Media

Bonus akhir tahun di depan mata, berfoya-foya atau nabung aja?
By Nelson Simbolon - 14 December 2018
6 min read 21 Views

Liburan akhir tahun semakin dekat, bonus akhir tahun pun sebentar lagi mengalir ke rekening kamu. Tak dapat dipungkiri, pasti senang rasanya dan tak sabar untuk menggunakannya untuk bersenang-senang. Berbagai rencana mau beli ini dan itu terus berputar di kepala seolah menggoda.

 
Eitsssss, tapi tunggu sebentar, benarkah kamu ingin menghabiskan bonus akhir tahun untuk berfoya-foya semata atau lebih baik untuk nabung aja? Biar nggak salah mengambil langkah, berikut ini pertimbangannya.

 

Pilih untuk bersenang-senang atau investasi?

Adakalanya memang kita perlu liburan atau membelanjakan uang untuk diri sendiri setelah bersusah payah mengumpulkannya. Tetapi, tentunya hal itu perlu dipertimbangkan kembali. Bonus akhir tahun yang kamu terima tentunya juga sangat disayangkan jika kamu habiskan untuk berfoya-foya.  

Menurut pendiri perusahaan perencanaan keuangan Your Richest Life Katie Brewer mengatakan, sebaiknya kita membuat perencanaan untuk uang bonus liburan ini. Kita perlu menyisihkan 80 persen dari bonus akhir tahunmu untuk dana membayar utang, menambah tabungan, dan menyiapkan dana pensiun. Sementara, 20 persen sisanya baru bisa menjadi dana untuk bersenang-senang. 

Sangat mudah untuk memikirkan selusin penggunaan untuk dana bersenang-senang kita Namun, untuk 80 persen dana serius ini harus dedikasikan kepada hal yang tepat. Daripada menganggap bonus sebagai 'uang tambahan' yang berada di luar pendapatan biasanya dan karena itu dapat digunakan secara bebas, lebih bijak jika kamu menginvestasikan bonus tersebut. Dengan demikian tidak hanya akan mengurangi stres, tetapi juga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih lagi.

 

Rekomendasi alokasi bonus akhir tahun

Setelah mengalokasi 20% untuk berfoya-foya atau liburan akhir tahun, bonus akhir tahun yang kamu terima bisa dialokasikan untuk berbagai hal yang lebih penting. Jadi, kamu tak hanya dihabiskan untuk berfoya-foya tapi juga mengaturnya agar mampu menjadi lebih bermanfaat bagi masa mendatang. Berikut ini beberapa rekomendasi alokasi bonus akhir tahun :

1. Untuk membayar hutang

Setelah menerima bonus akhir tahun dari perusahaan, cobalah ingat-ingat apakah kamu punya hutang perlu dibereskan? Alokasikan bonus akhir tahunmu untuk membayar hutang, segera bayar biar hidupmu lebih tentram. Selain membayar hutang perorangan, bonus akhir tahun alangkah baiknya juga digunakan untuk membereskan hutang kartu kredit. Jadi kalau kalau hutang kamu udah beres, kondisi keuangan kamu udah bisa membaik lagi tahun ini.

2. Mulailah berinvestasi

Menggunakan bonus akhir tahun dari perusahaan untuk investasi? Wah, itu pilihan yang tepat. Investasi bisa mulai dicoba dengan membeli emas batangan, saham, deposito, atau reksadana. Buat kamu yang sudah punya investasi bisa menginvestasi bonus akhir tahun untuk nambah portofolio. Tapi, bagi kamu yang masih pemula disarankan pilih investasi reksadana terlebih dahulu. Karena untungnya lumayan dan risikonya relatif kecil. 

3. Untuk bayar Down Payment (DP) cicilan aset produktif

Bonus akhir tahun juga bisa dimanfaatkan untuk yang berencana beli aset produktif seperti rumah atau tanah. Kamu bisa pakai bonus tersebut buat nambah-nambah uang muka cicilan. Misalnya, kamu berencana mencicil rumah seharga Rp 300 juta. Uang muka atau DP yang harus dibayarkan sekitar Rp 50 juta.  Sedangkan kamu baru punya uang untuk uang muka Rp 40 juta. Karena kamu dapat bonus akhir tahun dari perusahaan sebesar Rp 10 juta, tentu bisa dong dimanfaatkan untuk menambah uang muka atau DP tersebut.

4. Membayar keperluan pendidikan anak

Jika kamu sudah berkeluarga dan memiliki anak, tentunya biaya pendidikan perlu menjadi perhatian utama. Bonus akhir tahun yang kamu terima bisa kamu gunakan untuk membeli seragam baru, buku baru, tas baru, hingga sepatu baru. Hal ini tentu lebih bermanfaat daripada dihabiskan buat keperluan senang-senang saja.

5. Modal usaha sampingan

Selain lewat investasi, mengembangbiakkan uang bisa juga dilakukan dengan membuka bisnis. Kamu bisa buka bisnis sampingan di rumah dengan modal dari bonus akhir tahun. Banyak kok bisnis rumahan yang bisa dilakukan dengan modal minim, katakanlah Rp 1 juta. Modal tidak terlalu besar, risiko kecil, tapi potensi untung lumayan besar lho.
Nah, itulah beberapa rekomendasi bonus akhir tahun kamu. Kalau kamu punya ide lain selagi itu membawa manfaat, boleh dicoba juga. Selagi bukan hanya untuk berfoya-foya semata. 

Rekomendasi bacaan:

 

Sumber:

Tags: bonus, gaji, karier

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang