itu, seorang analisis data melakukan identifikasi tren, mengembangkan grafik, dan membuat presentasi visual sehingga perusahaan dapat membuat keputusan bisnis yang lebih strategis.

Kenali perangkat, situs, dan komunitas pilihan analis data

Beberapa perangkat lunak paling umum yang digunakan oleh seorang analis data di tempat kerja, antara lain Microsoft Excel, SQL, Python, dan R. Perangkat-perangkat tersebut mempermudah analis data meneliti jenis forum daring yang mereka gunakan untuk meningkatkan keterampilan dan berbagi ide dengan rekan-rekan mereka sesama analis data.

Forum seperti KDNuggets, Kaggle, dan Data Science Central merupakan beberapa komunitas yang paling terkenal bagi para analis data. Selain itu, komunitas Cross Validated di Stack Overflow juga merupakan salah satu komunitas yang paling aktif di seluruh jaringan situs Stack Exchange.

Karena para analis data mempercayai situs-situs ini, apakah itu berarti Anda harus mulai mencari kandidat dari mereka? Tidak juga. Sebaliknya, gunakan situs-situs ini sebagai sumber untuk mengetahui lebih banyak tentang analis data. Teknologi apa yang mereka sukai? Apa misi mereka? Apa keresahan mereka? Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan terkait pekerjaan mereka.

 

Seiring berjalannya waktu, koneksi pribadi yang Anda buat dengan kandidat pasif di situs-situs ini akan mempermudah Anda untuk merekrut mereka sebagai analis data di perusahaan Anda.

Pahami tantangan analis data di tempat kerja

Sebagai perekrut analis data, tentu Anda harus tahu terlebih dahulu apa yang akan mereka kerjakan. Berikut ini dua deskripsi pekerjaan seorang analis data yang dapat Anda gunakan sebagai panduan untuk memahami pekerjaan analis data.

Menangani pertumbuhan data

Dalam jangka waktu dua tahun, jumlah informasi yang tersedia di Internet tumbuh berkali-kali lipat. Seorang analis data harus bertanggung jawab atas data-data sebuah perusahaan dengan membuat stuktur tertentu untuk menanganinya. Analis juga harus memilih data yang akan digunakan, untuk menentukan langkah perusahaan di masa mendatang.

Mengolah data dalam bentuk visual

Karena seorang analis data akan bekerja dengan para pekerja dari bidang-bidang non-teknis, ia harus mampu mengolah data secara visual agar dapat dipahami dengan lebih mudah.

 

Setelah Anda mempelajari sedikit seluk-beluk profesi analis data, sudah siapkah Anda mencari kandidat? Untuk menemukan talenta terbaik, silakan kunjungi EKRUT.

 

Rekomendasi bacaan:

Jadi andalan Android P, Force Crash menuai kontroversi
Hati-hati, kuis Facebook bisa bocorkan data Anda!
Bootcamp untuk coding, perlukah?

 

 

Sumber:
stackoverflowbusiness.com

Tags: rekrutmen, data analyst, analis data

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang