Media

Apa sih bedanya rekrutmen zaman dulu dan sekarang?
By Widyanto Gunadi - 28 May 2018
447 Views

Rekrutmen memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan dan terus mengalami perkembangan sejak tahun 1940an. Saat ini, proses rekrutmen sudah semakin mudah dan singkat. Bahkan, perekrut tidak lagi membutuhkan waktu yang relatif lama untuk menemukan kandidat-kandidat berkualitas. Ini semua berkat kemajuan teknologi. Partner di BDO Recruitment, Maurice Carr di akun LinkedIn miliknya, memaparkan perbedaan perbedaan proses rekrutmen zaman dulu dan sekarang. Apa saja? Berikut ini ulasannya untuk Anda. 

 

Pencarian kandidat

Saat ini, lowongan pekerjaan dapat dengan mudah dijumpai di Internet. Pencari kerja tidak harus membeli surat kabar untuk mencari informasi peluang kerja. Sebagai perekrut, Anda pun kini bisa memasang iklan lowongan kerja dengan cepat, berkat kemajuan teknologi. Selain itu, Anda tidak perlu membayar space iklan baris untuk koran dan menunggu iklan Anda terbit sepekan sekali.

 

Komunikasi

Berterima kasihlah kepada media sosial dan berbagai layanan pesan singkat. Anda bisa begitu mudah dan cepat berkomunikasi dengan para kandidat dan manajer sumber daya manusia (SDM). Anda pasti menyadari hal ini bukan, bahwa memasang lowongan pekerjaan dan memberikan jawaban atas pertanyaan kandidat melalui media sosial, telah membantu pekerjaan Anda dengan efisien. Saluran komunikasi ini telah memudahkan Anda berkomunikasi langsung dengan orang lain melalui media-media yang berbeda secara real-time.

 

Bursa tenaga kerja

Jumlah perusahaan manufaktur saat ini sudah banyak menyusut, jika dibandingkan 20 tahun lalu. Dengan demikian, banyak posisi yang juga sudah tidak relevan. Yang banyak dicari saat ini adalah para kandidat untuk mengisi posisi berkaitan dengan teknologi informasi. Meski demikian, posisi akuntan pun tetap dicari, walaupun sudah banyak tools untuk membantu proses akuntansi suatu perusahaan.

 

Pengiriman dokumen

Sadarkah Anda, kehadiran email telah menggantikan peran mesin faksimili dan pengantar pos, dan membuat kehidupan Anda lebih mudah. Dengan email, Anda bisa menerima dokumen kandidat, termasuk CV dengan cepat.

 

Proses wawancara

Tidak seperti zaman dulu, saat ini Anda tidak perlu melakukan wawancara tatap muka secara langsung dengan kandidat. Ada teknologi Skype yang bisa Anda manfaatkan. Jadi, kandidat yang tinggal di luar kota, tidak perlu pergi jauh untuk menghadiri wawancara. Anda pun bisa menggunakan waktu dengan lebih efisien. Selain itu, wawancara via Skype pun memungkinkan Anda menciptakan suasana interview yang santai.

Sekarang semuanya kembali pada pilihan Anda. Jika Anda bisa memanfaatkan teknologi sebaik mungkin, maka proses rekrutmen akan berjalan dengan efisien. Apakah Anda ingin mencoba berbagai kemudahan dalam proses rekrutmen zaman sekarang? Silakan kunjungi EKRUT.

 

Rekomendasi bacaan:
Mirip XBMC lama, Kodi bantu Anda kelola foto dan video
Eropa terapkan GDPR, sejauh apa dampaknya?
5 medsos ini paling banyak diakses di Indonesia

 

Sumber:
options.co.za
linkedin.com
careers.govt.nz
kuborecruitment.com

Tags: EKRUT, wawancara kerja, perekrutan, rekrutmen

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang