Media

5 tanda kariermu sedang berkembang
By Maria Yuniar - 18 September 2018
4 min read 302 Views

Bekerja di posisi yang sama dari tahun ke tahun tak selalu berarti buruk. Meski jabatanmu tak berubah, bukan berarti kamu tidak berkembang. Bisa saja atasanmu menyadari bahwa kamu masih membutuhkan beberapa waktu untuk kenaikan jabatan.

Karena itu, untuk bisa naik jabatan, tentu kamu butuh mengevaluasi dan meningkatkan kemampuan dalam diri. Namun, seringkali orang-orang terlanjur tenggelam dalam kesibukan dan tak menyadarinya. Untuk itu, simak lima tanda berikut yang bisa membuktikan bahwa dirimu sedang berkembang. (Baca juga: Hindari kesalahan terbesar ini dalam karier)

 

Mendapat masukan positif untuk karier

Dalam bekerja, kamu tidak bisa menghindari masukan maupun kritik dari atasan atau rekan kerja. Setelah bekerja selama beberapa bulan di perusahaan, sekarang adalah saatnya kamu membandingkan kembali input dari atasan dan rekan kerjamu.

Bila masukan atau kritik yang diberikan jadi lebih sedikit, ada kemungkinan bahwa kamu sudah semakin menguasai pekerjaanmu sehingga tak perlu banyak perbaikan lagi. (Baca juga: Berani keluar dari comfort zone demi karier?)

 

Bekerja dengan cepat

Kini, kamu juga harus mengevaluasi diri kamu mengenai seberapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Bila waktu yang kamu habiskan untuk mengerjakan satu tugas semakin sedikit, itu menandakan bahwa kamu semakin menguasai pekerjaanmu. (Baca juga: Hindari hal-hal ini saat memilih karier)


Sumber: imgflip.com

 

Percaya diri

Mungkin dalam pekan pertama berada di kantor, kamu masih malu-malu untuk bertanya atau mengajukan pendapat. Namun, kini kamu sudah berubah. Kamu jadi semakin kritis ketika ada suatu diskusi di kantor dan kamu dapat berkoordinasi bersama rekan-rekan kerjamu dengan baik.

 

Mendapat tugas baru dengan pengawasan minim

Tak hanya kepercayaan dirimu yang meningkat, jumlah pekerjaanmu pun kini bertambah. Meski begitu, kamu mulai merasa bahwa atasanmu tak terlalu ketat mengawasi kinerjamu seperti dulu saat baru bekerja di kantor.

Bila kamu merasakan hal ini, tandanya kepercayaan atasanmu padamu telah meningkat. Hal ini berarti besar bagi kariermu ke depannya. Untuk itu, jangan sia-siakan kepercayaannya padamu.

 

Menyelesaikan pekerjaan yang sulit

Ingatlah kembali ketika kamu bekerja pertama kali. Apakah kamu membayangkan bahwa kamu akan mengerjakan tugas-tugas rumit yang sekarang kamu kerjakan?

Bila kamu menyadari bahwa hal-hal di atas terjadi padamu, itu tandanya kamu sudah semakin baik dalam bekerja. Jika tidak, itu berarti kamu sudah berkembang cukup jauh dari minggu pertamamu bekerja di kantor.

 

Rekomendasi bacaan:
4 cara untuk memotivasi karyawan agar rajin bekerja
Rencana marketing seperti apa sih, yang paling jitu?
Alasan baik dan buruk untuk tidak masuk kerja

 

Sumber:
themuse.com

Tags: kantor, atasan, perusahaan, karyawan, pekerjaan, karier

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang