Media

5 tips bagi fresh graduate yang ingin dapat kerja
By Maria Yuniar - 19 July 2018
3 min read 183 Views

Mencari pekerjaan menjadi tantangan baru bagi fresh graduate. Sebab, pekerjaan pertama sangat penting untuk karier di masa depan. Salah satu kunci sukses cari kerja untuk fresh graduate dengan menawarkan keterampilan yang memang dicari perusahaan. Nilai yang tercantum di ijazah dan transkrip nilai ternyata bukan segalanya. 

Sebagai seorang lulusan baru, Anda pun diharapkan memiliki kemampuan, minat kerja, sekaligus kepribadian yang baik. Selain itu, Anda juga perlu memiliki tujuan yang jelas saat mencari pekerjaan. Biasanya hal ini selalu ditanyakan saat sesi wawancara. Untuk lebih lengkapnya, simak lima tips berikut bagi fresh graduates dalam mendapatkan pekerjaan.

 

Tentukan tujuan karier

Hal pertama yang dibutuhkan untuk cepat dapat kerja adalah mengetahui karier impian Anda. Cari tahu dengan pasti kategori perusahaan dan pekerjaan seperti yang diinginkan. Dengan begitu, Anda lebih mudah dalam menyaring informasi. Temukan peluang berkarier Anda di talent marketplace EKRUT. Di sana, bukan Anda yang mencari perusahaan, tapi perusahaan lah yang akan mencari-cari Anda.

 

Susun strategi

Agar cepat dapat kerja, Anda perlu memiliki strategi. Misalnya, dalam melakukan riset terhadap posisi yang akan Anda lamar, memperbarui CV, serta memperluas pengalaman.

 

Buat catatan

Jangan lupa mencatat setiap panggilan interview yang Anda terima. Dengan demikian, Anda bisa mempersiapkan dokumen pendukung, termasuk portofolio yang diminta perusahaan saat sesi wawancara. Selain itu, simpan nomor kontak HRD atau user yang mengundang Anda wawancara. Yang terpenting, tandai waktu wawancara di kalender Anda agar tidak terlewat.

 

Lakukan follow up

Setelah menghadiri sesi wawancara, tidak ada salahnya Anda melakukan follow up. langkah ini membuat Anda selangkah lebih maju untuk cepat dapat kerja, misalnya dengan aktif membalas email dari perusahaan. Namun, pastikan Anda tidak meneror pihak perusahaan dengan mengirim email bertubi-tubi.

Lakukan sesuatu yang menunjukkan profesionalitas Anda. Misalnya, mengirim ucapan terima kasih setelah wawancara agar Anda diingat perekrut.

 

Manfaatkan koneksi

Manfaatkan pula teman, kenalan, kerabat, bahkan mantan rekan kerja untuk mendapat informasi karier agar Anda cepat dapat kerja. Namun, pastikan Anda meminta informasi tersebut secara halus. Anda bisa membuka percakapan ringan sambil menunjukkan ketertarikan di bidang tersebut. Sebaiknya Anda tidak terang-terangan meminta kerja, meski memang membutuhkannya.

 

Bersikap terbuka

Mungkin akan datang waktunya ketika Anda menerima panggilan wawancara kerja di luar ekspektasi Anda. Coba penuhi panggilan tersebut. Siapa tahu, karier Anda bermula di situ, dan akhirnya berbuah kesuksesan.

Selamat memasuki dunia karier! Siapkan diri sebaik-baiknya ya!

 

Rekomendasi bacaan:
"Belajar coding ga harus jadi programmer"
Meski banyak dicela, Facebook disukai pekerjanya
Synthego, startup yang bisa rekayasa genetika

 

Sumber:
detik.com
detik.com

Tags: pekerjaan, kerja, lulusan baru, fresh grads, fresh graduate, fresh graduates

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang