Media

5 kesalahan dalam karier ini malah membuatmu sukses
By Maria Yuniar - 4 October 2018
4 min read 253 Views
Photo by Arnel Hasanovic on Unsplash
Photo by Arnel Hasanovic on Unsplash

Memiliki cita-cita tinggi dalam berkarier tanpa adanya tindakan nyata, sama halnya dengan bermimpi di siang bolong. Kehidupanmu tidak akan berubah tanpa adanya usaha. Masalahnya, masih banyak orang yang takut mengambil langkah, karena tidak ingin membuat kesalahan. Padahal, tidak semua kesalahan itu merugikanmu dalam jangka panjang, lho! Beberapa kesalahan yang kamu lakukan malah bisa membuatmu sukses. Apa saja kesalahan tersebut? (Baca juga: Hindari kesalahan terbesar ini dalam karier)

 

Meniti karier di perusahaan dengan reputasi buruk

Kamu tentu tahu bahwa mendapatkan pekerjaan bukanlah perkara mudah bagi sebagian besar orang. Tak jarang, karena sulitnya mendapatkan pekerjaan, banyak orang bekerja di perusahaan yang reputasinya buruk. Padahal, seharusnya kita benar-benar menyeleksi perusahaan tempat tujuan karier dengan melihat profil perusahaan, lingkungan, jenjang karier, hingga kesehatan keuangannya. (Baca juga: Berani keluar dari comfort zone demi karier?)

Namun tak jarang, mereka yang bekerja di perusahaan dengan reputasi kurang baik, malahan berhasil meraih kesuksesan di sana. Bahkan setelah pindah ke perusahaan lain, keterampilan mereka pun semakin terasah. Jadi, kesalahan semacam ini ternyata bisa membawa kita menjadi sukses.

 

Mengejar jenjang karier yang salah

Ada banyak orang yang memiliki banyak impian tetapi tidak mengerti cara menyusun langkah untuk menggapainya. Hal ini membuat mereka banyak kehilangan arah atau bahkan mengejar jenjang karier yang salah, yang sebelumnya bukanlah tujuan mereka. Namun ternyata hal ini tak selamanya menjadi kesalahan yang membuat kegagalan. (Baca juga: Hindari hal-hal ini saat memilih karier)

Sebagian orang justru mendapatkan jalannya setelah mengetahui kesalahannya, kemudian mencapai kesuksesannya. Kesalahan ini memang bisa membuatmu sukses. Namun bagi kamu yang ingin berkomitmen mencapai kesuksesan, ada baiknya pintar untuk menyeleksi, mengatur rencana dan menikmati setiap proses untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

 

Dipecat

Tak ada yang ingin mengalami pengalaman buruk semacam dipecat dari perusahaan. Namun ternyata, segelintir orang merasakannya meskipun mereka memiliki kinerja yang baik.  Dipecat memang menjadi pengalaman buruk, tapi kamu harus tetap berpikiran positif. Setelah dipecat, bukan berarti kariermu harus berhenti begitu saja. Kamu bisa benar-benar mengintrospeksi diri dan menjadi lebih baik. 

Lihat saja kiprah Walt Disney, Oprah Winfrey, dan Steve Jobs. Mereka harus mengalami pahitnya dipecat. Berpikir positif bisa membuat rasa sakit itu menjadi sebuah pengalaman belajar yang hebat. Kamu bakal tersadar bahwa masih banyak hal yang harus dipelajari dan dialami. Dari sanalah kamu bisa menjadi sukses. 


Sumber: me.me

 

Menerima penawaran pekerjaan pertama

Banyak orang yang terjebak pada pilihan pekerjaan yang bukan karier yang diinginkannya. Hal ini bisa dimaklumi, karena susahnya mencari pekerjaan. Kamu tak perlu sedih, karena dari sinilah kesuksesanmu dimulai. Kamu akan belajar menghargai sebuah kesempatan bekerja dan mendapatkan penghasilan. Kalau kamu ingin menjadikannya sebagai pengalaman kerja sementara, tentu saja pilihan ini tidak ada salahnya. Ke depannya, kamu akan memiliki stabilitas keuangan untuk mendukung proses kariermu.

 

Bekerja lembur

Ingin menunjukkan komitmen dan kerja keras? Bahkan bekerja over time untuk membuktikannya? Melampiaskan segala usahamu selama sekian pekan, bahkan berbulan-bulan dengan kerja keras seperti ini boleh saja. Hal ini bisa membantumu fokus dan sebagai pembiasaan baru. Kamu bisa dengan cepat melewati masa transisi sebagai pengalaman kerja pertama. Hingga pada akhirnya, kamu bisa tahu kapan waktu terbaik untuk meluangkan waktu dan memprioritaskan suatu hal. 

Nah, kesalahan dalam karier tersebut memang tidak selalu berujung pada masalah panjang kan? Jadi, tak perlu ragu untuk bertindak dalam hal karier. Tak selamanya kesalahan berdampak pada kegagalan. Ada juga yang justru membuatmu sukses. Tetap berpikiran positif, komitmen untuk kerja keras dan terus mengembangkan diri merupakan kunci bagimu agar sukses menggapai karier impian.

 

Rekomendasi bacaan:
Bagaimana cara membangun culture di divisi infrastruktur BBM?
5 pekerjaan online buat milenial, kamu tertarik?
Work-life balance, apakah benar-benar ada?

 

Sumber:
idntimes.com
liputan6.com
merdeka.com
detik.com

Tags: perusahaan, karyawan, pekerjaan, karier

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang