Media

Apa sih tandanya kamu cocok dengan pekerjaanmu?
By Maria Yuniar - 5 October 2018
4 min read 128 Views
Photo by Štefan Štefančík on Unsplash
Photo by Štefan Štefančík on Unsplash

Sudah berapa lama kamu menjalani pekerjaanmu saat ini? Apakah kamu memang menikmatinya atau hanya sekadar bekerja demi penghasilan? Padahal jika memang tidak cocok, pekerjaan ini tentunya akan menyiksamu. Lantas, bagaimana kamu tahu bahwa suatu pekerjaan memang cocok dengan karakteristik dan cita-citamu? Berikut ini enam tanda yang memperlihatkan adanya kecocokanmu dengan pekerjaanmu. (Baca juga: Pilih mana, pekerjaan baru atau promosi kerja?)

 

Selalu termotivasi dengan pekerjaan sehari-hari

Jika kamu tetap senang duduk dan mengerjakan sederetan tugas tanpa merasa lelah, kamu memang cocok dengan pekerjaanmu. Kamu pun akan merasa semangat jika menerima berbagai proyek maupun tugas baru. Sebab, kamu yakin bisa memberikan kontribusi bagi perusahaan. Tak jarang, kamu kelewat asyik bekerja tanpa mengelih, bahkan sampai lupa waktu. (Baca juga: 10 pekerjaan incaran milenial lulusan baru)

 

Mempercayai naluri

Pernahkah kamu berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan dan puas dengan hasilnya? Selanjutnya, kamu termotivasi untuk mengambil suatu inisiatif dalam meningkatkan performa kerja. Yang terjadi kemudian, kamu bisa mempercayai nalurimu saat harus mengambil keputusan yang sulit dalam pekerjaanmu. Jika kamu nyaman dengan kondisi ini dan bisa tumbuh di luar zona nyaman, maka pekerjaanmu saat ini memang pas buatmu. (Baca juga: Modal smartphone cukup buat 5 pekerjaan ini)


Sumber: memesbams.com

 

Fokus pada potensi diri sendiri

Mungkin sulit untuk mengenali dan mengidentifikasi kekuatan dan bakatmu sendiri. Kita pun cenderung terus berusaha memperbaiki kekurangan kita, daripada berfokus pada bakat alami kita, maupun memaksimalkan potensi kita. Saat menemukan pekerjaan yang tepat, kamu akan merasa diberi energi oleh pekerjaan yang kamu lakukan karena hal ini memberimu kekuatan. Sebaliknya, di pekerjaan yang tidak cocok, kamu mati-matian mengasah keterampilan di luar kemampuanmu.

 

Terus berkembang

Ketika berada di pekerjaan yang tepat, kamu akan merasa terinspirasi untuk belajar lebih banyak dan mendorong diri untuk tumbuh. Meskipun perusahaan dapat menawarkan peluang pengembangan karier tertentu, pada akhirnya kamu akan bertanggung jawab atas pertumbuhan kariermu sendiri. Saat kamu bahagia menjalani sebuah pekerjaan, maka peluangmu untuk mengalami perkembangan dalam berkarier pun semakin besar.

 

Memiliki tujuan karier yang jelas

Tahukah kamu, saat seorang karyawan melihat pekerjaannya berdampak besar bagi kehidupan sosial, maka tingkat loyalitasn dan dedikasinya semakin tinggi. Oleh karena itu, generasi muda saat ini lebih mementingkan kepuasan intrinsik dibandingkan kompensasi eksternal dari pekerjaan. Jadi, ketika kamu sudah merasa nyaman dan memiliki tujuan karier yang jelas pada suaru pekerjaan yang juga memiliki dampak sosial besar, maka kamu sudah berada di pekerjaan yang cocok.

Tentu saja, tidak ada pekerjaan sempurna bagi kariermu tanpa kerja keras. Namun, jika kamu mengalami tanda-tanda ini, maka kamu sudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Masih mencari-cari pekerjaan yang pas dengan potensi dirimu? Bergabunglah dengan talent marketplace EKRUT. Ada berbagai peluang dari ratusan perusahaan, termasuk startup, untukmu.

 

Rekomendasi bacaan:
3 pertanyaan kunci dalam interview kerja
Ingin jadi workaholic yang sehat dan bugar?
5 kesalahan dalam karier ini malah membuatmu sukses

 

Sumber:
idntimes.com
aquariuslearning.co.id
glassdoor.com
independent.co.uk
forbes.com

Tags: karier, profesi, pekerjaan

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang