Media

8 Tips mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar
By Tsalis Annisa - 24 January 2019
5 min read 1511 Views
Langkah yang tepat membantu kamu mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar - EKRUT
Langkah yang tepat membantu kamu mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar - EKRUT

Persaingan dalam dunia kerja semakin ketat, kebanyakan orang berusaha untuk mendapatkan pekerjaan dengan peluang karir menjanjikan. Tak heran jika perusahaan besar menjadi incaran bagi pelamar kerja.

Bekerja di perusahaan ternama dipercaya menawarkan pengalaman dan gaji yang lebih baik. Kamu juga bisa menaikkan nilai jual diri saat berhasil bekerja di perusahaan besar. 

Mendapat kesempatan bekerja di perusahaan besar tidaklah semudah yang dibayangkan. Tapi, dengan melakukan berbagai cara mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar berikut ini, akan membantumu mendarat di berbagai perusahaan besar.

1. Follow perusahaan tersebut di media sosial

Facebook, Twitter, Linkedin, Instagram, dan berbagai macam media sosial memberikan kesempatan untukmu lebih paham akan perusahaan tersebut. Dengan begitu, kamu akan selalu update dengan perkembangan perusahaan tersebut.

Kamu juga dapat lebih memahami model bisnis yang dijalankan perusahaan tersebut, serta tahu kapan perusahaan tersebut membuka lowongan. Tentu hal ini dapat menjadi keuntungan untukmu.

2. Persiapkan portfolio

Jika kamu memiliki pengalaman kerja sebelumnya, atau pernah ikut terlibat di dalam satu proyek, cobalah untuk mempersiapkan portfolio. Dengan begitu, kamu memiliki contoh hasil kerjamu. Jangan lupa juga untuk menonjolkan kelebihan yang kamu miliki.

Selain itu, pastikan juga kamu menyusun portfoliomu dengan rapih, dan memukau. Dengan begini, perusahaan akan lebih tertarik, dan menghargai usahamu.

Baca juga: Tips mendapatkan pekerjaan baru

3. Menguasai bidang keahlian dengan baik

Penguasaan keahlian yang baik adalah cara mendapatkan pekerjaan yang paling dasar. Saat kamu diwawancarai, yakinkan pewawancara bahwa kamu menguasai bidang pekerjaan tersebut dengan baik.

Perusahaan tidak ingin mempekerjakan orang yang hanya ingin belajar atau mencari pengalaman. Jadi, kamu harus bisa menunjukkan standar kemampuan yang dinilai perusahaan layak untuk digunakan.

mendapatkan pekerjaan - EKRUT
Menguasai beberapa keahlian dapat membuatmu lebih menonjol - EKRUT

4. Menguasai beberapa keahlian

Tak hanya kemampuan dalam bidang pekerjaan yang dilamar, kamu juga harus bisa menguasai kemampuan lainnya. Dengan menguasai banyak keahlian lain dapat menjadi nilai tambah bagi diri kamu dibanding pesaing lainnya. Selain itu, kamu bisa menjadi orang yang diandalkan untuk banyak hal dan menjadi aset berharga bagi perusahaan.

5. Tunjukkan antusiasme dan minat pada perusahaan

Menunjukkan antusiasme juga menjadi cara mendapatkan pekerjaan. Hal ini karena kamu perlu menunjukkan minat yang tinggi terhadap perusahaan ketika ingin berhasil diterima.

Perusahaan tidak menginginkan kandidat yang hanya ingin mencari nama atau sekedar memanfaatkan untuk menjadi batu loncatan. Sebaliknya, perlihatkan keseriusan diri kamu untuk bekerja demi kepentingan dan perkembangan perusahaan.

Baca juga: Enam perusahaan Indonesia

6. Percaya diri yang tinggi

Memiliki rasa percaya diri yang tinggi sangat dibutuhkan untuk berhasil bekerja di perusahaan besar. Perusahaan tidak menginginkan orang yang memiliki keraguan dan panik saat diberikan tugas yang belum pernah dihadapi sebelumnya.

Tunjukkan pada perusahaan bahwa kamu mampu bekerja di berbagai kondisi dengan memberikan hasil terbaik. Rasa percaya diri mampu memberikan kesan diri yang memiliki kemampuan dan pengalaman yang dibutuhkan oleh perusahaan.

7. Daftarkan dirimu di talent marketplace

Salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan ternama untuk mencari karyawan adalah dengan bergabung di situs talent marketplace. Oleh karena itu, cobalah untuk mendaftar dirimu di situs seperti ini.

Selain itu, cara seperti ini juga akan lebih memudahkanmu dalam mendapatkan tawaran kerja, tanpa harus mengirimkan cv ke sana kemari.

Baca juga: Talent marketplace, apa itu dan bagaimana cara kerjanya?

8. Menciptakan support system

Cara mendapatkan pekerjaan di perusahan besar juga dimulai dari internal, yaitu dengan menciptakan support system. Jadi, kamu perlu membangun support system dalam hal mencari kerja. Bisa jadi orang orang yang mendukungmu adalah dosenmu pada saat kuliah, atau manajer tempat kamu dulu pernah bekerja, dan partnermu yang lain.

Dalam hal mencari kerja, mintalah bantuan mereka untuk merekomendasikanmu ke suatu perusahaan. Dengan hubungan seperti itu, ada peluang besar kamu bisa bekerja di perusahaan yang kamu inginkan.

Biasanya, kamu akan memerlu surat rekomendasi dari support system-mu. Surat itulah yang nanti ditinjau oleh pihak perusahaan. Bahkan, support system-mu mungkin bisa berinteraksi secara langsung ke pihak perusahaan untuk merekomendasikanmu.

Dengan melakukan kedelapan cara mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar tersebut, kamu akan memiliki peluang besar dalam mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

Selain beberapa cara di atas, kamu juga disarankan untuk mengembangkan soft skills, serta hard skills. Dengan begini, kamu semakin percaya diri dan perusahaan pun akan lebih mempertimbangkanmu.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags: perusahaan, karier, mendapatkan pekerjaan

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang