Media

Masih nggak bisa nabung? Coba sisihkan uang di celengan untuk menyelamatkanmu di akhir bulan!
By Nelson Simbolon - 18 December 2018
5 min read 40 Views
Masih ingat kapan terakhir kali nabung di celengan?
Masih ingat kapan terakhir kali nabung di celengan?

Ingatkah kamu kebiasaan menabung celengan di masa kecil? Ternyata menabung di celengan masih ampuh hingga kini. Apalagi jika akhir bulan kamu hanya punya sisa uang sedikit, dengan adanya tabungan di celengan akan membantumu merasa tenang jika ada dana darurat yang perlu dikeluarkan. Terutama bagi kamu yang masih nggak bisa nabung, celengan bisa jadi alternatif tepat. Berikut ini cara menabung uang di celengan yang efektif :

 

Bayar tabungan dan hutang dulu 

Ketika kamu duduk untuk membayar tagihan, buatlah tagihan pertama yang harus kamu bayar dari trasfer tabunganmu. Namun, perlu kamu tekankan pada dirimu bahwa alokasi utamamu hanya untuk membayar hutang kemudian sisanya ditabung ke dalam celengan. Jangan sekalipun kamu sisihkan untuk membeli barang yang hanya keinginan semata.

via GIPHY

Simpan daftar 30 hari untuk celengan

Sisihkan uang per harinya, misalnya saja Rp10.000 untuk mau masukkan ke dalam celengan. Kemudian, jika kamu memiliki dorongan untuk membeli sesuatu yang tidak benar-benar kamu butuhkan, letakkan dalam daftar 30 hari. Kamu tidak dapat membeli apa pun kecuali kebutuhan semua yang lain masuk dalam daftar, dengan tanggal yang ditambahkan ke daftar. 
Ketika 30 hari sudah habis, kamu dapat membelinya tetapi kemungkinan besar, dorongan kuat untuk membelinya akan hilang, dan kamu dapat mengevaluasinya dengan lebih tenang karena waktu tunggu 30 hari tersebut membuatmu berpikir bahwa membelanjakan uang dalam sekejap amat disayangkan jika bukanlah keperluan mendesak.

 

Catat di aplikasi

Kecanggihan teknologi membuat menabung di celengan lebih mudah. Kamu bisa menaruh uang yang sudah di tabung di celengan dan mencatatnya di aplikasi keuangan gratis.  Bila cara ini rutin dilakukan setiap bulannya, maka dengan mudahnya kamu bisa mengumpulkan uang ratusan ribu hingga jutaan setiap bulannya. Tentu saja membutuhkan keyakinan untuk konsisten menabung setiap harinya. Sehingga hal tersebut lama kelamaan menjadi sebuah kebiasaan yang baru untuk kamu.

via GIPHY

Buat daftar belanja dan biasakan membayar uang tunai

Buat daftar persis apa yang kamu butuhkan dan tempelkan. Jika kamu masuk dengan target yang ditetapkan, kamu cenderung tidak berkeliaran dan menelusuri yang mengarah untuk membeli barang-barang yang tidak kamu butuhkan. Penelitian menunjukkan bahwa ketika kamu membayar tunai, kamu cenderung membelanjakan lebih sedikit. Cobalah selama seminggu dan lihat bagaimana kamu melakukannya. 

 

Gunakan celengan dengan bijak

Selain menyisihkan sejumlah uang secara berkala ke dalam celengan, tak ada salahnya kamu menyimpan recehan seperti halnya ketika kamu di masa kecil dan buat komitmen untuk untuk secara berkala menyimpan uang recahan tersebut. Buatlah metode yang cocok sesuai denganmu. 

Dengan tips ini dan komitmen kuat, kamu akan terperangah dengan hasilnya. Menabung di celengan juga bisa membuatmu untung bahkan melebihi menabung di rekening bank jika kamu sungguh-sungguh dan disiplin.

 

Rekomendasi bacaan:

 

Sumber:

Tags: Menabung, Gaji, Investasi

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang