Media

Ini 8 strategi digital marketing yang tepat untuk bisnismu
By Maria Yuniar - 18 March 2019
5 min read 186 Views
Pastikan strategi digital marketing yang kamu gunakan sudah tepat - EKRUT
Pastikan strategi digital marketing yang kamu gunakan sudah tepat - EKRUT

Dunia Internet dan bisnis selalu berkembang dari tahun ke tahun dengan munculnya berbagai macam produk serta inovasi baru. Namun, dari sekian banyak produk dan inovasi tersebut, ada strategi digital marketing yang harus diterapkan agar dapat bersaing dengan para kompetitor.

Sayangnya, tak semua strategi dan kanal digital marketing cocok diterapkan pada semua lini bisnis. Untuk itu, kamu dapat menyimak dan memilah delapan strategi digital marketing di bawah ini yang cocok untuk diterapkan di bisnismu.

1. Email marketing

Email marketing merupakan strategi yang paling terjangkau. Apalagi email marketing mempunyai return of investment (ROI) sebesar 122 persen. Dengan strategi ini, Kamu dapat membuat welcome email, penawaran khusus, newsletter, dan konten lain yang berhubungan dengan pertumbuhan bisnis.

Untuk membuat email marketing dengan baik, Kamu dapat melakukan personalisasi dengan menyebut nama pengguna, membuat isi yang ringkas agar dapat diakses dengan perangkat selular, dan mengonversi video dalam bentuk .gif agar menarik perhatian.

2. Social media marketing

Dalam melakukan social media marketing, terkadang ada kesalahan-kesalahan fatal yang dilakukan para praktisi pemasaran. Salah satunya, tidak melakukan segmentasi terhadap users dan menghabiskan biaya yang terlalu banyak untuk iklan. Untuk itu, kamu perlu memilih kanal media sosial yang paling baik untuk bisnismu.

Bisnis lain bisa jadi sukses berkembang dengan menggunakan Twitter. Namun, belum tentu Twitter akan membawa kesuksesan yang sama dalam bisnismu.

3. Google AdWords

Dengan Google AdWords, kamu dapat menjangkau calon pembeli potensial pada waktu yang tepat. Di samping itu, Kamu bisa mengakses data iklan untuk mempertajam iklan berikutnya. Namun, Kamu patut berhati-hati karena biaya yang dikeluarkan oleh teknik pemasaran jenis ini bisa habis dalam waktu sekejap.

4. SEO

Kamu harus berusaha untuk membuat situsmu berada di urutan teratas ketika calon pelanggan mencari produk sejenis yang kamu jual. Untuk itu, kamu perlu menerapkan strategi search engine optimization (SEO) agar pengguna berkunjung ke situsmu. Di samping itu, kepopulerannya juga dapat membangun kepercayaan pengguna.

5. Influencer

Influencer marketing adalah salah satu cara tercepat untuk menaikkan popularitas bisnismu, termasuk dengan mempromosikan situs atau produk yang dilakukan. Riset membuktikan bahwa 84 persen marketer memasukkan influencer marketing campaign dalam rencana tahunan mereka.

Tantangan menggunakan influencer marketing ini adalah biayanya yang lumayan tinggi. Semakin berpengaruh orang yang hendak kamu ajak kerja sama tentunya semakin tinggi biaya yang harus kamu bayar kepada mereka setiap kali mereka mempromosikan layanan Kamu.

6. Retargeting ads

Retargeting ads digunakan untuk memberikan iklan yang relevan pada orang-orang yang sebelumnya sudah mengunjungi situsmu. Ketika calon pelanggan mengunjunginya (yang sudah ditanamkan Facebook Pixel code atau Google Analytics code), mereka secara tidak langsung terekspos cookies.

7. Content marketing

Pernah mendengar istilah 'content is a King'? Ya, karena pada dasarnya content marketing dapat sangat membantu kamu dalam menarik pengguna yang ditargetkan, dan tentunya dapat menunjang usahamu.

Namun, agar content marketing dapat berfungsi dengan baik, kamu juga harus berfokus pada content untuk mobile atau telepon genggam. Pasalnya, perlu kamu ketahui bahwa saat ini setidaknya 80% pengguna situs umumnya berasal dari telepon genggam.

8. Membuat desain situs menjadi responsif

Membuat desain situs menjadi lebih responsif, membuat tampilan situs otomatis sesuai dengan layar telepon genggam, adalah hal-hal terpenting dalam digital marketing. Kenapa? Karena seperti yang disebutkan di atas, bahwa sebagian pengunjung situs saat ini cenderung lebih besar melalui telepon genggam.

Selain itu, agar halaman dapat dimuat lebih cepat, dan Google memprioritaskan situsmu, kamu perlu membuat halaman AMP. Accelerated Mobile Pages atau AMP ini adalah di mana halaman situs di desain khusus, agar users menjadi lebih nyaman.

Ingatlah bahwa Google selalu mengutamakan kenyamanan dan kebutuhkan users. Jadi, akan lebih baik jika kamu juga dapat mengikuti peraturan Google, dan mengedepankan users demi strategimu yang berjalan mulus.

Yuk, pelajari masing-masing strategi di atas dan pilih yang paling pas untuk bisnismu, ya! Agar lebih memudahkan kamu dalam mendapatkan informasi  terbaru mengenai digital marketing, dan memiliki teman untuk berbagi, mulailah untuk bergabung di komunitas digital marketing.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags: marketing, strategi digital marketing, influencer, Google AdWords, AdWords, SEO, pemasaran digital

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang