Media

6 alasan karyawan meninggalkan pekerjaan yang disukainya
By Maria Yuniar - 21 August 2018
4 min read 324 Views

Berhenti dari pekerjaan merupakan hal umum yang terjadi di dunia kerja. Tersedianya lapangan pekerjaan yang luas, keinginan mengubah karier, atau adanya tawaran menarik dari perusahaan tertentu seringkali menjadi faktor berhentinya karyawan dari tempat bekerja saat ini.

Di samping itu, ada beragam alasan lain yang menguatkan keinginan karyawan untuk meninggalkan pekerjaannya. Apakah kamu juga menjumpainya pada karyawan-karyawan di tempatmu bekerja? Berikut ini enam hal yang biasanya memotivasi karyawan untuk resign, meski pekerjaannya menyenangkan.

 

Gaji

Alasan ini paling sering digunakan karyawan yang ingin keluar dari pekerjaannya. Sebab biasanya, kepindahan seorang karyawan ke tempat baru, diikuti pula dengan kenaikan gaji. Untuk mencegah pindahnya karyawan, sebagai HRD, kamu bisa mengajaknya berdiskusi. Selain itu, bukalah kesempatan baginya untuk mendapatkan peningkatan gaji. 

 

Keseimbangan pekerjaan dan kehidupan pribadi

Apakah karyawan sebenarnya menyukai pekerjaan saat ini, tapi malas untuk berangkat ke kantor? Ini bisa saja terjadi, jika tidak ada keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Jika ada karyawan yang merasakan hal ini, cobalah untuk mengajaknya berdiskusi. Apakah ada jalan tengah yang bisa ditempuh? Misalnya dengan menawarkan jam kerja yang fleksibel, tanpa mengurangi tanggung jawabnya dalam pekerjaan.

 

Konflik

Konflik merupakan hal yang tak bisa dihindari dalam dunia kerja. Hal ini seringkali timbul karena ketidakcocokan dengan rekan kerja atau atasan, dalam berpendapat, perbedaan karakter, atau hal-hal lainnya. Bila tak bisa ditangani dengan baik, bukan tak mungkin karyawan memutuskan untuk hengkang dari perusahaan.

 

Prospek karier

Jika perusahaanmu saat ini tidak memiliki sistem evaluasi atau penilaian yang jelas, maka karier karyawan bakal terhambat. Bahkan bukan tak mungkin, malahan jalan di tempat. Kondisi seperti ini tentu saja bisa memicu karyawan mencari tempat kerja baru yang bisa menunjang peningkatan karier.

 

Mencari tantangan baru

Ketika semua tantangan dirasa cukup mudah, karyawan akhirnya bisa bosan. Akhirnya, memilih untuk pindah ke perusahaan lain yang menawarkan tantangan serta peluang mempelajari hal-hal baru. Padahal, sebenarnya pekerjaan saat ini cukup menyenangkan. Untuk mengantisipasinya, sebagai HRD, kamu bisa meminta masukan dari karyawan mengenai beban kerja. Siapa tahu, pekerjaannya saat ini kurang menantang, dan dia bersedia ditempatkan di divisi lain untuk merasakan tanggung jawab yang baru?

 

Perubahan kebijakan

Perubahan kebijakan perusahaan pun nyatanya bisa mendorong karyawan untuk mengundurkan diri. Biasanya, hal ini terjadi saat seorang karyawan merasa tidak nyaman bekerja dengan perubahan ini. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mencermati respons karyawan terhadap setiap perubahan kebijakan perusahaan.

Dengan mengetahui alasan-alasan karyawan resign meski pekerjaannya menyenangkan, semoga kamu sebagai bagian tim HRD, bisa menyiapkan antisipasinya ya. Salah satunya dengan retain interview. Sebab, seperti halnya mencari karyawan, mempertahankannya juga bukan perkara mudah.

 

Rekomendasi bacaan:
Apa yang mesti kamu lakukan sebelum resign?
Ini pertanda atasan jatuh hati padamu
Lakukan ini jika kamu terlambat ke kantor

 

Sumber:
thebalancecareers.com
cermati.com
 

Tags: perusahaan, karyawan, resign

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang