Media

Mengapa hackaton penting untuk software developer dan perusahaan?
By Widyanto Gunadi - 15 May 2018
32 Views

Hackaton merupakan kegiatan berkumpulnya software developer, programmer, hingga project manager, untuk membangun sebuah aplikasi yang menghadirkan solusi baru bagi persoalan tertentu. Hackaton juga menjadi ajang untuk mempertemukan para developer dan pemilik usaha. Dalam acara ini, mereka berkesempatan bertemu muka dan bertukar ilmu. Selain untuk memperluas jaringan dan mendapatkan ilmu, para software developer pun selalu menantikan hackaton untuk tujuan lainnya. Apa saja sih manfaat hackaton? Berikut ulasannya untuk Anda.

Edukasi yang sifatnya praktis

Dalam acara hackaton, developer akan menjumpai berbagai program edukasi melalui konferensi, seminar, dan workshop di bidang teknologi. Sebanyak 66,1 persen dari 100 ribu developer ingin meningkatkan kemampuan teknis dan pemrograman, dengan menghadiri hackaton.

Para developer tidak hanya dibekali pengetahuan teoretis, tapi juga pemahaman yang sifatnya praktis. Sebab, mereka diajari cara memanfaatkan teknologi, misalnya Elixir dan Phoenix. Keduanya menjadi dasar berbagai aplikasi yang ditawarkan dalam hackaton.

Idealisme vs. kerja tim

Mempertahankan budaya kerja menjadi tantangan tersendiri bagi suatu perusahaan, termasuk perusahaan di bidang teknologi, yang ekspansif. Yang harus dipertahankan perusahaan adalah kerja sama tim yang baik di antara para developer.

Hal itu menjadi tantangan karena setiap developer pasti memiliki idealisme tersendiri. Hackaton pun hadir untuk memberikan pemahaman kepada para developer untuk dapat saling bekerja sama tanpa mengorbankan idealisme.

Eksplorasi ide

Bagi para developer, sangatlah penting untuk dapat mengeksplorasi ide dan merealisasikannya. Namun sayangnya, mereka masih jarang mendapat kesempatan untuk berkarya secara bebas. Setiap pengembangan software biasanya dilakukan dalam tim, yang menuntut kerja sama dan kesepakatan bersama.

Sehingga, tak jarang developer harus meredam idealisme mereka. Di hackaton, developer mendapat kesempatan untuk bekerja dalam proyek apa pun. Bahkan, mereka bisa bekerja sama dengan developer dari perusahaan lain.

Kesempatan bagi perusahaan untuk menyaring talenta berbakat

Merekrut orang-orang hebat di bidang teknis dan teknologi memang bukan perkara mudah. Namun, perusahaan-perusahaan yang sukses tak pernah hanya berdiam diri saja tanpa berusaha. Hackaton entu menjadi acara tempat berkumpulnya talenta-talenta idealis yang mempunyai segudang ide inovatif di kepala mereka. Ini adalah kesempatan bagi perusahaan di bidang teknologi untuk berinteraksi dengan para developer.

Pada akhirnya, hackaton bisa berperan layaknya bursa pencarian kerja atau job fair di bidang teknologi dalam skala besar dan bernuansa kasual. Apakah Anda saat ini sedang mencari kandidat berbakat untuk posisi software developer? Silakan kunjungi EKRUT untuk menemukan talenta terbaik, sambal menantikan hackaton dalam waktu dekat.

Rekomendasi bacaan:
Pemerintah luncurkan Cyber Institute untuk tawarkan kuliah online
Apakah Anda sudah bertemu Lucinta Luna di Mobile Legends?
Indonesia jadi daya tarik bagi mata uang digital Exrates

 

Sumber:
stackoverflowbusiness.com
medium.com
businessinsider.com
profocustechnology.com

 

Tags: teknologi, developer, software developer, hackaton

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang