Media

Ini lho, pengalaman berharga dari kantor pertama
By Maria Yuniar - 20 June 2018
157 Views

Saat memasuki hari pertama kerja, berbagai macam perasaan seperti senang, antusias, khawatir, takut, bahkan nervous sekalipun, bercampur aduk menjadi satu. Tentunya Anda juga membayangkan bagaimana lingkungan kerjanya, rekan-rekan dan atasan di kantor nantinya. Hal ini wajar terjadi pada fresh graduate di hari pertama bekerja. Namun, alangkah baiknya jika Anda tidak terus menerus cemas dan menebak-nebak. Sebab, ada berbagai pengalaman berharga dari kantor pertama Anda.

 

Kesempatan berkenalan dengan senior

Salah satu pengalaman berharga dari kantor pertama kesempatan untuk berkenalan dengan senior. Bahkan, dengan orang-orang penting di kantor. Misalnya, jika Anda bekerja di sebuah media. Anda memiliki  kesempatan besar untuk mengenal pemimpin redaksi dan dewan direksi. Dari mereka juga lah kelak Anda akan banyak belajar. 

 

 

Mendapatkan ilmu baru

Selain kesempatan mendapatkan kenalan, sebagai fresh graduate atau lulusan baru pengalaman berharga yang Anda dapatkan adalah ilmu baru. Dengan ilmu baru, Anda bisa meningkatkan keterampilan lho. Hal ini tentunya akan membuat CV Anda terlihat lebiih baik.

 

 

Memperbaiki kebiasaan

Membiasakan diri untuk menjadi terorganisir akan sangat bermanfaat di masa depan. Anda juga pasti dengan mudah dapat mengerjakan banyak tugas. Pekerjaan pertama Anda ini bisa membantu Anda menjadi orang yang lebih teratur. Misalnya, dulu Anda sangat buruk dalam hal manajemen waktu. Karena harus mengikuti ritme kerja di kantor, kehidupan Anda pun pasti akan lebih teratur. 

 

 

Menambah networking

Anda bahkan bisa mulai membangun networking di hari pertama kerja. Jangan lupa untuk melakukan update profil di setiap akun media sosial Anda, terutama LinkedIn. Sampaikan informasi mengenai perusahaan tempat Anda bekerja saat ini. Lho, memangnya ini penting?

Informasi ini akan menjadi sangat penting untuk jaringan baru di masa depan dan untuk terus menjalin hubungan dengan teman-teman lama Anda. Setiap kali bertemu dan berkenalan dengan orang baru, cobalah untuk terhubung dengan mereka di media sosial juga. Namun ingat, jangan sampai Anda melupakan para sahabat lama Anda. Mereka, jika memiliki akun di LinkedIn juga, nantinya berpotensi memberikan rekomendasi di medsos yang satu ini.

 

 

Nah, buat Anda yang masih fresh graduate atau lulusan baru dan pertama kali bekerja, jangan khawatir. Ada banyak pengalaman berharga di tempat kerja baru yang bisa dipelajari, dan tentunya akan menambah skill dan kompetensi Anda. 

 

Rekomendasi bacaan:
Tantangan e-commerce di Indonesia, logistik hingga karakter konsumen
Grab, magnet investasi Toyota, Hyundai, dan Alibaba
A-Z soal web developer

 

Sumber:
quora.com
popbela.com
rappler.com
urbanhire.com
detik.com

Tags: kantor pertama, kantor baru, lulusan baru, fresh graduates, fresh grads, fresh graduate

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang