Media

Gugup perkenalkan diri di hari pertama kerja?
By Maria Yuniar - 10 August 2018
3 min read 103 Views

Sebagai fresh graduate atau lulusan baru, bisa jadi kamu gugup di hari pertama kerja. Mungkin kamu akan memikirkan ini: respons rekan-rekan kerja, cara menghadapi senior hingga atasan. Tenang saja, kamu tidak sendirian. Banyak yang merasakan hal serupa. Untuk mengurangi rasa gugup di hari pertama, coba lakukan hal-hal ini.

 

Bangun lebih pagi

Jangan remehkan tips pertama ini. Sebab, memulai hari sebagai karyawan baru saja sudah cukup membuat gugup. Jadi, jangan menambah kepanikan dengan datang terlambat. Bangun lebih pagi, persiapkan semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan, kemudian berangkat lebih pagi. Memulai hari lebih awal akan membuat kamu lebih segar dan siap untuk bekerja.

 

Rapikan tempat kerja

Membuat diri kamu merasa nyaman di tempat kerja yang baru akan membantu mengatasi rasa gugup. Jadi, tata meja kerjamu dengan baik. Persiapkan peralatan yang kamu perlukan, tambahkan beberapa ornamen yang bisa menambah semangat.

 

Berkenalan dan keliling kantor

Di hari pertama, biasanya kamu belum tentu bertemu dengan semua orang di kantor. Jadi, jangan takut meminta diajak berkeliling dan berkenalan dengan rekan-rekan setiap divisi. Mungkin kamu tidak akan bisa mengingat nama semuanya di hari pertama. Tenang saja. Seiring berjalannya waktu, kamu pasti mampu mengingat nama-nama mereka semua.

 

Makan siang bersama

Berkumpul dan bergabung dengan orang-orang baru adalah hal lain yang bisa membuatmu gugup. Tanyakan saja pada karyawan lain mengenai rekomendasi tempat makan siang, atau ajak saja mereka makan siang bersama. Jangan merasa canggung. Waktu makan siang juga bisa digunakan untuk lebih mengenal setiap rekan kerjamu.

 

Pelajari struktur organisasi

Dengan mempelajari struktur organisasi, kamu akan mendapat gambaran yang jelas mengenai alur pekerjaan. Kenali atasanmu. Sebab, dia yang akan melakukan supervisi terhadap pekerjaanmu nanti. Cari tahu juga rekan-rekan yang satu level denganmu, terutama di divisi yang sama. Mereka bisa kamu ajak diskusi jika kamu mengalami kendala dalam pekerjaan.

Bila kesulitan menemukan struktur organisasi perusahaan, kamu bisa memintanya dari rekan-rekan di divisi sumber daya manusia (HRD). Dengan begitu, kamu bisa mengetahui mereka yang akan bekerja bersamamu. 

 

Bersosialisasi

Tanyakan kepada atasan, siapa yang akan paling sering berinteraksi dengan kamu. Siapkan diri untuk menghadapi berbagai pertanyaan dari rekan-rekan dan atasan. Apalagi, kamu merupakan karyawan baru. Tak ada salahnya kamu menyempatkan diri berbincang ringan mereka. Tentunya, saat sedang tidak sibuk ya. Sebagai langkah awal sembari mengenali semua orang di kantor, kamu bisa melempar senyuman dan sapaan.

Nah, sudah siap untuk singkirkan rasa gugup di hari pertama kerja? 

 

Rekomendasi bacaan:
Gaji lebih tinggi tapi jadi makin stres, kamu rela?
Pertimbangkan hal-hal ini sebelum kuliah S2
Apple akan hentikan penjualan aplikasi dari pihak ketiga

 

Sumber:
thebalancecareers.com
qerja.com
merdeka.com
popbela.com

Tags: atasan, karyawan, pekerjaan, kantor pertama, kantor baru, lulusan baru, fresh graduates, fresh grads, fresh graduate

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang