Media

5 fakta mengejutkan soal ponsel
By Maria Yuniar - 20 September 2018
5 min read 33 Views

Gadget seperti ponsel, kini bisa menjadi pedang bermata dua, termasuk bagi anak-anak. Padahal, jika dimanfaatkan dengan bijak, gadget bisa menjadi sumber informasi. Namun, jika digunakan dengan tidak tepat, gawai juga bisa menyebabkan kecanduan.

Berdasarkan laporan Gwenn Schurgin O’Keeffe dan Kathleen Clarke-Pearson dari hasil penelitiannya, ada beberapa dampak buruk jika anak kecanduan gadget. Antara lain, anak menjadi pemalas dan lupa waktu. Selain itu, anak rentan menjadi korban bullying dan pelecehan lain. Tak hanya berhenti sampai di situ. Masih ada beberapa fakta mengejutkan lainnya dari gadget. Apa saja ya?

 

Pengguna ponsel iPhone buka kunci gadget mereka 80 kali sehari

Apple menemukan fakta pada tahun 2016 bahwa para pengguna iPhone membuka kunci gadget mereka hampir setiap 18 menit dalam 24 jam. Dengan kata lain, mereka rata-rata membuka ponsel pintar mereka sebanyak 80 kali sehari! Angka ini tak terlalu mengherankan mengingat hampir semua orang kini berada di dekat gadget saat beraktivitas.

 

Mahasiswa alami getaran 'berhantu'

Apakah kamu pernah merasakan gadget-mu bergetar, padahal sebenarnya tidak? Sebuah studi dilakukan bersama 290 mahasiswa sarjana di Indiana University dan Purdue University Fort Wayne, Amerika Serikat, sebagai responden. Sebanyak 89 persen dari mereka menyatakan pernah merasakan getaran 'berhantu' itu.


Sumber: imgflip.com

 

Milenial terbangun untuk memeriksa gadget

Tidur merupakan aktivitas yang penting untuk membuat hari menjadi lebih produktif. Namun, ternyata tak sedikit milenial yang mengalami gangguan tidur hanya karena memiliki kebiasaan untuk memeriksa gadget mereka. Berdasarkan survei dari Qualtrics dan Accel Partners, sebanyak 79 persen milenial meletakkan gadget di samping kepala saat tidur. Sebanyak 53 persen dari mereka terbangun setidaknya sekali di malam hari untuk memeriksanya.

 

Pengguna habiskan 2 jam dengan gadget

Sebuah laporan dari comScore pada 2017 menunjukkan, orang dewasa dewasa di Amerika Serikat rata-rata menghabiskan 2 jam 51 menit setiap hari dengan gadget mereka. Sementara itu, penelitian lain bahkan menunjukkan angka yang lebih tinggi.

Lembaga Nielsen pada tahun ini menemukan orang dewasa di negara tersebut bahkan menggunakan 2,4 jam waktu mereka setiap harinya dengan gadget. Angka dari penelitian lembaga Flurry bahkan lebih tinggi. Di tahun 2016, pengguna di Amerika Serikat menghabiskan lima jam per hari untuk menggunakan gadget.

 

Gadget membawa bakteri lebih banyak dari toilet

Ilmuwan di University of Arizona, Amerika Serikat, menemukan  adanya seratus ribu bakteri pada ponsel. Jumlah ini sepuluh kali lipat dari bakteri yang biasanya ada di kursi toilet.

Setelah mengetahui fakta-fakta tersebut mengenai gadget, apakah kamu kini masih berlama-lama menggunakan ponselmu?

 

Rekomendasi bacaan:
7 pilihan font gratis untuk kebutuhan komersial
Nilai transaksi Bitcoin telah lampaui PayPal, benarkah?
10 kursus Docker gratis buat kamu

 

Sumber:
themuse.com
merdeka.com
cnnindonesia.com

Tags: Apple, iPhone, ponsel, gadget

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang