Register

careers

8 Contoh soft skill untuk profesional muda

Nur Lella Junaedi

21 November 2020

contoh-soft-skill-EKRUT.jpg

Saat ini perusahaan merekrut karyawan tidak hanya mempertimbangkan hard skill tetapi juga soft skill.

Bila hard skill lebih merujuk kepada kemampuan untuk melakukan tugas tertentu, maka soft skill adalah tentang atribut dan ciri kepribadian seseorang yang memengaruhi hubungan di tempat kerja.

Lantas apa saja contoh soft skill yang dapat bermanfaat bagi perkembangan karier tersebut? Simak penjelasannya lebih lanjut. 

1. Skill komunikasi

Contoh soft skill EKRUT 
Kemampuan komunikasi menjadi salah satu contoh soft skill - EKRUT

Komunikasi merupakan contoh soft skill yang harus kamu miliki. Sebab dalam bekerja tentu kamu tidak sendirian. Kamu perlu menjalin dan menjaga komunikasi dengan tim, klien hingga partner bisnis kamu.

Kemampuan komunikasi juga diperlukan saat kamu membuat presentasi di hadapan atasan atau klien. Tanpa soft skill komunikasi yang baik, tentu pesan yang kamu utarakan tidak akan tersampaikan dengan baik pula kepada mereka.

Sepaket dengan kemampuan komunikasi tersebut, kamu juga harus bisa menjadi pendengar yang baik.
Dengan memahami pesan yang disampaikan lawan bicaramu, kamu bisa memberikan respon yang tepat. Jadi, usahakan kamu memiliki keduanya ya!

Baca juga: 7 Cara meningkatkan kemampuan komunikasi demi kemajuan karier

2. Berpikir kritis

Contoh soft skill EKRUT 
Karyawan juga perlu memiliki bakat menganalisa data - EKRUT

Contoh soft skill lainnya yang perlu kamu miliki selain komunikasi adalah berpikir kritis. Pasalnya sekarang ini banyak perekrut mencari karyawan yang mampu membuat laporan dengan cara menganalisa.

Mengolah berbagai macam data dan hipotesa untuk memberikan informasi yang bermanfaat untuk kemajuan perusahaan.

Seperti beberapa pekerjaan sebagai data analisis, marketing analis, analis keuangan, dan sebagainya. Kamu juga harus tahu bila berpikir kritis ini juga tidak dapat berdiri sendiri. 

Tanpa adanya daya nalar yang tajam dan rasa penasaran yang cukup besar, nampak sulit bagimu untuk bisa memiliki soft skill ini. 

3. Kepemimpinan

Contoh soft skill EKRUT 
Biasanya orang yang memiliki bakat kepemimpinan alami mampu memberikan inspirasi dan mempengaruhi orang lain - EKRUT

Untuk memiliki soft skill kepemimpinan ini, kamu tidak harus menjadi seorang manajer dulu lho. Sejak masih menjadi karyawan pun kamu bisa mengidentifikasi apakah kamu memiliki bakat ini atau tidak.

Nah, biasanya orang yang memiliki bakat kepemimpian yang alami mampu memberikan inspirasi, memengaruhi orang lain dan menggerakkan seseorang atau tim menuju kesuksesan bersama.

Bersamaan dengan sikap itu pula, tentunya kamu juga harus memiliki sikap percaya diri.Sebab tanpa mempercayai diri sendiri, bagaimana nanti kamu dapat mempercayai timmu?

4. Teamwork

Contoh soft skill EKRUT 
Keterampilan teamwork jadi salah satu soft skill juga harus kamu asah - EKRUT

Sama pentingnya dengan soft skill di atas, keterampilan untuk dapat bekerja dalam tim adalah contoh soft skill yang juga perlu kamu asah.

Dengan kemampuan teamwork, kamu menunjukan kepada orang lain bahwa kamu dapat bekerja dengan orang lain di ruang lingkup profesional.

Persis seperti kemampuan kepemimpinan, contoh kemampuan profesional ini juga membutuhkan kepercayaan dari tim satu sama lain.

Beberapa sikap penunjang lainnya adalah dapat bekerja sama, mau menerima ide dan saran dari orang lain. 

Baca juga: Tips kerjasama tim untuk kamu yang introvert

5. Etos Kerja 

contoh soft skill EKRUT 
Contoh soft skill lainnya yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan yakni etos kerja - EKRUT

Pengusaha banyak mencari kandidat dengan etos kerja yang kuat. Biasaya kandidat seperti ini mereka akan fokus, bekerja tepat waktu, teratur dan menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan tenggat yang ada. 

Mereka mampu mengatur waktu mereka dengan baik untuk bekerja secara menyeluruh. Meskipun mereka bekerja secara mandiri atau mengikuti instruksi yang diberikan.

6. Integritas

contoh soft skill EKRUT
 Karyawan yang berintegritas akan menciptakan lingkungan kerja yang positif - EKRUT

Contoh soft skill lainnya yang perlu dimiliki oleh seorang karyawan yakni sikap integritas. Integritas sendiri adalah sekumpulan nilai yang membuat kamu bisa diandalkan, bisa dipercaya, jujur, sehingga bisa melakukan hal yang benar dalam setiap situasi. 

Beberapa alasan pentingnya integritas di tempat kerja adalah bisa menciptakan lingkungan kerja yang positif. Sehingga membuat karyawan ingin berkontribusi bagi kesuksesan perusahaan. 

Selain itu, sikap ini juga bisa memotivasi karyawan, menumbuhkan empati dan simpati dalam kehidupan pekerjaan.  

7. Kreatif

Contoh soft skill EKRUT 
Keterampilan kreatif menjadi salah satu skill yang banyak dicari - EKRUT

Tahukah kamu bahwa sikap kreatif menjadi salah satu skill yang banyak dicari oleh perusahaan pada 2020? Pasalnya sekarang ini banyak robot yang perlahan menggeser profesi manusia. 

Oleh karena itu, kamu memerlukan soft skill kreativitasf ini.Dengan memiliki kreativitas kamu dapat membuat dan menerapkan ide-ide baru yang  membuat perusahaan dapat berkembang. 

8. Emotional intelligence 

contoh soft skill - EKRUT
Kecerdasan emosional seseorang dapat dilatih seiring waktu - EKRUT

Kecerdasan emosional atau emotional intelligence adalah kemampuan untuk memahami, mengevaluasi serta merespon emosi diri sendiri dan orang lain. 

Skill ini menjadi salah satu contoh soft skill yang paling dicari perusahan saat ini. Pasalnya, karyawan dengan emotional intelligence dianggap memiliki produktifitas kerja yang tinggi dan  mampu berkontribusi pada perusahaan karena mereka selalu memiliki kesadaran untuk bekerja keras, terbuka  pada kitik, serta selalu berusaha memperbaiki diri.

Karyawan yang memiliki kecerdasan emosional juga dicari karena mampu menunjang lingkungan kerja yang positif. 

Cara mengembangkan soft skill

Contoh soft skill EKRUT
 
Setelah kamu mengetahui contoh soft skill, kamu pun harus mengetahui cara mengembangkan soft skill - EKRUT

Setelah kamu mengetahui contoh soft skill yang diperlukan oleh karyawan, kini kamu perlu juga untuk mengetahui cara mengembangkan soft skill tersebut.

  • Lihat dan tiru soft skill yang positif dari orang lain. Tidak menutup kemungkinan orang lain memiliki kecakapan soft skill yang lebih baik darimu. Setelah menemukan sosok tersebut, coba amati kebiasan positif darinya dan aplikasikan dengan soft skill yang kamu miliki.
  • Belajar dari berbagai literatur seperti buku, podcast, atau kelas online. Dari berbagai literatur itu kamu akan menemukan dari sumber mana sebaiknya kamu belajar mengasah soft skill.
  • Targetkan soft skill yang mau untuk ditingkatkan. Ini adalah upaya lain dari cara mengembangkan soft skill. Untuk mengetahui sasaran peningkatan soft skill kamu, bacalah ulasan kinerja atau minta kritik membangun dari rekan kerja.Dengan cara ini kamu bisa mengetahui kelemahan dan kekuatan dari soft skill yang kamu miliki.
  • Berlatih terus. Kemampuan soft skill tidak akan muncul begitu saja. Kamu perlu untuk melatihnya secara terus menerus. Contoh kamu ingin meningkatkan soft skill ketepatan waktu, maka kamu harus berlatih untuk  datang lebih pagi, mengerjakan pekerjaan sebelum tenggat waktu dan sebagainya.

Baca juga: Perbedaan hard skill dan soft skill, ini yang perlu kamu ketahui

Itulah contoh soft skill dan cara mengembangkan soft skill bagi karyawan dengan efektif. Mulailah mengasah soft skill yang kamu miliki karena hal tersebut akan memberikan banyak manfaat bagi perkembangan kariermu di kemudian hari. 

contoh soft skill EKRUT 
Last update 21 November 2020

Sumber: 

Tags

Share