Media

Promosi jabatan tanpa naik gaji, Anda bersedia?
By Maria Yuniar - 12 July 2018
4 min read 208 Views

Anda mungkin pernah berada di situasi mendapatkan promosi, tapi justru malah tidak mengalami kenaikan gaji. Atau sebaliknya, Anda selalu mengalami kenaikan gaji, tetapi malah tidak pernah mendapatkan promosi. Kedua hal tersebut bukanlah kondisi yang ideal. Namun, kalau bicara soal imbas ke kesuksesan jangka panjang, antara kenaikan gaji dan kenaikan pangkat, mana yang lebih penting?

 

Promosi atau naik gaji?

Prospek kenaikan gaji dan pangkat merupakan salah satu bentuk motivasi paling besar bagi karyawan. Memilih satu di antara keduanya tentu tergantung prioritas masing-masing individu.

Misalnya, jika target masa depan Anda adalah untuk mendirikan usaha sendiri, titel bukanlah prioritas. Yang lebih penting adalah pengalaman, keahlian, dan koneksi yang Anda dapat dari periode bekerja di perusahaan.

Sementara itu, titel kerja cukup penting untuk Anda yang berminat mendaki jenjang karier. Di banyak industri, terutama di korporasi, jalur karier biasanya vertikal: dari manajer ke kepala departemen, kemudian vice, lalu chief. Jika jalan karier Anda tidak progresif, hal ini bisa menandakan Anda dianggap tidak cukup berprestasi untuk mendapat promosi. Jadi, mana yang lebih penting? Jawabannya tergantung definisi kesuksesan bagi Anda.

 

Jangan buru-buru setuju

Namun, bagaimana bila Anda ditawari promosi tanpa kenaikan gaji? Hal ini ternyata memang seringkali terjadi. Untuk menyiasatinya, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum menyetujui promosi tersebut jika memang Anda kurang berkenan.

 

Kumpulkan informasi 

Sebaiknya Anda segera menanyakan alasan belum adanya kenaikan gaji yang menyertai promosi Anda. Apakah perusahaan Anda sedang berada di posisi finansial yang tidak cukup kuat untuk menawarkan kenaikan gaji saat ini? Apakah ada kebijakan yang mengatur periode kenaikan gaji? Diskusikan dengan atasan dan pastikan bahwa kenaikan gaji akan terjadi di masa depan.

 

Minta penjelasan alternatif

Salah satu alasan lain Anda diberi kenaikan pangkat namun bukan kenaikan gaji saat ini mungkin karena perusahaan Anda berniat memonitor kemampuan Anda untuk sukses di posisi baru Anda terlebih dulu. 

Bila atasan Anda berdalih kalau Anda perlu membuktikan diri sebelum mendapat reward, pastikan kalau perusahaan akan mendukung pengembangan skill di posisi baru Anda. Misalnya, dengan training bila diperlukan. Negosiasikan dengan atasan, agar salary review diadakan di periode masa depan terdekat dengan kondisi Anda bisa memenuhi target dengan jabatan baru.

 

Pertimbangkan kemungkinan lain

Jika Anda menikmati pekerjaan Anda, Anda bisa ‘menghibur diri’ dengan merundingkan keuntungan lain yang menyertai promosi Anda, seperti jam kerja yang lebih fleksibel, fasilitas ekstra, atau bahkan kesempatan untuk remote working.

Pertimbangkan bahwa pada pencarian kerja selanjutnya, titel Anda merupakan negotiating chip terbesar saat membahas gaji. Ingatlah bahwa perbedaan kata ‘junior’ dan ‘senior’ di titel Anda akan mempengaruhi proses negosiasi dengan perekrut bila suatu saat Anda memutuskan untuk pindah perusahaan.

Kenaikan pangkat pada umumnya adalah manifestasi dari perkembangan karir. Bila Anda ingin memastikan adanya kenaikan gaji yang mengikuti promosi , cara paling jitu—walau konvensional—adalah dengan menunjukkan perkembangan melalui kerja keras. Hasil yang Anda capai akan menjadi leverage untuk mendiskusikan kenaikan gaji di masa depan. 

Naik pangkat tapi tidak naik gaji, pernahkah Anda mengalaminya? Apa yang Anda lakukan? Atau Anda malah ingin mencari pekerjaan baru untuk mendapatkan gaji yang sesuai? Temukan banyak peluang dari ratusan perusahaan di EKRUT.

 

Rekomendasi bacaan:
Hindari kesalahan terbesar ini dalam karier
Kominfo ajak pengusaha Indonesia cetak unicorn
Mengapa karyawan terbaik akhirnya resign?

 

Sumber:
rappler.com
qerja.com
 

Tags: kenaikan gaji, gaji, karier, jabatan, promosi

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang