Media

Penasaran apa saja hal yang dilakukan orang sukses setelah jam kerja?
By Maria Yuniar - 21 September 2018
5 min read 567 Views

Caramu menghabiskan waktu luang setelah bekerja mendeskripsikan banyak hal tentang kehidupan dan kariermu. Apakah kamu mengambil tanggung jawab tambahan yang berkaitan dengan pekerjaan pada saat semestinya kamu harus beristirahat atau melakukan hal-hal yang kamu sukai? Yang kamu lakukan pada malam hari, akhir pekan, dan bahkan liburan dapat mempengaruhi kariermu. 

Pikirkan tentang pilihan yang kamu miliki untuk menghabiskan malam hari seusai bekerja, akhir pekan, atau saat liburan. Apakah aktivitas setelah kerja membantu kamu menjadi lebih produktif dan sukses, atau justru membuat terasa letih? Agar menjadi orang sukses yang produktif, coba lakukan beberapa aktivitas ini. (Baca juga: Cara-cara cari kerja ini hanya buang waktu)

 

Berolahraga

Setelah letih bekerja, berolahraga mungkin tampaknya justru membuat tubuh semakin letih. Namun, kenyataannya olahraga merupakan salah satu daftar aktivitas yang dilakukan orang-orang sukses. Mungkin duduk di sofa sambil menonton TV lebih enak, tetapi kenyataannya tak memberikan dampak positif yang lebih banyak. Terlibat dalam aktivitas fisik seperti olahraga secara teratur, efektif dalam mengurangi stres yang mungkin kamu hadapi di tempat kerja. Aktivitas ini juga bisa meningkatkan rasa percaya diri. Berolahraga setelah bekerja akan membantumu lebih rileks, menyegarkan tubuh dan pikiran. Orang yang berolahraga cenderung lebih produktif, kreatif, dan bersemangat. (Baca juga: Jangan lakukan kesalahan ini saat melamar kerja)

 

Mengunjungi kegiatan kesenian

Banyak orang sukses yang menghabiskan waktu setelah jam kerja dengan mengunjungi pameran seni, teater, atau bahkan pergi ke museum. Carilah tempat-tempat tak terduga untuk menyegarkan pikiran serta memberimu inspirasi. Mengunjungi lingkungan baru yang menarik di kota sendiri atau dalam perjalanan jauh dari rumah, akan mengaktifkan otak dengan cara-cara baru. Kamu akan menjadi kreatif yang memecahkan masalah. (Baca juga: 5 cara melamar kerja ini bisa bikin HRD terkesan)

 

Networking

Dalam hal karier dan bisnis, networking merupakan hal penting yang tidak boleh kamu abaikan. Hal ini juga menjadi perhatian bagi orang-orang sukses untuk menjadi aktivitas yang mereka lakukan setelah jam pulang kerja. Misalnya saja, Thomas Jefferson, Presiden Amerika Serikat ketiga, yang mengundang berbagai orang menarik untuk membicarakan hal mendalam dan filosofis. Dia memahami pentingnya membangun networking untuk kariernya. Koneksi yang kamu buat dan ide-ide yang muncul dapat mengembangkan kariermu.

 

Bertualang di alam terbuka

Terlalu lama berada di dalam ruangan kantor ternyata bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan dan perilaku. Tentu saja kondisi kesehatanmu akan terganggu jika terus menerus bekerja di ruangan ber-AC dan menghadapi layar komputer. Ini bukanlah kondisi ideal. Orang-orang yang sukses nyatanya menyempatkan diri untuk bersenang-senang di alam terbuka. Misalnya dengan berselancar, hiking, dan camping.

 

Istirahat dari gadget

Seseorang yang meluangkan waktunya tanpa gadget, wifi, email, dan medsos, akan merasakan ketenagan pikiran dan jiwa. Di satu sisi, teknologi memang banyak membantu. Namun jika sehari-hari kamu telah memanfaatkannya terlalu sering, ada baiknya untuk beristirahat dari teknologi.


Sumber: memegenerator.net

 

Belajar investasi

Meskipun dalam kondisi lelah karena pikiran dan tenaga terkuras untuk bekerja, orang-orang sukses mengikuti kelas tambahan. Baik itu kelas training self-development, psikoterapi, lokakarya akting, sekolah pascasarjana, atau program sertifikasi sepanjang akhir pekan pada topik yang unik. Kelas-kelas tersebut akan membantumu berkembang secara profesional.

Berbagai aktivitas tersebut memang menjadi investasi bagi orang-orang sukses. Jika kamu ingin seperti mereka, tanamkan pada diri sendiri bahwa ada 168 jam setiap minggunya yang bisa kamu manfaatkan. Kamu mungkin menghabiskan 40 jam di tenpat kerja. Jadi, ada 128 jam lain yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat dan melakukan berbagai aktivitas di atas. Jadi, aktivitas apa yang kamu pilih?

 

Rekomendasi bacaan:
Tips agar konten yang kamu buat menjadi viral, apa saja sih?
Haruskah mengundang rekan kerja ke pernikahanmu?
5 tren pengembangan software di masa depan

 

Sumber:
themuse.com
kompas.com
edarabia.com
careerpointkenya.co.ke

Tags: aktivitas, sukses, kerja

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang