Media

Apa saja sih yang ditanyakan bos perusahaan dunia saat wawancara?
By Maria Yuniar - 4 September 2018
5 min read 609 Views

Dalam wawancara kerja, sering kali ada pertanyaan-pertanyaan unik yang muncul dari perekrut. Misalnya, tentang banyaknya bola golf yang bisa dimasukkan de dalam sebuah bus sekolah. Meski dianggap cukup aneh, ternyata perekrut menanyakannya untuk mengukur kemampuan kandidat dalam memecahkan persoalan. 

Pertanyaan "ajaib" juga bisa muncul dari orang nomor satu perusahaan sekali pun. Apa saja sih pertanyaan unik yang dilontarkan para petinggi perusahaan kelas dunia kepada para kandidat karyawan mereka?

 

“Apakah kamu orang yang paling cerdas?”

Pertanyaan ini pernah ditanyakan dalam wawancara kerja di Oracle. Petinggi sekaligus CTO mereka, Larry Ellison, ingin memastikan bahwa Oracle hanya merekrut orang-orang yang berbakat dan cerdas. 

Bila para kandidat menjawab “Ya”, mereka akan direkrut. Namun, bila tidak, pewawancara akan bertanya, “Lalu siapa?” dan merekrut orang yang disebut si kandidat.


Sumber: smart.com.au

 

“Dari 1 sampai 10, seberapa anehkah kamu?”

Pertanyaan ini dilontarkan perekrut dalam wawancara kerja di perusahaan e-commerce asal Amerika Serikat, Zappos. Sebenarnya, angka tersebut tak terlalu penting. Pewawancara  justru lebih memperhatikan cara kandidat menjawab pertanyaan tersebut. 

Meski begitu, bila kandidat menjawab 1, kandidat akan dinilai kelewat kaku untuk bekerja di sana. Selain itu, bila kandidat menjawab 10, kandidat akan dinilai terlalu aneh oleh mereka.

 

“Kamu berada di kutub bumi. Kamu berjalan satu mil ke selatan, satu mil ke barat, dan satu mil ke utara. Lalu, kamu berdiri tepat di mana kamu mulai berjalan. Di mana kamu sekarang?”

Pertanyaan ini ditanyakan dalam wawancara kerja di Tesla dan SpaceX untuk menguji intelijensia kandidat. Ada pilihan jawaban yang ditawarkan untuk pertanyaan ini dan jawaban yang tepat adalah kutub Utara.


Sumber: chezburger.com

 

“Apa kostum terakhir yang kamu kenakan?”

Salah satu pendiri perusahaan Quartz, David Gilboa mengungkapkan, mereka ingin mencari orang-orang yang bisa membuat suasana kerja menjadi menyenangkan. Karena itu, pertanyaan ini ditanyakan untuk mengetahui alasan kandidat mereka mengenakan kostum tersebut.

 

“Bila kamu seekor hewan, kamu ingin menjadi hewan apa?”

Petinggi Overstock, Stormy Simon menyatakan, dengan pertanyaan ini, orang-orang bisa memilih dari sekian banyak hewan yang ada yang mampu mewakili kepribadian mereka. Jawaban yang baik, menurut Simon, adalah ketika kandidat memilih hewan yang dapat menggambarkan sifat-sifat yang malah berlawanan dari kepribadian kandidat.


Sumber: memecenter.com

 

“Beritahu saya tentang suatu kebenaran, yang sulit dipercaya orang lain.”

Salah satu pendiri dan managing partner dari PayPal, Peter Thiel, selalu ingin merekrut orang yang tidak takut untuk menyuarakan pikirannya. Ia memberikan pertanyaan ini untuk mengetahui orisinalitas pemikiran para kandidat dan menantang mereka untuk menyuarakannya dalam wawancara.

 

“Apa yang akan kamu lakukan ketika ada serangan zombie?”

Pertanyaan ini diajukan dalam rekrutmen di Capriotti’s Sandwich Shop, sebuah restoran berjaring nasional di Amerika Serikat. Petinggi mereka, Ashley Morris, mengatakan bahwa pertanyaan ini mampu membuat perusahaan mengetahui cara  para kandidat bertahan dalam tekanan.


Sumber: zombieholicsanonymous.com

 

“Sebuah palu dan paku berharga US$ 1,10 dan palu seharga US$ 1 dolar lebih banyak daripada paku. Berapa harga paku?”

Pertanyaan ini diajukan dalam wawancara kerja di ZipRecruiter. CEO perusahaan tersebut, Jeff Zwelling mengungkapkan, pertanyaan ini dapat digunakan untuk menggali kepribadian kandidat. 

Beberapa kandidat akan menjawab sepuluh sen, namun jawaban tersebut tidak tepat. Namun Zwelling mengungkapkan, “Jawaban 10 sen terlalu mudah dan bila jawabannya semudah itu, saya tak akan menanyakannya.”

 

“Apa kutipan favoritmu?”

Petinggi dari Global Philanthropy dan Social Impact di Hasbro, Karen Davis mengatakan, bahwa pertanyaan ini mampu memperlihatkan minat sekaligus tujuan hidup kandidat mereka. Karena itu, tidak ada satu pun jawaban yang paling benar.

 

“Bagaimana kamu mendatangkan uang dari berjualan es krim?”

Kepala riset dan pengembangan di Jigsaw, perusahaan inkubator teknologi Alphabet, Yasmin Green menyebut, perusahaan ingin merekrut orang-orang yang kreatif dan independen. Jadi, pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui strategi para kandidat mengatur stan es krim mereka.

Bagaimana pendapatmu tentang pertanyaan-pertanyaan di atas? Apakah kamu juga pernah menerima pertanyaan serupa dalam wawancara kerja?

 

Rekomendasi bacaan:
Bingung tolak kandidat? Pakai cara ini agar tetap profesional
8 hal dari kandidat yang disukai HRD
Highlights: 27 Agustus-3 September 2018

 

Sumber:
businessinsider.com
tentik.com

Tags: interview, interview kerja, wawancara kerja, wawancara

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang