Media

Menyesal setelah resign? Lakukan tips berikut!
By Maria Yuniar - 24 August 2018
3 min read 900 Views

Ada banyak alasan karyawan resign dari suatu perusahaan. Bisa jadi karena tawaran lebih baik dari perusahaan lain, ingin memiliki banyak waktu dengan keluarga, ketidakcocokan pemikiran dengan atasan, ingin memulai bisnis dan sebagainya. Namun, setelah melayangkan surat resign atau bahkan benar-benar meninggalkan dari perusahaan tersebut, tak sedikit orang yang kemudian merasa menyesal. Lalu, apa solusinya agar tidak menyesal setelah resign? Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar terhindar dari rasa menyesal setelah berhenti bekerja.

 

Cabut surat pengunduran diri

Jika kamu menyesali keputusanmu, ingin kembali bekerja dan perusahaan tetap terbuka, tak ada salahnya. Namun ingat, kamu telah mengajukan surat pengunduran diri sebelumnya secara formal. Jadi, ketika ingin kembali, ada baiknya kamu pun menyampaikan pencabutan surat resign secara tertulis. Meski atasan tetap menyambut baik keputusanmu, yakinkan perusahaan bahwa kamu akan bekerja dengan lebih baik lagi.

 

Diskusi dengan teman

Keputusan resign seringkali menjadi hal yang sulit bagi sebagian orang. Sebaiknya, cobalah untuk berpikir jernih tentang alasanmu untuk mengundurkan diri dari tempat kerja. Ada baiknya juga untuk berdiskusi dengan teman-teman terdekat dan menanyakan pendapat mereka tentang keputusanmu. Hal ini bermanfaat bagimu untuk meyakinkan diri bahwa kamu telah membuat keputusan yang tepat.

 

Lakukan penyesuaian gaya hidup & finansial

Mungkin kamu tak menyadari telah menjalani gaya hidup yang konsumtif saat masih bekerja. Sekaranglah waktunya melakukan penyesuaian gaya hidup. Misalnya, kurangi pengeluaran untuk jalan-jalan atau makan di restoran setiap pekan. Cobalah mengalokasikan dana untuk liburan keluarga, serta biaya sekolah anak dan keperluan rumah tangga lainnya. Tentunya dengan hal ini, kamu akan merasa bahwa hidup lebih teratur setelah resign dan tak perlu menyesalinya.

 

Perluas jaringan

Tak ada salahnya kamu mencari teman baru atau relasi lewat kegiatan-kegiatan di lingkungan sekitar. Misalnya, kegiatan sosial di rumah ibadah, arisan, atau aktif di perhimpunan lain. Sebab, ilmu dan informasi berguna bisa datang dari mana saja.

 

Cari peluang kerja baru

Banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah. Jadi, kenapa tidak mencoba menjadi freelancer? Misalnya dengan menerjemahkan buku atau berjualan online. Kelebihannya, kamu bisa tetap berkarya dan memiliki penghasilan sendiri. Jika sudah siap mencari peluang pekerjaan tetap baru, kamu bisa bergabung dengan talent marketplace EKRUT. Di sana ada ratusan perusahaan yang akan melihat profilmu. Kamu pun hanya perlu melakukan registrasi satu kali.

 

Rekomendasi bacaan:
Apa saja 10 pertanyaan umum dalam interview kerja?
Penasaran, seperti apa sih software engineer di Tesla?
Training karyawan baru, harus bagaimana?

 

Sumber:
seek.com.au
detik.com
kompas.com
themuse.com

Tags: mengundurkan diri, atasan, perusahaan, karyawan, resign

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang