Media

Akankah blockchain jadi generasi baru search engine?
By Maria Yuniar - 8 October 2018
4 min read 39 Views
Photo by Hitesh Choudhary on Unsplash
Photo by Hitesh Choudhary on Unsplash

Di dunia yang serba terkoneksi saat ini, perubahan selalu terjadi. Salah satunya adalah teknologi blockchain yang siap melawan kekuatan mesin pencari Google. Sebagai raksasa teknologi, Google telah mendominasi kehidupan ratusan juta manusia di dunia dengan model bisnis utama search engine.

Ternyata, kehadiran blockchain mempersempit ruang gerak Google. Sebab, blockchain memiliki beberapa kelebihan dibanding layanan Google yang sudah ada. Apa saja ya? Simak daftarnya di bawah ini. (Baca juga: Bagaimana sih cara kerja blockchain?)

 

Mesin pencari berbasis blockchain

Keberadaan mesin pencari berbasis blockchain dapat membantu memecahkan masalah yang ada. Kini, pengguna Internet sudah mulai menggunakan DuckDuckGo, mesin pencari yang berfokus pada privasi pengguna. Search engine ini menawarkan keamanan data bagi pengguna. Dalam hal ini, blockchain telah menunjukkan keunggulannya dibanding Google. (Baca juga: Blockchain dan masa depan negara berkembang)


Sumber: imgflip.com

 

Video

Kini, YouTube meraih popularitas karena kreatornya dapat meraup penghasilan dari pemasangan iklan di sana. Namun faktanya, pemasangan iklan di YouTube tak terlalu efektif untuk mendatangkan keuntungan. (Baca juga: 6 pekerjaan di bidang blockchain, kamu berminat?)

Untuk setiap satu juta kali penayangan video, kreator dapat meraih keuntungan US$ 500 (sekitar Rp 7,5 juta) hingga US$ 5.000 (sekitar Rp 75 juta). Hal tersebut tak sebanding dengan pemasangan iklan di Podcast dengan cost per mile (CPM) lima sampai 20 kali lebih tinggi dari video di YouTube.

Karena YouTube sangat selektif dalam memilih kreator yang akan mendapatkan fitur monetisasi, keberadaan blockchain sebagai layanan video mampu mengungguli YouTube dalam hal tersebut.

 

AdSense

Kini, kualitas konten dan produk jurnalistik mulai menurun karena tampilan halaman Internet yang memprioritaskan gambar mencolok serta berita yang provokatif. Tentu saja hal tersebut terkadang mengganggu para pengunjung Internet.

Namun, dengan publikasi berbasis blockchain, pengguna bisa memilih iklan yang ingin dilihat. Karena itu, secara teori, publikasi berbasis blockchain dapat mengungguli AdSense.

Bagaimana pendapatmu tentang peran blockchain dalam search engine? Apakah kehadiran blockchain bisa membuat pengguna Internet semakin aman dan nyaman saat browsing?

 

Rekomendasi bacaan:
Tips kenali pelanggan a la Mailchimp
9 barang wajib buat karyawan baru
5 kota terbaik dunia bagi perempuan karier

 

Sumber:
hackernoon.com

Tags: AdSense, YouTube, Google, mesin pencari, search engine, blockchain

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang