Media

5 tips tentukan karier buat fresh graduate
By Maria Yuniar - 28 July 2018
3 min read 89 Views

Banyak yang mengatakan, fresh graduate menghadapi berbagai tantangan dalam merintis karier. Terlebih, karena belum memiliki pengalaman kerja. Apalagi, kebanyakan perusahaan masih memprioritaskan kandidat berpengalaman.

Pasti hal ini membuat kompetisi dalam mendapatkan pekerjaan semakin ketat. Ditambah lagi dengan terus bertambahnya lulusan baru. Nah, coba ikuti lima tips ini agar kamu bisa mendapatkan karier impianmu, meski belum pernah bekerja sebelumnya.

 

Temukan minat

Langkah pertama yang perlu dilakukan fresh graduates dalam mendapatkan pekerjaan impian adalah menemukan passion. Alangkah baiknya jika kamu sudah mengenali minat dan bakatmu. Kamu bisa coba mengenalinya lewat keterampilan yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga bisa mengembangkan hobimu. Mudah kok, untuk mengubah hobi menjadi karier di masa depan. Sebab, banyak hobi yang berhubungan dengan kebutuhan di dunia nyata. Pikirkan yang kamu sukai, dan lakukan hobimu secara konsisten sebagai karier yang keren.

 

Kenali kepribadian

Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda satu sama lain. Seperti halnya skill dan passion. Ada yang mempunyai kepribadian introvert. Ada juga yang ekstrovert. Dengan mengenai kepribadianmu, kamu bisa mengetahui jenis pekerjaan yang sesuai. Jadi, kamu bisa mulai mengambil tes kepribadian.

 

Ikuti tes karier

Tips selanjutnya dalam menentukan kariermu sebagai seorang fresh graduate adalah melakukan tes karier. Biasanya tes ini mengharuskan untuk menjawab sejumlah pertanyaan dengan batas waktu tertentu. Tes karier ditujukan untuk menilai kemampuan dan kekuatan dirimu untuk kemudian disesuaikan dengan pilihan karier yang cocok. Setelah semua pertanyaan terjawab, Anda kamu diberi beberapa rekomendasi karier yang sesuai dan menjanjikan. Kamu bisa melakukan tes ini secara online dalam waktu singkat.

 

Konsultasi dengan ahli

Selain melakukan tes karier, kamu bisa menentukan karier melalui konsultasi dengan ahli. Konsultasikan minat, bakat dan cita-cita dengan ahli karier. Kamu juga bisa mendiskusikan masalah ini dengan keluarga, teman, atau dosen. Paling tidak, mereka bisa memberikan saran dan nasihat mengenai bidang yang cocok denganmu. Kamu juga bisa bergabung dengan forum diskusi di Internet.

 

Pantau informasi peluang kerja

Sebagai fresh graduates, kamu sebaiknya mengikuti informasi peluang kerja, tren usaha dan ekonomi dari berbagai media.  Pikirkan yang sekiranya sesuai dengan bidang, kelebihan, dan cita-citamu. Jangan lupa pertimbangkan potensinya di masa depan.

Dengan lima tips ini, kamu akan lebih percaya diri menentukan karier, bukan? Kembangkan kemampuan dan minatmu, serta jangan lupa untuk selalu mengikuti informasi terbaru. Dengan demikian, kamu akan menemukan pekerjaan impian meskipun berstatus fresh graduate.

 

Rekomendasi bacaan:
Pilih kerja di startup atau corporate?
Pernah coba latihan interview dan merekamnya?
7 langkah berani untuk minta naik gaji

 

Sumber:
thebalancecareers.com
karyaone.co.id
tempo.co
cermati.com
papasemar.com
 

Tags: pekerjaan, kerja, lulusan baru, fresh grads, fresh graduate, fresh graduates, karier

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang