Media

Coba cara mengatasi update windows 10 berikut ini biar kamu nggak jengkel lagi
By Maria Yuniar - 24 October 2018
4 min read 9889 Views

Microsoft menerapkan pengaturan update otomatis secara default di Windows 10. Tujuannya, tak lain untuk menjaga performa perangkat lunak, meminimalisir celah keamanan, serta memperbaiki bugs. 

Namun, tak jarang update software Windows dianggap cukup menjengkelkan, apalagi jika pembaruan terjadi saat Anda sedang menggunakannya untuk bekerja. Pasalnya, ketika sistem melakukan update, akan muncul notifikasi di layar bertuliskan "Getting Windows ready, don't turn off your computer". Instruksi tersebut meminta penguna untuk tidak mematikan perangkat hingga proses updating rampung. 

Sayangnya, terkadang proses updating mengalami macet dan berhenti pada persentase tertentu. Jika Anda sedang mengalami masalah tersebut, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. 

 

Restart Windows 10

Pada percobaan pertama, lakukan restart perangkat ketika muncul notifikasi "Getting Windows ready. don’t turn off your computer" di layar. Perangkat pun memulai ulang hingga akan muncul layar kunci (sign-in) seperti biasa. Setelah masuk, sebuah notifikasi pop-up akan muncul berbunyi "We couldn’t finish installing updates". Artinya, pemasangan update telah gagal, namun sistem masih berjalan normal. Perlu diketahui, proses restart hanya akan menggagalkan instalasi update, sehingga pembaruan akan muncul di lain waktu.

 

Perbaiki Windows Update dengan troubleshooter

Windows 10 Microsoft telah menyediakan aplikasi Windows Update troubleshooter untuk memperbaiki berbagai masalah umum yang ada pada Windows Update? Untuk menjalankan Windows Update troubleshooter, Anda hanya perlu membuka Control Panel, memilih Troubleshooting, klik View all, dan pilih Windows Update.

Setelah jendela Windows Update troubleshooter muncul, klik Next untuk memulai proses analisis. Jika semua langkah di atas dijalankan dengan benar, maka troubleshooter akan mulai memperbaiki gangguan pada Windows Update.

 

Bersihkan cache Windows Update

Jika Windows Update Anda tetap macet setelah mencoba dua cara di atas, cara terakhir untuk mengatasi Windows Update yang macet adalah dengan menghapus semua file cache yang dihasilkan oleh Windows Update. Caranya, masuk ke Command Prompt dan ketik “net stop wuauserv”, lalu tekan Enter, lalu ketik “net stop bits”, dan tekan Enter.

Selanjutnya, buka File Explorer dan cari “C:\Windows\SoftwareDistribution”. Pilih semua file dan folder di folder SoftwareDistribution, lalu pilih semua file dan folder yang ada di folder SoftwareDistribution (Anda juga dapat menggunakan pintasan Ctrl + A). Setelah itu, hapus semua file dan folder yang sudah dipilih tadi. Klik tombol Continue jika konfirmasi muncul.

Jika Ada beberapa file atau folder yang tidak dapat dihapus, restart komputer Anda terlebih dahulu lalu ulangi kembali langkah di atas. Buka Command Prompt kembali dan ketik perintah “net start wuauserv” dan tekan Enter, lalu ketik “net start bits” dan tekan Enter. Kemudian, restart komputer Anda dan jalankan Windows Update.

Selamat mencoba!

 

Rekomendasi bacaan:
Hindari kesalahan terbesar ini dalam karier
Kominfo ajak pengusaha Indonesia cetak unicorn
Mengapa karyawan terbaik akhirnya resign?

 

Sumber:
kompas.com
aplikasipc.com

Tags: update Windows 10, Windows 10, Windows

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang