Media

5 tips agar kontenmu disukai pembaca
By Maria Yuniar - 6 September 2018
4 min read 65 Views

Sebagai milenial di dunia digital marketing, memperhatikan kualitas tentu sangatlah penting. Konten memegang peran krusial dalam memasarkan bisnis perusahaan yang kamu tekuni. Namun, tak jarang digital marketer merasa kebingungan untuk membuat konten yang menarik dan disukai pembaca. 

Sebab, kamu pun bisa menjumpai konten serupa di halaman search engine. Nah, agar konten kamu bisa bersaing dan unggul, baik di search engine maupun secara kualitas, berikut ini tips agar konten yang kamu buat disukai pembaca.

 

Konten sesuai SEO

Dalam digital marketing, search engine mengutamakan konten yang menarik, tapi tetap alami dan memenuhi beberapa aspek. Jadi, meski kamu menulis konten dengan cara alami, tetap diperlukan strategi optimasi untuk robot mesin pencari. 

Bagaimana caranya? Tetaplah fokus membuat artikel yang menjadi jiwa perusahaan tempatmu bekerja. Namun, kamu harus membantu search engine menemukan kontenmu. Caranya, dengan mempelajari struktur konten dan keyword yang menarik. 


Sumber: searchengineline.com

 

Long tail keywords pada judul konten

Judul yang panjang biasanya lebih mudah ditemukan mesin pencari, dibandingkan dengan konten dengan judul yang terlalu singkat. Judul dengan kata kunci yang panjang biasanya pencarinya lebih sedikit dibandingkan dengan judul dengan kata kunci yang singkat.

Pada kenyataannya, konten dengan judul yang panjang biasanya lebih baik posisinya di mesin pencari dibandingkan dengan konten yang judulnya pendek. Selain itu, konten dengan judul yang panjang dan deskriptif biasanya memiliki konversi lebih bagus.

 

Title tags dan deskripsi

Selain memperhatikan format konten yang ada di dalam artikelmu, kamu juga perlu mencermati yang akan dilihat pertama kali saat pembaca mencari di mesin telusur. Title tags adalah hal pertama yang akan diperhatikan oleh Google ketika robot mereka ‘membaca’ kontenmu. 

Tentunya akan lebih baik lagi bila judul konten dilengkapi dengan deskripsi dari konten. Sebab, search engine akan melihat judul dan deskripsi konten kamu di Search Engine Results Pages (SERP) Google. Gunakan judul dan deskripsi yang deskriptif dan mengajak audiens untuk membuka situs milikmu.

 

Tombol share media sosial

Menyebarkan link konten yang kamu tulis di media sosial akan memberikan trafik langsung dan dampak SEO yang baik bagi keseluruhan konten blog website perusahaanmu. Semakin banyak orang yang menyebarkan konten, hasilnya akan semakin baik. Karena itu, sediakan tombol media sosial di blogmu agar memudahkan pembaca untuk menyebarkan artikel yang mereka sukai.

 

Google+

Selain media sosial, jangan sepelekan peran Google+ dalam meningkatkan performa konten. Google+ akan semakin besar peranannya di dalam SEO sehingga termasuk dalam format konten yang harus diperhatikan. Selain itu, dengan menggunakan Google+ , kamu bisa mendapatkan Author Rank dan terhubung dengan pengguna Google+ lainnya. Author Rank adalah salah satu faktor dalam SEO. Perannya diprediksi akan semakin besar untuk SEO di masa-masa yang akan datang. Jadi, sebaiknya kamu gunakan Google+ dari sekarang, dan hubungkan konten milikmu dengan akun Google+ ya.


Sumber: memegenerator.net

 

Dengan memperhatikan aspek-aspek di atas, trafik kontenmu akan mengalami peningkatan. Jadi, usahakan membuat konten yang disukai pembaca, dengan mempelajari segmen dan gaya bahasa populer. Jangan lupa untuk rajin mencari tahu hal-hal yang sedang trending. 

 

Rekomendasi bacaan:
Selain Kaskus dan Blibli, Cermati juga terima dana Djarum
Apa saja sih jenis native ads dan kegunaannya?
5 pertanyaan abadi para pencari kerja

 

Sumber:
contentmarketinginstitute.com
undercover.co.id
maxmanroe.com
chowdhurysdigital.com

Tags: Google, SEO, digital marketing, konten

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang