Register

careers

Minat jadi Youtuber? Yuk, cari tahu dulu gaji YouTuber di sini!

Tsalis Annisa

13 September 2020

gaji-youtuber-EKRUT.jpg

Menjadi seorang Youtuber seakan menjadi profesi yang menarik. Membuat video yang menyenangkan, kemudian dibayar. Tapi, tahukah kamu berapa gaji Youtuber dan bagaimana cara mereka mendapatkan bayaran?

Sumber pendapatan youtuber

gaji youtuber - EKRUT
Buatlah konten yang menarik agar kanal YouTube kamu banyak digemari orang - EKRUT

Penasaran darimana lagi sumber pendapatan Youtuber? Berikut ini adalah beberapa sumber pendapatan Youtuber yang menarik untuk kamu ketahui. 

1. YouTube partner program

Langkah pertama seorang Youtuber menghasilkan uang adalah dengan bergabung di YouTube Partner Program. Pernah terpotong iklan saat kamu sedang menonton kanal YouTube favoritmu? Nah, itu artinya Youtuber tersebut telah memenuhi syarat untuk bergabung dengan program ini. 

Adapun syaratnya adalah kanal YouTube tersebut selama setahun telah memiliki angka watch time minimal 4000, dan 1000 subscribers. Setelah memenuhi syarat, kamu pun siap untuk mendapatkan uang dari program ini. 

2. YouTube Sponsorships

Brand produk tertentu akan membayar YouTuber untuk menciptakan satu video advertorial khusus untuk produk tersebut. Dalam hal ini, YouTuber akan mengajukan harga sekitar sekitar Rp750 ribu per 1000 penonton. 

Tentunya angka tersebut akan semakin bertambah dengan jumlah penonton yang semakin banyak. Itulah mengapa YouTube Sponsorship adalah salah satu sumber penghasilan yang didambakan seorang YouTuber.

3. YouTube affiliate marketing

Langkah yang satu ini adalah di mana pengiklan membayar YouTuber melalui CTR, berapa banyak orang membeli produk melalui link yang kamu sisipkan, dan komisi. 

Pernah melihat YouTuber favoritmu menayangkan video review suatu produk, nah itulah yang disebut dengan YouTube affiliate marketing. 

EKRUT contest - EKRUT

Baca juga: 5 Rekomendasi Tools SEO YouTube yang banyak dipakai

Jadi, berapa gaji YouTuber?

gaji youtuber EKRUT 
Cukup rumit menghitung gaji Youtuber-EKRUT

Nah, untuk berapa gaji youtuber, kira-kira seperti ini gambarannya;

2.000 views menghasilkan 250 orang yang menonton iklan hingga akhir

$18 per view x 250 views = $45 dibebankan ke pengiklan

$45 x 68% revenue share = $30 per 2.000 views akan dibayarkan kepada content creator/youtuber.

Sedangkan untuk video yang disponsori oleh produk tertentu, youtuber akan mendapatkan bayaran sesuai perjanjian kedua belah pihak.

Ini hal yang perlu dihindari oleh YouTuber

gaji youtuber EKRUT 
Jangan pernah mengklik iklan yang tampil divideomu sendiri karena Google akan menganggap kamu curang-EKRUT

Meski nampak menggiurkan, ada beberapa hal yang perlu kamu hindari ketika ingin melakukan monetisasi konten.

Pertama, jangan pernah mengklik iklan yang tampil di videomu sendiri karena Google akan menangkap bahwa kamu bertindak curang. 

Kedua, jangan meminta pemirsamu untuk mengklik iklan karena hal tersebut melanggar ketentuan. Pada dasarnya, ketika kamu melakukan hal ini, kamu meminta pemirsamu untuk mengklik iklan yang mungkin tak menarik bagi mereka.

Hal tersebut akan merugikan pihak pengiklan karena mereka harus membayar kunjungan pemirsa yang tidak tertarik dengan produk atau jasa mereka.

Secara umum, bertindaklah secara etis untuk meningkatkan jumlah subscribers dan views. Berkolaborasilah dengan Youtuber lain atau bagikan videomu di media sosial milikmu untuk mendapatkan lebih banyak pemirsa.

Mempromosikan videomu di media sosial sebaiknya juga kamu lakukan dengan konsisten dan tertatur. Kamu bisa menggunakan beberapa social media tools untuk mempermudah usahamu.

Baca juga: Mudah, ini cara membuat Youtube channel dan tips lainnya

Ini daftar gaji youtuber Indonesia

gaji youtuber EKRUT
Atta Halilintar salah satu YouTuber terkenal di Indonesia-EKRUT

Pusing dengan hitungannya? Jangan patah semangat dulu. Menjadi seorang youtuber dan mendapatkan gaji yang menggiurkan bisa saja asalkan kamu konsisten. 

Agar tetap semangat, yuk intip daftar gaji YouTuber Indonesia di bawah ini berdasarkan informasi dari SocialBlade!
 

1. Raditya Dika

Dengan kepintarannya dalam membuat konten yang menarik dan menghibur, Raditya Dika berhasil meraup hampir 8.6 juta subscribers. Penghasilannya bahkan cukup menggiurkan, yaitu sekitar Rp 2.6 miliar - 46 miliar per tahun.

2. Ria Ricis atau Ricis Official

Berkat konten squishy yang sering ia tayangkan, kini Ria Ricis atau Ria Yunita mampu menggaet 19.4 juta subscribers, dengan total penghasilan per tahun antara Rp 1.8 miliar hingga Rp 28.8 miliar.  

3. Atta Halilintar dari Gen Halilintar

Nama keluarga Gen Halilintar tentu tidak asing lagi. Hingga saat ini, bahkan Atta sudah mampu menggaet 21.7 juta subscribers, menjadikannya sebagai Youtuber indonesia yang memiliki banyak pengikut. 

Adapun gaji YouTuber Atta Halilintar bisa mencapai Rp 5.1 miliar hingga Rp 81.6 miliar per tahun. 

4. Arif Muhammad 

Sebagai salah seorang YouTuber yang berasal dari daerah yakni Medan, konten Arief Muhammad dengan Mak Betty selalu menjadi trending topic. 

Hingga kini Arief sudah memiliki subscriber sebanyak 8.8 juta, dengan gaji YouTuber mencapai Rp 4.3 miliar sampai dengan Rp 70.4 miliar per tahun. 

Baca juga: Intip Algoritma Youtube 2020 dan cara mengotimalkan kanalmu

Daftar gaji youtuber luar negeri 

gaji youtuber - EKRUT
PewDiePie dikenal sebagai salah satu youtuber dengan penghasilan tertinggi di dunia - EKRUT

Selain youtuber Indonesia, banyak youtuber luar negeri yang juga mendulang sukses melalui Youtube. Berikut beberapa daftar gaji youtuber luar negeri. 

1. Ryan's World

Ryan's World mmerupakan salah satu Youtuber dengan penghasilan tertinggi di dunia. Video-videonya memiliki dampak besar pada industri mainan dan pengiklan, itu sebabnya banyak perusahaan mainan yang bekerja sama dengan channel tersebut. Total penghasilan dari pemilik channel dengan 23,3 juta subscriber ini diperkirakan bisa mencapai 26 juta dollar. 

2. PewDiePie

PewDiePie sejauh ini masih menjadi Youtuber dengan subscriber terbanyak di dunia selama 5 tahun terakhir. PewDiePie memiliki total 102 juta subscriber dan penghasilannya diperkirakan bisa mencapai 15,5 juta dollar.

3. DanTDM 

Dengan subscriber sebanyak 21 juta, Daniel Middleton melalui channelnya DanTDM berhasil menghasilkan banyak uang terutama dari konten-konten video gamingnya. Total penghasilan yang ia peroleh diperkirakan bisa mencapai 16,5 juta dollar.

4. Jefree Star

Dikenal dengan konten-konten tutorial, ulasan brand hingga tantangan lucu seputar makeup, Jeffree Star berhasil menjadi youtuber dengan penghasilan tinggi. Ia bahkan mulai membuat brand makeupnya sendiri bernama Jefree Star Cosmetik. Saat ini Jefree memiliki 17,1 juta subscriber dengan penghasilan mencapai sekitar 17 juta dollar. 

Baca juga: 3 cara baru monetisasi konten bagi kreator di YouTube

Tertarik dengan gaji YouTuber di atas? Kamu bisa memulainya dengan membuat konsep kanal Youtube yang ingin kamu buat, lalu cobalah untuk mulai memilih waktu yang tepat untuk menayangkan videomu. Setelah menentukan waktu yang tepat, cobalah untuk konsisten.

Setelah mendapatkan cukup subscribers dan memiliki views yang cukup banyak, kamu bisa coba mengatur kanalmu untuk monetisasi.

gaji youtuber - EKRUT
 Last update 19 July 2020

Sumber:

 

Tags

Share