Media

Hindari hal-hal ini saat memilih karier
By Maria Yuniar - 10 August 2018
3 min read 177 Views

Pilihanmu dalam berkarier akan berdampak pada masa depanmu. Oleh karena itu, memilih dan menyusun strategi untuk memetakan karier sifatnya penting. Tujuannya, agar kamu dapat bertahan lama di perusahaan dan mencintai pekerjaanmu. 

Tak sedikit orang yang menghadapi problematika dunia kerja. Nah, agar kamu tidak terjebak persoalan semacam ini, ada hal-hal yang perlu dihindari. Apa saja ya?

 

Andalkan saran pihak lain

Banyak orang berpikir mereka harus mendengarkan pendapat mengenai karier dari orang terdekat. Padahal pemikiran orang-orang terdekat sekali pun, belum tentu benar. Pastikan karier yang kamu pilih adalah sesuatu yang menyenangkan untuk dikerjakan sepanjang hari. Sebab, karier pilihanmu akan menjadi pekerjaan yang harus ditekuni dalam jangka waktu panjang.

 

'Mengekor' orang lain

Selain mengikuti semua saran orang dalam mengambil keputusan atau bertindak, mengikuti jejak orang lain juga merupakan kesalahan yang harus dihindari dalam memilih karier. Sesulit apa pun yang harus dilakukan, abaikan tekanan yang mungkin kamu rasakan untuk menyenangkan orang tua atau teman. Ingat, kamu berhak menentukan langkahmu sendiri. Belum tentu yang ideal di mata mereka, akan cocok denganmu. 

 

Mengutamakan uang

Gaji memang merupakan tujuan yang diharapkan seseorang saat bekerja. Namun, uang bukanlah awal dan akhir dari segalanya. Justru, hal yang paling penting adalah peran pekerjaan dalam meningkatkan kualitas hidup. Jika niatmu bekerja hanya tertuju pada uang, maka pekerjaanmu bisa kurang tertata.

 

Melupakan jati diri

Hal lain yang tidak boleh kamu lakukan saat memilih karier adalah melupakan jati diri. Sebenarnya, kamu bisa memilih pekerjaan yang cocok berdasarkan kepribadian, minat, bakat, dan nilai-nilai yang kamu pegang. Hal-hal tersebut sifatnya intrinsik. Artinya, kamu tidak bisa mengubahnya. Jika tidak memperhitungkannya, kamu bisa berakhir di pekerjaan yang tidak sesuai harapan.

 

Tidak memikirkan masa depan karier

Meskipun kamu tidak harus membuat pilihan semata-mata pada deretan daftar pekerjaan terbaik, mengabaikan masa depanmu adalah bentuk kecerobohan. Ada kemungkinan besar kamu tidak memiliki gambaran pasti dengan pekerjaan tersebut. Jadi, buatlah prediksi tentang prospek sebagian besar pekerjaan. Kamu harus mempertimbangkan potensi karier pekerjaan tersebut untuk jangka panjang.

Berbekal persiapan, pengalaman kerja dan mengenal kekuatan diri sendiri, kamu bisa membuat perencanaan karier yang matang. Untuk menemukan pekerjaan terbaik yang sesuai denganmu, bergabunglah di talent marketplace EKRUT. Sistem kurasi di sana yang berbasis algortime, memungkinkanmu mendapat pekerjaan yang sesuai dengan minat. Selain itu, kamu hanya perlu satu kali melengkapi data, untuk berbagai peluang dari ratusan perusahaan.

 

Rekomendasi bacaan:
Playable Ads, fitur Facebook untuk coba game
Gaji lebih tinggi tapi jadi makin stres, kamu rela?
Pertimbangkan hal-hal ini sebelum kuliah S2

 

Sumber:
thebalancecareers.com
liputan6.com
ilovelife.co.id
uangonline.com

Tags: gajji, perusahaan, karyawan, pekerjaan, karier

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang