Media

Ingin jadi workaholic yang tetap sehat dan bugar?
By Maria Yuniar - 4 October 2018
6 min read 90 Views
Photo by SJ Baren on Unsplash
Photo by SJ Baren on Unsplash

Bekerja memang jadi salah satu cara untuk mengembangkan dan memaksimalkan potensi diri. Apalagi buat orang yang baru memasuki usia produktifnya. Akan tetapi, dalam situasi tertentu, banyak orang jadi terobsesi dengan pekerjaannya sehingga rela kerja lembur setiap malam, bahkan di hari libur sekalipun. Orang seperti ini disebut gila kerja atau workaholic. Apakah kamu salah satunya? Jangan sampai semangat kerja membuat kesehatanmu terabaikan ya. Nah, buat kamu yang gila kerja tetapi ingin tetap sehat, ikuti tips berikut. (Baca juga: 6 tipe atasan dan cara menghadapinya)

 

Meski kamu workaholic, luangkan waktu untuk berolahraga

Hal pertama yang harus diingat seorang workaholic adalah sesibuk apapun pekerjaan, tetap harus ingat untuk menjaga kesehatan dengan berolahraga.  Olahraga tak hanya menjaga bentuk tubuh tetap ideal, tapi juga meringankan ketegangan otot dan merilekskan pikiran. Usahakan bangun lebih pagi untuk jogging atau lari. Sebaiknya kamu memiliki jadwal teratur untuk olahraga. Jadi, meskipun gila kerja, kamu akan tetap sehat dan bugar. (Baca juga: 10 pekerjaan incaran milenial lulusan baru)

 

Minum vitamin setiap hari

Kesibukkan seringkali membuatmu terlambat makan, sehingga tubuh mungkin kekurangan berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan. Mengkonsumsi vitamin setiap harinya secara teratur dapat membantumu memenuhi kebutuhan nutrisi penting yang diperlukan tubuh. Berkonsultasilah dengan dokter mengenai suplemen multivitamin yang sebaiknya kamu konsumsi. (Baca juga: Modal smartphone cukup buat 5 pekerjaan ini)

 

Minum air

Meskipun pekerjaan kantor menuntutmu untuk segera selesai, jangan sampai kamu melupakan asupan nutrisi yang harus masuk ke dalam tubuh. Caranya, dengan minum cukup air. Dengan demikian, tubuhmu akan dijauhkan dari berbagai gangguan kesehatan. Oleh sebab itu, paling tidak kita harus minum enam sampai delapan gelas air dalam satu hari.


Sumber: imgur.com

 

Meditasi

Sudah pernah mencoba meditasi? Cobalah berhenti beberapa menit dari pekerjaan dan tarik napas dalam-dalam. Saat beban pikiran menghadang, pahami, dan lanjutkan dengan meditasi. Cara ini baik untuk para workaholic, karena membuat pikiran rileks dan membantu meningkatkan konsentrasi.

 

Beristirahat sejenak

Kantor bukanlah tempat terbaik bagi tubuh dan pikiran. Keluarlah dari ruangan dan hiruplah udara segar di luar. Menikmati sinar matahari pagi juga bermanfaat bagi kesehatan kulit dan membantu proses pembentukan vitamin D di dalam tubuh. Namun, pastikan kamu tidak terpapar sinar matahari di antara pukul 10.00-16.00, karena bahaya radiasi sinar UV di jam-jam tersebut. Berjalan kaki di luar ruangan juga dapat membantu meningkatkan konsentrasimu dan membuat mood menjadi lebih baik.

 

Jadwalkan waktu liburan

Jika kamu mulai merasa lelah dan jenuh karena terus bekerja, maka berliburlah. Kamu tidak perlu pergi ke luar negeri atau luar kota untuk berlibur. Kamu dapat melakukan berbagai kegiatan yang disukai di rumah atau berpergian bersama keluarga atau teman-teman.

Bagaimana menurutmu? Dengan melakukan tips tersebut kamu akan menjadi workaholic yang tetap sehat.

 

Rekomendasi bacaan:
5 kesalahan dalam karier ini malah membuatmu sukses
Bagaimana cara membangun culture di divisi infrastruktur BBM?
5 pekerjaan online buat milenial, kamu tertarik?

 

Sumber:
idntimes.com
kompas.com
merdeka.com
dokter.id
detik.com
linisehat.com

Tags: kantor, karyawan, pekerjaan, workaholic

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang