Media

Cari kerja via talent marketplace lebih mudah dan efisien
By Widyanto Gunadi - 16 November 2018
140107 Views

Proses rekrutmen telah mengalami banyak perkembangan saat ini. Anda tidak perlu lagi repot-repot menyusun currriculum vitae (CV), mencetaknya, dan mengirimkannya via pos ke perusahaan tujuan. Bersyukurlah, karena Anda hidup di zaman ini dengan segala kemajuan teknologi, termasuk dalam hal pencarian kerja. Sekarang, tren pencarian kerja sudah berubah. Anda bisa mulai mempelajari talent marketplace. Dengan talent marketplace, perusahaan lah yang akan mencari Anda. Apa saja sih, keunggulan talent marketplace, dibandingkan job posting yang sebelumnya ada?

 

Efisiensi waktu cari kerja

Bayangkan saja, jika Anda melamar kerja 20 tahun yang lalu, ketika Internet belum banyak dimanfaatkan untuk pencarian kerja. Biasanya, Anda menemukan lowongan pekerjaan pada iklan baris di surat kabar. Selanjutnya, Anda harus menyusun surat lamaran, CV, mencetaknya, dan melengkapinya dengan fotokopi ijazah serta transkrip nilai. Kemudian, Anda harus pergi ke kantor pos untuk mengirimkannya. Lalu Anda harus berapa lama menunggu sampai akhirnya dihubungi perusahaan yang dilamar? Tidak ada yang tahu dan tidak ada jaminan untuk hal ini.

Dengan talent marketplace, Anda hanya perlu mengisi aplikasi yang tersedia. Ada banyak perusahaan di sana, yang menawarkan posisi-posisi menjanjikan. Misalnya untuk software engineer. Begitu Anda mengunggah profil Anda ke suatu talent marketplace, bukan hanya satu perusahaan yang akan melihatnya. Namun puluhan, bahkan ratusan. Mereka pun pasti berlomba-lomba mendapatkan Anda. Bagaimana Anda bisa yakin, jika kualifikasi Anda memenuhi kriteria mereka? Talent marketplace ini dilengkapi dengan sistem kurasi. Dengan kata lain, jika perusahaan-perusahaan bisa melihat profil Anda, berarti kualifikasi Anda memang layak dipertimbangkan. 

 

Data analytics

Anda tentu tidak akan menemukan peran data analytics pada metode pencarian kerja di masa dulu. Nah, seperti dilansir businessnewsdaily.com, rekrutmen zaman sekarang sudah banyak memanfaatkan kemajuan digital. Salah satunya adalah penggunaan data analytics. Dengan data analytics, perusahaan-perusahaan dapat melihat pekerjaan yang paling banyak dicari kandidat. Bahkan, mereka bisa mengetahui informasi mengenai umur dan latar belakang para kandidat. 

Apa keuntungannya buat Anda? Ternyata, perusahaan-perusahaan itu cenderung menyukai kompetisi. Jadi, mereka mencari kandidat yang mengincar lebih dari satu perusahaan. Dengan bergabung di talent marketplace, Anda secara langsung memberi tahu perusahaan, bahwa Anda tidak hanya membidik posisi tertentu di satu perusahaan. Banyak kandidat yang berhasil mendapatkan pekerjaan melalui tren rekrutmen ini lho! Mungkin Anda berikutnya. 

 

Notifikasi

Apakah Anda pernah melihat lowongan pekerjaan konvensional yang dipasang di surat kabar? Sepertinya tidak ada yang mencantumkan informasi bahwa perusahaan akan memberikan notifikasi apabila lamaran Anda ditolak, maupun diproses lebih lanjut . Memang, ada job portal maupun perusahaan yang menawarkan fasilitas ini. Namun, belum semuanya melakukan hal serupa.

Berbeda dari lowongan konvensional di surat kabar maupun job portal, sistem talent marketplace akan mengirimkan notifikasi jika ada perusahaan yang tertarik dengan Anda. Selain itu, Anda pun bisa mengetahui update rekrutmen, termasuk undangan wawancara dan proses selanjutnya, melalui notifikasi yang akan Anda terima. Informasi semacam ini pasti berguna bagi Anda untuk menentukan langkah selanjutnya, bukan?

Setelah membaca tentang keunggulan yang ditawarkan talent marketplace, apakah Anda ingin mencobanya? Di EKRUT, Anda bisa mendapatkan pekerjaan terbaik dengan cepat. Prosesnya pun mudah, dan pastinya, Anda tidak perlu membuat surat lamaran baru untuk setiap perusahaan yang dituju. Cukup dengan satu aplikasi.

 

 

Sudah pernah mendengar atau mencari kerja menggunakan talent marketplace? . Di Indonesia, talent marketplace pertama kali diterapkan oleh EKRUT. Dengan sistem ini, pencari kerja tidak perlu lagi mendaftarkan atau mengirim surat lamaran satu per satu ke perusahaan, namun perusahaan itu sendiri yang akan mencari para kandidat dalam sistem yang tersedia. . Dengan demikian, proses pencarian kerja dan kandidat berkualitas pun menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien. Selain itu, kesempatan untuk direkrut pun menjadi lebih tinggi, mengingat perusahaan sudah mencocokan data kandidat terlebih dahulu sebelum mengirimkan undangan interview. . Kalau begitu, tunggu apa lagi? Daftarkan diri Anda sekarang juga! (link in bio) . #InfoKerja #LowonganKerja #TalentMarketplace #JobOpportunities #InterviewKerja #CariKerja #SoftwareEngineer #WebDeveloper #FrontEndEngineer #BackEndEngineer #DigitalMarketing #Ekrut #Startup

A post shared by EKRUT (@ekrutofficial) on

 

Rekomendasi bacaan:
Esport dan gaming, apa sih bedanya?
Blockchain jamin keamanan pemilu, apakah Indonesia siap?
Eropa terapkan GDPR, sejauh apa dampaknya?

 

Sumber:
businessnewsdaily.com
careeraddict.com

Tags: EKRUT, talent marketplace, cari kerja

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang