Media

Alasan baik dan buruk untuk tidak masuk kerja
By Maria Yuniar - 18 September 2018
4 min read 2259 Views

Ketika bekerja di kantor, terkadang ada saja hal-hal yang menghalangi kita untuk berangkat ke kantor. Namun, atasan seringkali tak mau tahu tentang kesulitan yang kita hadapi.

Karena itu, banyak karyawan yang terpaksa untuk berbohong kepada atasannya. Padahal, berkata jujur mengenai apa yang sedang kita hadapi pun sebenarnya tidak apa-apa, karena semua orang juga membutuhkan waktu pribadi. (Baca juga: Cara-cara cari kerja ini hanya buang waktu)

Bila hal di atas terjadi, kamu patut berhati-hati dalam memberikan alasan kepada atasan. Karena tak semua alasan ternyata dapat diterima. Untuk itu, simak beberapa alasan baik dan buruk untuk tidak masuk kerja berikut.

 

Alasan baik tak masuk kerja

Ternyata menggunakan alasan sakit untuk tidak masuk kerja dengan terlalu sering, tak terlalu baik. Bila kamu mencari alasan lain, kamu bisa menggunakan alasan seperti ada janji dengan pihak lain, ada masalah dengan kendaraan, ada janji dengan dokter, ada anggota keluarga yang sakit, migrain, atau ada keluargamu yang baru melahirkan.

Namun, dalam menggunakan alasan-alasan di atas, ada baiknya kamu tak menjelaskan kepada atasan dengan bertele-tele. Karena semakin panjang penjelasanmu, semakin besar kemungkinan atasanmu berpikir bahwa kamu sedang mengarang cerita. (Baca juga: Jangan lakukan kesalahan ini saat melamar kerja)

Selain itu, untuk mengungkapkan alasan ini, sebaiknya kamu segera menghubungi atasanmu secara langsung lewat telepon atau email. Dengan begitu, mereka pun bisa mengerti bahwa ketidakhadiranmu memang tidak direncanakan. Ingat, yang terpenting, kamu jujur!

 

Alasan buruk tak masuk kerja

Di samping itu, berhati-hatilah jika kamu menggunakan alasan-alasan berikut untuk tak masuk kerja. Karena alasan-alasan berikut tampak sangat klise dan membuatmu citramu sebagai karyawan menjadi buruk.

Alasan-alasan tersebut adalah kamu sakit kepala, kehilangan ponsel, bangun terlambat, kakimu sakit, dan kamu pulang terlalu larut pada malam sebelumnya.


Sumber: memegenerator.net

 

Berhati-hati dengan media sosial

Jika kamu telah diizinkan untuk tidak masuk kerja, kamu juga harus berhati-hati dengan media sosialmu. Berdasarkan survei dari CareerBuilder, 43 persen karyawan ketahuan mengarang alasan sakit mereka. Sebab, akun medsos mereka menunjukkan yang sebaliknya. (Baca juga: 5 pertanyaan abadi para pencari kerja)

Karena itu, sebaiknya ketika kamu tak hadir di kantor, jangan dulu membuat status atau mengunggah foto yang bisa membuat orang-orang di kantormu salah paham. Apa pun keperluanmu untuk meminta izin agar tidak ngantor, pastikan kamu menyampaikannya dengan jujur ya!

 

Rekomendasi bacaan:
Rencana marketing seperti apa sih, yang paling jitu?
8 kesalahan umum startup di tahun pertamanya
Aplikasi gratis ini lebih seru dibanding medsos, benarkah?

 

Sumber:
thebalancecareers.com
cermati.com

Tags: atasan, kantor, sakit, izin, kerja

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang