Media

6 profesi terbaik untuk lulusan baru bidang IT
By Maria Yuniar - 31 July 2018
3 min read 154 Views

Teknologi informasi kini menjadi bidang yang cukup seksi di mata para lulusan baru. Hal ini mengingat teknologi informasi sedang menjadi primadona di tengah banyaknya inovasi baru yang terus bermunculan dan tentu bisa dijadikan sebagai lapangan pekerjaan.

Lembaga penyedia informasi lapangan kerja di bidang IT TEKsystems melakukan survei terhadap 250 manajer perekrutan dan bertanya mengenai profesi yang di bidang IT yang banyak direkomendasikan untuk para lulusan baru. Hasilnya, ada enam profesi yang banyak dibutuhkan perusahaan saat ini. Profesi apa saja ya?

 

Pengembang aplikasi

Pengembang aplikasi bertugas membuat perangkat lunak atau aplikasi untuk komputer dan perangkat mobile. Pengembang aplikasi juga bertugas untuk mencari tahu kebutuhan pengguna dan menerima masukan dari pengguna demi memperbaiki kinerja aplikasi. Pekerjaan ini memiliki rata-rata gaji sebesar US$ 100 ribu (sekitar Rp 1,4 miliar) per tahun di Amerika Serikat. Selain itu, peluang pekerjaan ini diperkirakan tumbuh 31 persen dari tahun 2016 hingga 2026.

 

Technical support specialist

Technical support specialist bertanggung jawab menyelesaikan masalah yang dihadapi para pengguna terhadap sistem komputer dan perangkat lunak mereka. Seorang technical support specialist juga bertugas menyediakan pembaruan dalam sistem perangkat atau aplikasi. 

Technical support specialist untuk jaringan komputer memiliki rata-rata gaji sebesar US$ 62.670 (sekitar Rp 877 juta) per tahun. Sementara itu, technical support specialist untuk pengguna memiliki rata-rata digaji US$ 49.390 (sekitar Rp 691 juta) per tahun pada Mei 2016 di Amerika Serikat. Selain itu, profesi technical support specialist diprediksi tumbuh 11 persen dari tahun 2016 hingga 2026.

 

Business/systems analyst

Seorang business/systems analyst bekerja untuk memenuhi kebutuhan manajer dan karyawan dalam perangkat teknologi informasi. Para analis di bidang ini menerima rgaji rata-rata US$ 87.220 (setara Rp 1,2 miliar) per tahun di Amerika Serikat. Untuk peluangnya, profesi ini akan tumbuh 9 persen dalam periode 2016 hingga 2026.

 

Web developer

Web developer bertugas berkomunikasi dengan pengguna untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam pembuatan situs, masalah pada situs yang tak dapat diakses, dan sebagainya. Seorang web developer bisa mengantongi gaji US$ 66.130 di Amerika Serikat per tahun. Nilai tersebut setara Rp 925 juta. Peluangnya pun cukup terbuka lebar, dengan potensi pertumbuhan 15 persen dalam sepuluh tahun selama 2016 hingga 2026. 

 

Network/system administrator

Network/system administrator memberikan rekomendasi, memasang, hingga mengtur jaringan komunikasi suatu perusahaan. Selain itu, seorang network/system administrator pun mengamankan sistem dari serangan siber. Gajinya di Amerika mencapai US$ 79.700 (sekitar Rp 1,1 miliar) per tahun. Pertumbuhan profesi ini dipryeksikan enam persen dari 2016 sampai 2026.

 

Database administrator

Seorang database administrator bertugas mengawasi penggunaan dan memelihara perangkat serta data yang dibutuhkan para karyawan di suatu perusahaan. Gaji para database administrator di Amerika Serikat rata-rata mencapai US$ 84.950 (Rp 1,1 miliar) per tahun. Peluang pekerjaan tersebut akan tumbuh 11 persen terhitung sejak 2016 hingga 2026.

Dari enam profesi di atas, mana yang paling menarik buatmu? Kamu tidak perlu ke Amerika Serikat untuk bisa bekerja dengan profesi-profesi tersebut. Bergabunglah dengan talent marketplace EKRUT untuk berbagai peluang kerja di bidang IT dari ratusan perusahaan, termasuk startup.

 

Rekomendasi bacaan:
Dog lover, sudah punya perangkat berteknologi ini?
Apple dominasi penjualan smartphone di AS
Talent Marketplace EKRUT, satu aplikasi untuk ratusan potensi

 

Sumber:
thebalancecareers.com

Tags: EKRUT, talent marketplace, developer, aplikasi, IT, teknologi informasi

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang