Register

careers

5 Cara menonjolkan skill untuk melamar kerja

Maria Tri Handayani

20 November 2020

Cara-menonjolkan-skill-untuk-melamar-kerja---EKRUT.jpg

Tidak hanya latar belakang pendidikan atau pengalaman kerja, biasanya perusahaan atau recruiter akan mencari kandidat yang benar-benar menguasai skills tertentu.
 Itu sebabnya penting agar selama proses melamar kerja kamu dapat menonjolkan kualitas skills yang kamu miliki. Bagaimana caranya?

Berikut beberapa cara menonjolkan skill untuk melamar kerja yang bisa kamu coba terapkan.

1. Pilih skills yang relevan 

Cara menonjolkan skill untuk melamar kerja - EKRUT
Pilihlah skill yang relevan dengan pengalaman dan pekerjaan yang ingin dilamar - EKRUT

Saat membuat CV, cover letter atau membuat profil di situs-situs pencarian kerja pastikan kamu menunjukkan skill yang kamu kuasai dengan benar. 

Pilihlah keterampilan baik keterampilan teknis, soft skill atau transferable skills  yang paling relevan dengan lowongan pekerjaan yang ingin kamu lamar. Untuk mengidentifikasi keterampilan yang relevan dengan apa yang dicari recruiter cobalah untuk melihat kembali deskripsi pekerjaan yang ada. 

Baca juga: 11 Skill yang dibutuhkan tahun 2020 ini wajib kamu kuasai

2. Selipkan dalam deskripsi pencapaian atau deskripsi kerja

Cara menonjolkan skill untuk melamar kerja - EKRUT
Berikan contoh skills dalam pencapaian kerja - EKRUT

Tidak harus selalu menuliskan daftar skills yang kamu kuasai dalam bentuk poin per poin, kamu juga bisa menyelipkan skills yang kamu kuasai dalam bagian deskripsi  kerja atau achievement yang kamu cantumkan.

Misalnya, alih-alih hanya menulis poin leadership pada bagian skill yang kamu kuasai,  kamu juga bisa menunjukkan skill ini dengan menyelipkannya pada bagian deskripsi pekerjaan seperti berikut "Lead a team of 5 sales representatives who generated 25% of total sales revenue".

Cara ini sangat berguna jika kamu ingin menonjolkan soft skill untuk melamar kerja. 

3. Siapkan portofolio

Cara menonjolkan skill untuk melamar kerja - EKRUT
Portofolio bisa menjadi sarana untuk menunjukkan skills kamu - EKRUT

Portofolio adalah cara lain menonjolkan skill untuk melamar kerja. Kamu bisa menonjolkan skills pada  portofolio kamu misalnya dengan menambahkan ikon yang menggambarkan kemampuan teknis kamu dalam menggunakan tools tertentu, atau dengan menambahkan narasi pada setiap proyek yang berhasil kamu kerjakan. 

Narasi tersebut dapat menjelaskan tantangan atau cara kamu menyelesaikan proyek tersebut. Misalnya, jika kamu membuat portofolio desain grafis kamu bisa menjelaskan proses kreatif di balik proyek yang kamu kerjakan. Dari sini recruiter bisa melihat skill kreativitas yang kamu miliki. 

4. Jawab pertanyaan interview dengan efektif

Cara menonjolkan skill untuk melamar kerja - EKRUT
Gunakan contoh kasus untuk menggambarkan skills yang kamu kuasai - EKRUT

Tidak hanya melalui CV, cover letter atau portofolio, kamu juga bisa menonjolkan skill pada saat interview kerja. Pasalnya, dalam interview kerja terkadang recruiter memberikan pertanyaan dalam bentuk contoh situasi kepada kandidat untuk mengevaluasi penerapan skill kandidat secara jelas dan nyata. 

Itu sebabnya jadikan interview kerja sebagai kesempatan ini untuk semakin menonjolkan skill kamu kepada recruiter ya.

Misalnya, kamu bisa menonjolkan skills problem solving dan teamwork saat menjawab pertanyaan recruiter mengenai pengalaman kamu ketika menemukan kendala dalam sebuah proyek yang dikerjakan bersama tim kamu. 

Baca juga: 6 Cara interview kerja yang baik agar bisa diterima

5. Tunjukkan skills yang teruji

Cara menonjolkan skill untuk melamar kerja - EKRUT
Skill yang teruji menjadi daya tarik yang menunjukkan kamu sebagai kandidat yang potensial - EKRUT

Untuk meyakinkan recruiter terhadap kualitas skills yang kamu kuasai, tidak ada salahnya bila kamu mengambil sertifikasi tertentu, seperti dari kursus online atau pelatihan kerja sebagai tanda kamu memiliki skills yang teruji.

Selain cara-cara ini kamu juga bisa menunjukkan skills yang teruji pada recruiter dengan mengikuti EKRUT Contest. Sebab, dengan mengikuti dan memenangkan EKRUT Contest kamu bisa mendapatkan badge khusus yang ditambahkan pada profil EKRUT kamu. 

Badge inilah yang menjadi tanda bahwa skill kamu tersebut sudah teruji dalam EKRUT Contest. Dengan begitu, profil EKRUT kamu akan lebih terlihat menonjol dibanding kandidat lainnya dan kamu pun membuka peluang mendapatkan undangan interview kerja yang lebih banyak lagi.

Pasalnya, banyak perusahaan di EKRUT mencari kandidat yang sudah terbukti menguasai skillset yang diuji dalam setiap EKRUT Contest tersebut. Itu sebabnya jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti EKRUT Contest yang diadakan secara rutin ini. Untuk info lebih lengkap mengenai jadwal dan cara mengikuti EKRUT Contest silahkan lihat di artikel berikut.

Itu dia beberapa cara menonjolkan skill untuk melamar kerja yang bisa kamu coba lakukan dari sekarang. Semakin kamu mampu menonjolkan skills dengan tepat, maka semakin bertambah pula peluang kamu dilirik oleh recruiter dari perusahaan impian. 

 

 

EKRUT Contest

Sumber:

Tags

Share