Media

Grab raih investasi Rp 29 triliun
By Maria Yuniar - 3 August 2018
3 min read 57 Views

Mobile platform online-to-offline (O2O) Grab Holdings Inc. (Grab) mengumumkan perolehan investasi US$ 2 miliar (sekitar Rp 28,9 triliun) dalam putaran pendanaan terbaru. Apa saja ya, yang akan dilakukan Grab dengan kucuran dana puluhan triliun rupiah ini?

 

Perluas layanan

Grab berencana memanfaatkan dana ini untuk memperluas layanan O2O di Asia Tenggara. Saat ini, Grab telah memiliki beragam layanan, antara lain aplikasi pembayaran GrabPay, pemesanan makanan GrabFood, pengiriman paket GrabExpress, pemesanan kendaraan, serta pengiriman barang belanjaan on-demand GrabFresh. Layanan GrabFresh sejauh ini baru tersedia di Jakarta.

Grab akan menggunakan sebagian besar pendanaan tersebut untuk melanjutkan investasinya di Indonesia. Grab percaya, industri perusahaan penyedia layanan transportasi on-demand senantiasa berkembang.

 

Jangkau jutaan pengusaha mikro

Grab menyatakan telah merangkul lebih dari 7,1 juta wirausahawan mikro melalui platformnya. Lebih dari separuhnya berasal dari Indonesia. Selain itu, melalui kemitraan dengan layanan dompet digital serta rewards OVO, grab membangun ekosistem pembayaran mobile yang diklaim sudah 60 juta kali diunduh.

 

GrabFood & GrabExpress tumbuh signifikan

Salah satu lini bisnis Grab, yaitu GrabFood pun mencatatkan pertumbuhan signifikan, dengan gross merchandise value (GMV) di Indonesia nyaris empat kali lipat sepanjang semester pertama tahun ini. Begitu pun GrabExpress, yang telah tumbuh lebih dari dua kali pada paruh pertama 2018.

 

Para investor

Toyota Motor Corporationbergabung dengan sederetan institusi keuangan global untuk mengucurkan dana di Grab. Para investor lainnya adalah OppenheimerFunds, Ping An Capital, Mirae Asset - Naver Asia Growth Fund, Cinda Sino-Rock Investment Management Company, All-Stars Investment, Vulcan Capital, Lightspeed Venture Partners, dan Macquarie Capital.

President Grab mengatakan, besarnya minat para investor serta mitra startegis global menunjukkan ketertarikan mereka untuk bermitra dengan Grab demi meraih pertumbuhan di Asia Tenggara.

 

Rekomendasi bacaan:
1,9 juta orang Indonesia pakai tanda tangan digital
8 keuntungan jadi software developer
Ini bocoran chip AI baru Google untuk machine learning

 

Sumber:
Siaran Pers: Grab Umumkan Perolehan Investasi Senilai US$2 Miliar dalam Putaran Pendanaan Terbaru, 2 Agustus 2018

Tags: GrabExpress, GrabFood, GrabFresh, OVO, GrabPay, O2O, Indonesia, Asia Tenggara, investasi, Grab

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang