Media

Aplikasi gratis ini lebih seru dibanding medsos, benarkah?
By Maria Yuniar - 17 September 2018
5 min read 201 Views

Apakah selama ini kamu menghabiskan waktu santai hanya untuk melihat berbagai update di media sosial atau medsos? Tentu, kamu tidak sendirian. Hampir seluruh pengguna medsos pun juga melakukannya.

Bagaimana kalau kamu mengubah kebiasanmu ini dan menggunakan Internet untuk mengembangkan karier? Atau sekadar bersantai tanpa medsos? Nah, kamu sekarang bisa mencoba tujuh aplikasi gratis ini dari Play Store atau Apple Store. (Baca juga: 5 teknologi online yang permudah hidupmu)

Tetapi, bagaimana jika kamu merubahnya dengan menggunakan sedikit waktu santai untuk mengembangkan karier atau sekedar rileks tanpa medsos? Cobalah gunakan tujuh aplikasi gratis yang bisa kamu unduh di Play Store atau Apple Store ini dan kamu akan merasa perbedaan yang lebih baik.


Sumber:imgflip.com

 

Aplikasi Blinkist

Daripada menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk scrolling melihat hal-hal yang tidak penting, lebih baik kamu coba aplikasi ini. Blinklist adalah aplikasi mobile yang bisa dimanfaatkan untuk menambah wawasan dan pengetahuan pengguna lewat membaca buku. Melalui Blinkist, kamu bisa mendapatkan informasi singkat yang terdapat dalam beberapa buku. Berbagai kategori buku bisa kita temukan di aplikasi ini sesuai minat, seperti bisnis, kewirausahaan, kesehatan, bahkan percintaan dan masih banyak lagi. 

Aplikasi ini berisikan resensi singkat buku. Jadi, kamu hanya memerlukan beberapa menit untuk membacanya. Aplikasi ini cocok untuk menemanimu dalam perjalanan menuju kantor, saat terjebak macet, atau selama istirahat. Blinklist tidak hanya menyuguhkan buku non-fiksi, tapi juga fiksi, termasuk novel. (Baca juga: Mau bikin aplikasi pemesanan makanan?)

 

100 Office Workouts

Butuh cara yang lebih baik untuk menghindari hilangnya semangat di sore hari? Penelitian menunjukkan bahwa sedikit aktivitas fisik dapat membuat kamu bekerja lebih efektif. (Baca juga: Google kembangkan aplikasi sensor berita untuk Tiongkok)

100 Office Workouts memberimu rekomendasi latihan, tanpa harus melakukan perjalanan ke pusat kebugaran atau gym. Setiap latihan dirancang untuk dilakukan tanpa peralatan di lingkungan kantor. Jadi, kamu bisa tetap bugar dalam menjalani kegiayan di kantor. Sayangnya, aplikasi ini baru tersedia untuk ponsel Android.


Shapr

Baik sedang mencari pekerjaan atau mencoba meningkatkan peluang untuk promosi, kamu tahu bahwa mengembangkan jaringan dan relasi banyak bisa membantumu meningkatkan karier. Shapr membantu dengan cepat membangun jaringan kamu dengan menyarankan orang-orang yang mungkin ingin kamu temui berdasarkan profil profesional yang kamu buat. Jika kamu dan pengguna lain memiliki kesamaan minat, kamu dapat meminta Shapr untuk memperkenalkan dirimu. Kamu dapat mengirim teks melalui aplikasi untuk mulai memperkuat koneksi kariermu. Aplikasi ini tersedia untuk iOS dan Android.

 

Daylio

Bagi banyak orang, jurnal adalah cara terbaik untuk memulai atau mengakhiri suatu hari. Kamu bisa menuliskan curahan hati, poin penting dalam pekerjaan dan sebagainya. Memang benar, jurnal dapat membantumu dalam bekerja. Hanya dengan beberapa klik di aplikasi Daylio, kamu dapat merekam aktivitas dan suasana hati dengan menulis catatan. Selain itu, kamu bisa mempelajari pola aktivitasmu sehari-hari untuk menilai tingkat produktivitasmu. Aplikasi ini tersedia bagi pengguna iOS dan Android.

 

StepBet

Jika dibandingkan dengan medsos yang hanya berfungsi untuk melihat tren dan aktivitas, aplikasi ini bisa membantumu membangun pola hidup sehat. Bagaimana caranya? StepBet mendorong kebiasaan sehat dengan membuatmu bertaruh pada diri sendiri yang memenuhi sasaran kebugaran. Aplikasi ini menetapkan jumlah langkah yang harus kamu tempuh dalam satu hari atau satu pekan. Selanjutnya, kamu bisa memantau kemajuanmu. Bahkan ada rewards tunai jika targetmu tercapai!

Jadi, dengan mengalihkan waktu dari medsos, kamu bisa berjalan-jalan di sekitar tempat tinggal atau kantor. Sebagai imbalannya, kamu bisa lebih sehat, bahkan memperoleh uang tambahan. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini dalam versi iOS dan Android.

 

Trip.com

Ingin merencanakan liburan dengan lebih mudah dan menyenangkan? Aplikasi ini akan membantumu. Dengan Trip.com, kamu bisa mendapatkan rekomendasi berdasarkan minatmu. Ada berbagai rekomendasi hotel, restoran, serta tempat wisata.
Selain itu, aplikasi ini memungkinkanmu membandingkan harga dengan mudah, memeriksa ulasan, dan membagikan pengalaman. Aplikasi ini tersedia di iOS dan Android.

 

Bored Panda

Percaya atau tidak, medsos bisa membunuh produktivitas dan kepercayaan dirimu perlahan-lahan. Nah, agar kamu bisa lebih produktif, cobalah aplikasi Bored Panda. Ada berbagai koleksi foto dan kisah unik dari semua penjuru dunia yang bisa membuatmu sedikit bersantai. Kamu bisa menemukan aplikasi ini dalam versi Android dan iOS.

Sekarang kamu tahu kan ada banyak pilihan untuk menggantikan waktumu di medsos? Coba yuk! Kamu akan merasa lebih santai dan lebih bersemangat untuk kembali bekerja.

 

Rekomendasi bacaan:
Ajukan 3 pertanyaan ini jika atasan terus tolak idemu
10 tanda kamu benci pekerjaanmu
6 JavaScript charting library untuk visualisasi data

 

Sumber:
themuse.com
lifehack.org
gizmodo.com
grid.id

Tags: Android, iOS, medsos, media sosial, aplikasi

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang