Media

5 tips supaya cepat dapat promosi di kantor
By Maria Yuniar - 19 June 2018
64 Views

Anda mungkin sedang berkeinginan mendapat jabatan dan gaji yang lebih baik. Namun, hal itu belum tentu sejalan dengan keputusan bos Anda. Nah, agar kemauan Anda bisa terwujud, ada beberapa langkah yang patut dicoba. Seperti dilansir businessnewsdaily.com, berikut ini lima  tips untuk cepat mendapatkan promosi di kantor.

 

Sesuaikan sikap 

Sebelum berpikir mendapat promosi, pastikan Anda memiliki sikap yang benar. Singkirkan sikap "gelas setengah kosong". Ubahlah sikap Anda menjadi lebih positif dan optimistis. Berdasarkan sebuah survey yang dilakukan CareerBuilder, sebanyak 62 persen perusahaan menyatakan sikap negatif karyawan bisa mengurangi peluang promosi.

 


Perhatikan cara berpakaian

Ada ungkapan yang mengatakan, "Kenakan pakaian untuk pekerjaan yang Anda inginkan, bukan yang dimiliki." Hal ini bisa jadi benar. Penelitian dari Office Team menunjukkan, 80 persen eksekutif percaya, busana mempengaruhi kesempatan untuk mendapat promosi.

 

 

Yang harus diingat, sesuaikan pakaian Anda dengan budaya kantor. Anda tidak perlu memakai baju mahal setiap hari demi membuat bos terkesan. Amati pula cara berpakaian para pemimpin dan orang-orang yang bekerja di departemen impian Anda.

 

Bertindak sebagai pemimpin

Tidak ada bos yang mempromosikan karyawan tanpa melihat keterampilan kepemimpinannya. Harvard Business Review menyatakan, jika ingin bergerak ke menuju puncak, maka Anda harus bertindak, berpikir, dan berkomunikasi seperti pemimpin. Lakukan lah ini, bahkan jauh sebelum Anda mendapat promosi.

 

 

Sebagai langkah awal, Anda harus percaya diri dan unggul dalam pekerjaan saat ini. Selesaikan tugasnya dengan baik, lalu cari tugas tambahan yang terlupakan oleh orang lain. Pastikan juga Anda membangun hubungan dengan sosok penting dalam perusahaan. Pada akhirnya, setiap tempat kerja menghargai karyawan yang berinisiatif dan melakukan sesuatu tanpa harus diberi arahan terlebih dahulu.

 

Bersosialisasi

Bergaullah dengan karyawan lain. Hadiri acara atau kegiatan kelompok yang berada di luar tugas kantor. Membangun hubungan baik dengan karyawan lain secara tidak langsung memberikan bukti kepada atasan, bahwa Anda disukai dan 
bisa menjadi pemimpin yang kuat. 

 

 

Jika bisa menjalin hubungan atasan-bawahan dan pertemanan yang tulus dengan manajer, maka Anda bisa belajar banyak hal. Kenyataannya, manajer yang ada di hadapan Anda sekarang telah mengalami promosi beberapa kali. Anda bisa mengamati dan mempelajari caranya dalam bersosialisasi, mencontoh cara kerjanya, serta melihat semangatnya dalam meraih kesuksesan.

Tiru hal-hal baik dari manajer untuk mencapai kesuksesan Anda sendiri. Namun, bukan berarti Anda memanfaatkan hubungan baik dengan manajer untuk menjilat demi mendapat promosi.

 

Ajukan promosi

Jika tidak bicara dengan bos soal perkembangan karier, mungkin ia tidak menyadari keinginan Anda ini. Anda harus menjelaskan kalau sedang mencari peran lebih besar sehingga tidak akan melewati kesempatan promosi hanya karena bos merasa Anda tidak tertarik.

Sebuah studi Accenture menemukan, 44 persen wanita dan 48 persen pria menyatakan telah meminta kenaikan gaji. Sementara itu hanya 28 persen wanita dan 39 persen pria yang sudah minta promosi. 

 

 

Mereka yang berani menanyakan hal ini mendapat respon positif. Sebanyak 17 persen mendapat promosi yang lebih baik dan 42 persen memperoleh jabatan yang mereka minta. Sementara itu, sepuluh persen lainnya meraih peran baru yang tidak mereka minta, lima persen memperoleh tanggung jawab baru tapi bukan promosi, dan hanya sepuluh persen yang tak mendapat tanggapan.

 

Rekomendasi bacaan:
Ini lho, pengalaman berharga dari kantor pertama
Tantangan e-commerce di Indonesia
Grab, magnet investasi Toyota, Hyundai, dan Alibaba

 

Sumber:
businessnewsdaily.com
liputan6.com
qerja.com
 

Tags: promosi jabatan, kantor, promosi, karir, karier

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang