Media

Kecanduan game ternyata gangguan mental lho!
By Widyanto Gunadi - 20 June 2018
31 Views

World Health Organization (WHO), setelah melalui banyak pertimbangan, menetapkan kecanduan bermain game sebagai gangguan mental. Organisasi kesehatan dunia ini bahkan, memasukkan kecanduan bermain game ke dalam daftar International Statistical Classification of Diseases (ICD). Simak penjelasannya di bawah ini.

 

Kecanduan game jadi gangguan mental

WHO menyebut ada tiga gejala seseorang dinyatakan kecanduan game. Pertama, orang tersebut tidak bisa mengendalikan kebiasaannya bermain game. Kedua, orang itu mulai memprioritaskan game di atas kegiatan lain. Ketiga, kebiasaan bermain game tetap terus dilakukan, meski ada dampak negatif yang mulai terlihat. Apabila ketiga gejala ini mulai nampak selama setidaknya satu tahun, maka perlu dilakukan penanganan khusus. Orang dengan gejala-gejala demikian sudah dapat dikategorikan kecanduan bermain game akut.

 

 

Game yang bersifat adiktif

WHO pun mengungkapkan, ada bermacam-macam jenis game yang bersifat adiktif. Seseorang bisa kecanduan bermain game jenis apapun, baik dimainkan sendiri atau bersama teman. Hal ini berlaku untuk game offline maupun online. Akan tetapi, tidak semua game dapat dikategorikan bersifat adiktif. Suatu game, baru dapat dikatakan adiktif apabila mengganggu kehidupan sosial, pendidikan, keluarga, dan pekerjaan seseorang.

 

 

Tanda-tanda kecanduan game

Apa saja tanda seseorang telah mulai kecanduan bermain game? Berikut ini beberapa indikasi yang bisa Anda cermati.

 

Tidak mempedulikan penampilan

Kesenangan bermain game yang berlebih dapat membuat seseorang lupa akan diri sendiri. Orang yang terlalu fokus bermain game bisa lupa mandi atau merawat diri. Ini tentu saja dapat menimbulkan masalah kesehatan bila terus dibiarkan.

 

Mengabaikan keluarga

Keluarga selalu yang terpenting dalam hidup seseorang. Apabila bermain game membuat seseorang melupakan keluarga, maka ini adalah tanda kecanduan. Video game seharusnya tak pernah lebih penting dari keluarga.

 

Melupakan sekolah dan pekerjaan

Pendidikan dan pekerjaan juga adalah hal penting dalam kehidupan seseorang. Tanpa keduanya, seseorang tak akan berhasil meraih kesuksesan. Bermain game hingga melupakan kedua hal ini merupakan tanda kecanduan serius.

 

Banyak menghabiskan uang untuk game

Setiap orang boleh saja memiliki hobi, termasuk mengkoleksi video game. Namun, jika hobi tersebut menyedot banyak pengeluaran dan justru menjadi pemborosan, maka perlu diwaspadai adanya kecanduan.

 


 
Langkah pencegahan kecanduan game

Kecanduan bermain game dapat dicegah dengan mengendalikan diri. Apabila pengendalian diri sulit dilakukan, maka mintalah bantuan orang lain untuk memberi peringatan. Selain itu, batasi jumlah pengeluaran uang untuk membeli game. Sembunyikan perangkat game dari pandangan mata. Pasang alarm untuk mengingatkan batas waktu bermain game. Lakukan itu semua untuk mengendalikan diri dalam bermain game, sehingga tak sampai kecanduan.

 

 

Jadi, jangan sampai Anda kecanduan bermain game ya! Sebab, kecanduan game ternyata masuk gangguan mental lho!

 

Rekomendasi bacaan:
Jadi software engineer tanpa gelar IT? Bisa kok!
Selamat tinggal liburan dan Yahoo Messenger
Anda product manager baru? Perhatikan 5 hal ini

 

Sumber:
kompas.com
levelskip.com
imom.com
psychologytoday.com

Tags: gangguan mental, WHO, kecanduan game, game

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang