Media

4 cara untuk memotivasi karyawan agar rajin bekerja
By Maria Yuniar - 18 September 2018
4 min read 154 Views

Kebutuhan karyawan perlu diperhatikan oleh setiap perusahaan. Terlepas dari gaji dan tunjangan, perusahaan harus mencari cara untuk membuat karyawan merasa nyaman bekerja di kantor, terutama bagi mereka yang telah memberikan kontribusi lebih bagi perusahaan.

Sebagai HRD, kamu dapat mengatur strategi demi membangun semangat karyawan dalam bekerja. Untuk itu, simak empat cara berikut ini untuk memotivasi karyawan agar rajin bekerja. (Baca juga: Daya tarik startup baru sebagai tempat kerja)

 

Buat kebijakan fleksibel di tempat kerja 

Jadikan kantor tempat kerja yang nyaman bagi para karyawan. Bila karyawan memiliki janji khusus dengan dokter atau hal mendesak lain, berikan izin bagi mereka untuk datang terlambat ke kantor.

Selain itu, kamu juga bisa memberlakukan kebijakan untuk bekerja dari rumah. Kelonggaran ini pun dapat menjadi pengganti tunjangan bagi para karyawan. Namun, perlu diingat bahwa tak semua pekerjaan dapat menerapkan hal ini. (Baca juga: 5 pertanyaan abadi para pencari kerja)


Sumber: sayingimages.com

 

Penghargaan bagi karyawan

Bila åda karyawan yang dapat memberikan kontribusi lebih dalam pekerjaannya, tak ada salahnya bagi perusahaan untuk memberikan penghargaan. Bentuk penghargaan pun bisa tak selalu soal gaji atau tunjangan.

Kamu bisa memberikan jatah cuti tambahan atau memberikan ruang baginya untuk berkembang dengan menawarkan pelatihan dan workshop. (Baca juga: Rekan kerja tak kooperatif, harus bagaimana?)

 

Beri kepercayaan

Cara lain untuk memperoleh loyalitas karyawan adalah dengan menunjukkan bahwa kamu mempercayai mereka. Berikan mereka ruang untuk menangani pekerjaan dengan cara mereka sendiri.

Bila mereka melakukan kesalahan, berilah masukan dengan santun. Dengan begitu, mereka akan memperoleh kepercayaan diri dan menghormatimu. Suasana kerja pun tentu akan menjadi lebih harmonis.

 

Diskusikan bonus dan insentif

Bila kondisi perusahaan mendukung, tak ada salahnya bagimu untuk mendiskusikan tentang kenaikan gaji atau pemberian tunjangan dengan karyawanmu dan atasan yang berwenang. (Baca juga: Pilih kerja di startup atau corporate?)

Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan hal ini dengan baik agar kenaikan gaji serta tunjangan yang diberikan tak membuat karyawanmu menjadi manja. Di samping itu, tanamkanlah pemikiran bahwa untuk meraih kenaikan gaji serta tunjangan, seorang karyawan harus memberikan usaha lebih. Dari situ pula, ia bisa mendapatkan pelajaran berharga melalui pengalamannya.

 

Rekomendasi bacaan:
Alasan baik dan buruk untuk tidak masuk kerja
8 kesalahan umum startup di tahun pertamanya
Rencana marketing seperti apa sih, yang paling jitu?

 

Sumber:
thebalancecareers.com
mokapos.com
finansialku.com

Tags: HRD, kantor, motivasi, kerja

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang