Media

Apa saja yang dikerjakan UX writer?
By Maria Yuniar - 20 June 2018
1204 Views

Apa perbedaan antara UX writer dan copywriter? Pertanyaan ini memang sering muncul, khususnya bagi kalangan yang masih awam dari dunia digital dan advertising. UX writer fokus pada kata-kata yang dibaca atau didengar seseorang saat mereka menggunakan produk. Sementara itu, strategi konten copwriting mencakup rencana luas untuk memberikan pesan dan pemasaran. Strategi konten memang bukan UX writing, tetapi UX writing menggunakan strategi konten. Masih bingung?

 

Apa itu UX writing?

User experience (UX) writing mengacu pada kata-kata yang Anda lihat atau dengar di suatu produk saat Anda menggunakannya. Banyak orang dalam bidang UX percaya bahwa tulisan UX yang baik, pasti menyatu dengan desain produk. Bahkan orang yang menggunakan produk tersebut, tidak menyadari bahwa mereka sedang membaca. Tujuan utama penulisan UX adalah menghadirkan pengalaman positif bagu pengguna suatu produk. Oleh karena itu, penulis UX cenderung membuat tulisan yang ringkas, jelas, serta konsisten.

 

Job desc UX writer

Idealnya, seorang penulis bertugas menghubungkan pengguna ke produk atau layanan. Oleh sebab itu, empati dan pikiran kreatif sangat dibutuhkan dalam proses menulis. mempengaruhi proses kerja penulis begitu banyak. Tulisan UX bukan hanya tentang teks yang ditulis dengan tata bahasa yang tepat. Sebenarnya, ini mengenai koneksi antara pengguna dan konten. Pengguna mencari konten yang memberikan solusi bagi persoalan mereka. Intinya, pengguna mau membaca konten yang berkaitan dengan seluruh produk maupun layanan. Nah, itulah sebabnya, seorang UX writer harus pandai menghubungkan pengetahuan dan pengalaman pengguna dengan produk, secara interaktif. 

 

 

Sebagai bagian dari divisi desain, seorang penulis UX memegang peranan menulis konten untuk mendukung user experience. Secara harafiah, dia harus siap mengerjakan sebuah protek dari awal hingga akhir. Seorang penulis UX tidak hanya harus memperhatikan pengalaman pengguna, tapi juga pengalaman dirinya sendiri.

 

Kualifikasi UX writer

Setelah mengetahui bidang pekerjaan dari seorang UX writer yang tentunya beda dari copywriter, seperti apa sih kriteria untuk merekrut UX writer?

 

Kemampuan menulis yang fantastis

Untuk mendapatkan seorang penulis UX profesional, perusahaan harus aktif melakukan pencarian. Salah satunya dengan mencari di talent marketplace yang disediakan EKRUT. Saat melakukan wawancara, perusahaan harus memastikan kandidat benar-benar bisa menjelaskan pilihan dalam hal visual, maupun kata yang digunakan, untuk proyek tertentu. Kandidat yang baik, seharusnya memberikan jawaban berdasarkan riset. Dalam wawancara kerja, kandidat UX writer juga harus bisa mempertahankan argumentasinya untuk pilihan kata maupun kalimat tertentu.

 

 

Fleksibel dan penuh inisiatif

Penulis UX harus bekerja dengan baik di lingkungan yang benar-benar gesit. Mereka mungkin harus mendefinisikan tanggung jawab peran mereka sendiri, mengambil tugas-tugas lintas fungsional (seperti membuat wireframe atau merencanakan strategi editorial), dan melakukannya dengan efektif. Dengan kata lain, penulis UX berjalan ke lingkungan yang dinamis.

Jadi, apakah Anda sudah paham dengan peran UX writer? Atau Anda justru tertarik untuk mempelajari gaya bahasa dan penulisan UX writing?

 

Rekomendasi bacaan:
Mobil golf dengan IoT ada di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta
Tantangan e-commerce di Indonesia, logistik hingga karakter konsumen
Grab, magnet investasi Toyota, Hyundai, dan Alibaba

 

Sumber:
uxdesign.cc
andreadruguay.com
uxbooth.com
uxwriter.cc
prototypr.io
 

Tags: penulis UX, UX writer, writer, UX, user experience

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang