Media

Sadarkah kamu, Instagram kini informasikan waktu aktif pengguna?
By Maria Yuniar - 25 July 2018
3 min read 97 Views

Instagram terus merilis fitur baru untuk para penggunanya. Kali ini, layanan berbagi foto dan video tersebut telah menghadirkan fitur status aktivitas untuk pengguna iOS dan Android. Instagram sempat melakukan uji coba pada sejumlah pengguna awal tahun ini. Sekarang, semua pengguna aplikasi Instagram sudah bisa melihat fitur ini. Apakah kamu menyadari kehadiran update media sosial tersebut?

 

Fitur Direct

Fitur tersebut juga sudah tersedia untuk pengguna di Indonesia. Pengguna Instagram kini bisa mengetahui kapan terakhir kali temannya menggunakan layanan tersebut. Pengguna bisa melihat status aktivitas tersebut di fitur Direct. Itu artinya, status aktivitas orang lain dapat diketahui jika kamu sebelumnya mengirim pesan kepada mereka atau sudah saling mengikuti.

Sama seperti fitur serupa pada WhatsApp, status aktivitas akan terlihat dengan keterangan "Active" yang disertai lamanya waktu terakhir kali mengakses Instagram. Misalnya, "Active 13m ago" atau "Active yesterday". Selain itu, ada keterangan "Active now" jika temanmu memang sedang mengakses Instagram.

 

Batasi waktu aktif pengguna

CEO Instagram, Kevin Systrom mengatakan, “Memahami dampak waktu online pengguna menjadi hal yang penting dan merupakan tanggung jawab semua perusahaan untuk terbuka dengan hal ini. Kami ingin ambil bagian dalam solusi ini. Dan saya bertanggung jawab akan hal ini.” Saat ini, Instagram tengah membangun fitur untuk membantu pengguna mengetahui jangka waktu aktivitas di medsos itu. Tujuannya, agar pengguna bisa membatasi waktu penggunaan medsos. Sehingga, waktu interaksi dengan lingkungan sekitar pun bertambah.

 

Promosi konten

Fitur baru ini muncul setelah perusahaan induk Instagram, Facebook juga telah berbicara tentang perlunya mempromosikan konten-konten berkualitas, agar pengguna tidak membuang waktunya dengan percuma di media sosial. 

Berdasarkan penelitian Facebook, pengguna media sosial memang secara pasif mencerna informasi tanpa berinteraksi dengan siapa pun. Ini membuat pengguna semakin kesulitan dan membatasi diri dari dunia luar.

Kehadiran fitur ini sebenarnya cukup masuk akal mengingat Instagram banyak dimanfaatkan untuk bisnis. Pelanggan biasanya berharap bisa mendapatkan respon secepatnya dari akun bisnis yang mereka kirimi pesan.

 

Bisa dinonaktifkan

Jika kamu tidak menyukai fitur tersebut, Instagram memberikan opsi untuk menonaktifkannya. Kamu bisa mengaturnya di fitur Options, lalu pilih "Show Activity Status".

Namun, perlu dicatat bahwa ketika  mematikan fitur ini maka pengguna juga tidak akan bisa melihat kapan pengguna lain terakhir aktif juga.

Fitur status aktivitas ini diperkirakan merupakan salah satu persiapan untuk aplikasi mandiri Direct. Berdasarkan sejumlah laporan sebelumnya, anak usaha Facebook itu berencana memisahkan Direct sebagai menjadi aplikasi pesan khusus seperti Facebook Messenger.

 

Rekomendasi bacaan:
Cara-cara cari kerja ini hanya buang waktu
10 cara jaga privasi di Internet supaya datamu aman
EBay beli platform e-commerce Qoo10 Rp 8,3 triliun

 

Sumber:
liputan6.com
kompas.com
cnnindonesia.com

Tags: medsos, media sosial, Direct, Instagram

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang