Register

careers

6 macam metode analisis data yang perlu diketahui

Tsalis Annisa

10 January 2021

macam-macam-metode-analisis-data-EKRUT.gif

Masa kini telah menuntun arus dan sumber informasi menjadi lebih dinamis berkat pertumbuhan tinggi di dunia penambangan data. Penambangan atau pengumpulan data tentu saja terkait dengan macam-macam metode analisis data, serta teknik hingga alat yang dapat digunakan untuk meningkatkan riset data.

Metode analisis data memang beragam dan bermacam-macam, namun tidak bisa digunakan sembarangan. Metode analisis data yang digunakan harus berdasarkan dengan tipe data yang telah kamu kumpulkan.  Tipe data sendiri umumnya dibagi menjadi dua jenis yaitu data kuantitatif dan data kualitatif.

Data kuantitatif biasanya berupa data yang berhubungan dengan angka atau kuantitas, sedangkan data kualitatif berupa data yang lebih subyektif karena berasal dari jawaban informasi survei atau wawancara. Berikut ini adalah macam-macam metode analisis data yang dapat digunakan dalam mempermudahmu untuk mengolah kedua data.

Metode analisis data kuantitatif

macam-macam metode analisis data EKRUT 
Metode analisis data kuantitatif bergantung pada kemampuan menghitung yang akurat - EKRUT

Metode analisis data kuantitatif bergantung pada kemampuan untuk dapat menghitung secara akurat. Tidak hanya itu, metode ini juga memerlukan kemampuan untuk menginterpretasikan data yang sulit.  

Beberapa metode analisis data yang dapat digunakan untuk jenis data ini adalah sebagai berikut. 

1. Analisis deskriptif

Analisis deskriptif dapat digunakan untuk mengolah data kuantitatif. Cara ini dulakukan untuk melihat performa data di masa lalu agar dapat mengambil kesimpulan dari hal tersebut. Metode ini mengedepankan deskripsi yag memungkinkan kamu untuk belajar dari hal lalu.

Biasanya, metode analisis jenis ini diaplikasikan pada data dengan volume yang sangat besar seperti data sensus misalnya.

 Analisis deskriptif memiliki dua proses yang berbeda di dalamnya berupa deskripsi dan interpretasi. Jenis metode ini biasa digunakan dalam menyajikan data statistik.

EKRUT contest - EKRUT

Baca juga: 5 Data analytics tools terbaik sesuai kebutuhanmu

2. Analisis regresi

Metode regresi adalah cara yang tepat untuk digunakan dalam membuat data prediksi dari tren masa depan. Metode ini dapat mengukur hubungan antara variabel dependen yang ingin kamu ukur dengan variabel independen. 

Meskipun cara ini membatasi kamu karena hanya dapat memuat satu variabel dependen, tetapi kamu dapat memiliki variabel independen yang tidak terbatas.

Metode ini baik dalam membantumu melihat hal yang dapat dioptimasi dengan menyoroti tren dan hubungan antar data faktor.

3. Analisis faktor 

Analisis faktor merupakan teknik analisis yang berdasarkan dari data analisis regresi. Metode ini digunakan untuk menemukan struktur pokok dari kumpulan variabel-variabel. 

Metode ini berjalan dengan mencari faktor independen dari variabel yang dapat mendeskripsikan pola dan metode dari variabel dependen orisinil.

Analisis faktor menjadi metode yang cukup ppuler untuk mengola topik kompleks seperti skala psikologis dan status sosio-ekonomi.

Baca juga: Ini perbedaan analisis dan visualisasi data yang perlu kamu tahu!

Metode analisis data kualitatif

macam-macam metode analisis data EKRUT 
Sementara data kualitatif memerlukan pendekatan yang lebih subyektif - EKRUT

Tidak seperti data kuantitatif, data kualitatif memerlukan pendekatan dari data yang sifatnya lebih subyektif. Namun, kamu tetap dapat melakukan ekstraksi data berguna dengan teknik analisis data yang berbeda-beda tergantung kebutuhan. 

Beberapa metode analisis yang dapat memenuhi kebutuhan data kualitatifmu adalah sebagai berikut. 

1. Analisis konten 

Metode ini membantu untuk memahami keseluruhan tema yang ada di dalam data kualitatif yang kamu miliki.

Metode ini menggunakan teknik seperti penggunaan kode warna tema dan ide tertentu untuk membantu mengurai data tekstual yang ada agar dapat menemukan rangkaian data yang paling umum.

2. Analisis naratif 

Jenis analisis satu ini berfokus pada cara bagaimana sebuah cerita dan ide dikomunikasikan ke seluruh bagian terkait. Metode ini juga membantumu untuk dapat lebih memahami kultur dari sebuah organisasi.

Analisis jenis ini dapat digunakan untuk menginterpretassi bagaimana perasaan karyawan terhadap pekerjaannya, bagaimana pelanggan menilai perusahaan kamu, dan bagaimana proses operasional dikerjakan.

Metode ini sanat berguna dalam mengembangkan kultur perusahaan ataupun membantu merencanakan strategi pemasaran

3. Analisis wacana

Macam-macam metode analisis data selanjutnya yakni analisis wacana. Sama seperti analisis naratif, analisis wacana juga digunakan untuk menganalisis interaksi dengan orang-orang.

Tapi, analisis ini berfokus pada konteks sosial dimana terjadi komunikasi antara peneliti dan responden terjadi. 

Nantinya analisis wacana juga akan melihat bagaimana lingkungan responden sehari-hari dan menggunakan informasi itu selama analisis terjadi. 

EKRUT contest - EKRUT

Baca juga: 6 macam metode analisis data yang perlu diketahui

Jadi, itu dia macam-macam metode analisis data berdasarkan jenis data yang diolahnya. Sekarang setelah mengetahui metodde metode di atas pasti kamu sudah tahu, kan, datamu harus digunakan dengan metode apa?

Selamat menerapkannya!

metode analisis data - EKRUT 
Last update 10 January 2021

Sumber: 

Tags

Share