Register

careers

11 Skills yang dibutuhkan oleh marketing di tahun 2020

Tsalis Annisa

28 August 2020

skill-yang-dibutuhkan-marketing-EKRUT.jpg

Perusahaan nampaknya kesulitan mengimbangi peran marketing yang begitu dinamis di dunia kerja sekarang ini. Pasalnya, skill marketing yang dibutuhkan oleh perusahaan justru menjadi yang cukup sulit dicari.

Perusahaan kerap mencari talent marketing yang memiliki pengetahuan luas akan berbagai bidang. Hal tersebut tak sejalan dengan konsep konvensional yang meminta seseorang untuk ahli dalam suatu bidang tertentu saja.

Maka dari itu, agar menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, berikut adalah beberapa skill yang dibutuhkan marketing dan perlu kamu miliki. Tidak perlu terlalu mendalam, tapi cobalah cukup mahir pada beberapa di antaranya.

6 Hard skills yang dibutuhkan oleh seorang marketer

skill yang dibutuhkan marketer - EKRUT
Menguasai skill marketing terkini akan membuatmu unggul dibanding kandidat lainnya - EKRUT

Sebagai seorang pencari kerja, kamu perlu memiliki beberapa skill berikut agar dilirik oleh perusahaan:

Kemampuan Analisis

Seseorang yang dapat menerjemahkan data menjadi suatu strategi tentu sangat dibutuhkan. Strategi tersebut dapat digunakan untuk menilai perilaku pembeli, menghitung laba bersih, hingga menilai kinerja taktik yang sudah dilakukan.

Menciptakan Konten

Kamu perlu strategi untuk dapat menciptakan konten yang menarik. Perusahaan mencari seseorang yang dapat menjelaskan suatu tujuan dengan baik, menggunakan SEO dan membuat suatu detail cerita sebaik mungkin. Hal ini tentu penting untuk menghasilkan promosi yang menarik bagi pembeli.

Media Sosial

Media sosial tidak hanya penting untuk membangun citra suatu produk, namun juga sebagai wadah di mana pelanggan dapat berinteraksi dengan perusahaan. Dari sini juga, seorang marketer dapat melakukan survei pasar yang membantu perusahaan menentukan keputusan terbaik. Jadi, penting bagi kamu untuk memahami cara kerja dan tren terbaru media sosial

E-Commerce

Sistem perdagangan digital sudah melampaui perdagangan tradisional. Maka dari itu, keduanya perlu saling terkoneksi dengan baik.

Seorang marketer harus dapat menggunakan keinginan pelanggan, iklan, media sosial, dan segala platform lainnya untuk dapat menggali lebih dalam tentang sistem penjualan terbaik sehingga bisa menambah kas perusahaan.

Video Marketing 

Video merupakan saluran marketing yang paling berkembang dan diprediksi akan terus populer hingga 2020 nanti. Hal ini telah dibuktikan lewat beberapa data statistik di sepanjang 2019 lalu.

Sebanyak 84 persen marketer mengaku video telah membantu meningkatkan traffic ke situs mereka. Sementara 69% orang mengaku suka belajar mengenai produk dan layanan dengan menonton video pendek. Hal tersebut membuat semakin banyak bisnis yang memanfaatkan video dalam strategi pemasarannya. 

Itu sebabnya memiliki kemampuan di seputar produksi video marketing akan sangat membantu marketer dalam melakukan strategi pemasaran di tahun 2020 ini. Agar kamu semakin paham dengan video marketing, berikut adalah informasi seputar video marketing dan cara membuatnya

SEO dan SEM 

Skill yang dibutuhkan marketing lainnya di tahun 2020 ini adalah terkait SEO dan SEM. Ini karena tiap hari pengguna hampir selalu menggunakan mesin pencarian. 

Search Engine Marketing (SEM) adalah bentuk pemasaran di internet dengan cara meningkatkan visibilitas situs di halaman pencarian. Ini dapat mencakup menggunakan iklan berbayar atau organik. 

Sementara Search Engine Optimization (SEO) adalah proses optimasi segala aspek di dalam situs agar memiliki peringkat baik di mesin pencarian. Menguasai keterampilan di bidang SEO pada tahun 2020 ini juga meliputi pengetahuan mengenai tren pencarian suara melalui asisten virtual. 

Baca juga: 7 social media tools terpercaya dan cocok untuk marketing konten

5 Soft skills yang dibutuhkan oleh seorang marketer

skill yang dibutuhkan marketing - EKRUT
Seorang Marketer sebaiknya memiliki kemampuan analisis, dan berkomunikasi dengan baik - EKRUT

Tak hanya hard skill, saat melamar posisi di divisi marketing, soft skill berikut juga perlu kamu miliki:

Kreatif

Marketing bisa menjelajahi segala bidang. Maka dari itu, seorang marketer perlu menjadi seorang yang kreatif agar dapat memberi ide-ide segar dalam promosinya. Ide tersebut yang akan digunakan sebagai solusi bagi pelanggan maupun perusahaan.

Kemampuan beradaptasi

Selain memiliki pemikiran kreatif, seorang marketer juga perlu memiliki kemampuan untuk mudah beradaptasi. Sehingga kamu dapat mudah beradaptasi dengan tantangan baru, begitu pula dengan rencana baru. Tentunya, dengan semangat dan tekad yang selalu kuat.

Kemampuan berkomunikasi

Kemampuan ini dapat memperlancar komunikasimu dengan pengguna atau audience. Karena selain bertugas membangun citra perusahaan, kamu juga berperan dalam menjembatani pengguna dengan perusahaan.

Jiwa kepemimpinan

Memimpin bukan hanya soal menjadi bos. Seorang marketer juga perlu menjadi panduan bagi rekan kerja baik itu tentang nasihat maupun inovasi. Mulai dari menginspirasi rekan-rekan kerjanya, ia pun diharapkan dapat menjadi petunjuk untuk para pelanggan nantinya.

Empati 

Empati menjadi salah satu soft skill yang dibutuhkan para marketer andal. Pasalnya, dengan menempatkan diri pada posisi pelanggan dan melihat dari sudut pandang mereka akan banyak membantu marketer dalam memahami kebutuhan pelanggan dan menciptakan strategi pemasaran yang bermakna. 

Baca juga: Panduan kerja: 100 hari pertama sebagai Digital Marketing Manager

Menjadi seorang marketer ternyata bukanlah hal yang mudah. Kamu perlu kreatif untuk menciptakan konten yang menarik. Kamu perlu membuat sesuatu yang biasa menjadi luar biasa. Tak hanya itu, kamu pun harus berwawasan luas, dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar tujuan perusahaan dapat tercapai.

Guna memperdalam kemampuanmu, cobalah untuk bergabung ke dalam komunitas marketing. Dengan begini, selain dapat menambah jaringan, kamu juga bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai hard skill dan soft skill yang dibutuhkan marketing.

Nah, bila kamu memiliki kriteria tersebut, namun tetap merasa sulit menemukan pekerjaan yang cocok, tidak ada salahnya untuk juga mendaftarkan diri di situs talent marketplace. Dengan begitu, kamu dapat lebih mudah bertemu dengan perusahaan yang cocok.

Skills marketing - EKRUT
Last updated: 28 August 2020

Sumber:

Tags

Share