Media

Saingi Go-Pay, OVO juga sasar UMKM
By Widyanto Gunadi - 4 July 2018
4 min read 197 Views

Bagi Anda pengguna setia layanan ojek online seperti Go-Jek, tentu sudah tak asing dengan Go-Pay. Fitur pembayaran ini mempermudah pengguna untuk bertransaksi secara cashless, dengan dompet digital yang satu ini. Go-Jek bahkan memperluas jangkauan layanan Go-Pay, hingga merambah ke warung serta Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Akan tetapi, tak hanya Go-Pay saja yang berjaya. Lippo Group pun mulai melebarkan sayap ke bisnis serupa. Sejauh apa upayanya untuk menyaingi dompet digital milik Go-Jek? Berikut ini ulasannya untuk Anda! 

 

Dompet digital OVO

Seakan-akan sebagai bentuk persaingan atas Go-Pay, Lippo Group meluncurkan dompet digital serupa bernama OVO. CEO OVO, Jason Thompson menyatakan ingin segera membuat platform pembayaran yang bersifat universal di Indonesia. ia mengklaim OVO memungkinkan pembayaran cashless yang diterima di berbagai lokasi, mulai dari mall, rumah sakit, bahkan hingga warung, dan toko-toko kecil.  

 

Jangkau 70% pusat belanja 

OVO sendiri telah ada sejak tahun 2017. OVO menyatakan bahwa sistem dompet digital milik mereka, telah dipakai oleh 70 persen pusat perbelanjaan di Indonesia. Beberapa pusat perbelanjaan termasuk hypermarket dan department store di Indonesia sudah menerima sistem pembayaran via OVO. Selain itu, OVO juga sudah bisa dipakai untuk bertransaksi di kedai kopi, bioskop, penyedia, parkir, serta rumah sakit. OVO juga mengatakan dompet digital miliknya telah diterima di 80 persen jaringan gerai makanan modern.

 

Rambah UMKM 

Mengingat semakin besarnya persentase minat masyarakat akan OVO, mereka mengaku juga siap merambah ranah UMKM. Untuk lebih memperluas jangkauan, Ovo juga resmi menjalin kerja sama dengan Grab. Dengan demikian, dompet digital mereka yang diberi nama Ovo Cash, juga dapat dipakai oleh pengguna jasa Grab.  

 

Pengganti GrabPay 

Setelah Grab resmi bekerja sama dengan OVO, maka otomatis sistem GrabPay pun ditiadakan. Mereka mengganti sistem GrabPay dengan OVO Cash, layanan serupa Go-Pay. Sistem OVO Cash ini memungkinkan penggunanya melakukan pembayaran cashless. 

Jadi, mana yang Anda pilih? Go-Pay, OVO Cash, atau malah keduanya?

 

Rekomendasi bacaan:
Kampus ini buka jurusan bisnis digital di SBMPTN 2018
LINE luncurkan BITBOX untuk transaksi cryptocurrency
Ingin ubah karier? Lakukan rebranding

 

Sumber:
kompas.com
metrotvnews.com
kontan.com
youtube.com

Tags: OVO Cash, OVO, GrabPay, Grab, Go-Pay, Go-Jek

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang